RUMUS KELILING LINGKARAN

Yang dimaksud dengan keliling lingkaran adalah panjang dari garis tepi yang melingkar. Untuk mencari panjang dari keliling lingkaran tentu ada rumusnya. Tetapi anda tidak perlu repot-repot untuk menciptakan rumus tersebut karena jauh sebelum kita lahir para ahli matematika sudah bekerja keras dalam memecahkan apa-apa saja yang penting dalam bidang ilmu matematika atau ilmu hitung. Pada contoh pola bidang datar lain seperti empat persegi panjang, segi lima, segi tiga maka untuk mencari panjang keliling sangat mudah sekali. Tidak perlu suatu rumus yang rumit yang hanya bisa ditemukan oleh para jenius. Ini karena panjang keliling pada pola bidang datar lainya bisa dicari dengan logika yang sederhan. Sebagai contoh untuk mencari keliling pada segitiga maka kita tingga menjumlahkan panjang dari ketiga sisi-sisi segitiga. Sama halnya pada segi empat, segi lima, segi enam, trapesium, jajaran genjang dan bentuk pola lainnya, maka anda hanya tinggal menjumlahkan beberapa sisi-sisi tepi yang membentuk pola tersebut.

Rumus Keliling Lingkaran

Menurut saya pribadi banyak lebih mengingat rumus luas lingkaran daripada rumus keliling lingkaran. Saya juga tidak tahu alasan secara pasti. Yang pasti saya juga sering lupa-lupa ingat dengan rumus keliling lingkaran. 

Dari gambar lingkaran di atas jika diketahui jari-jari = 7 maka keliling lingkaran tersebut adalah 44. Nilai tersebut sangat sesuai dengan nilai yang kita dapatkan dengan rumus keliling yang telah ditetapkan yakni :

K = 2 . pi . r

Dik :
K = Keliling lingkaran
pi = 22/7
r = jari-jari / radius

Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel RUMUS KELILING LINGKARAN ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

3 comments:

CaraBisnisPulsa said...

Mantap artikelnya gan...

Pabrik dan Kontraktor Paving Block said...

Sangat bermanfaat artikelnya gan. Kebetulan saya lagi cari rumus utk hitung luas lahan yg berbentuk lingkaran yang akan dipasang paving block.
tks.
www.pavingbloc.com

Rumus Luas Lingkaran said...

Terima kasih ulasannya kak

Komentar Menggunakan Akun Facebook :