RUMUS LUAS LINGKARAN

Yang dimaksud dengan luas lingkaran adalah luas daerah didalam garis lingkar dari lingkaran. Ciri-ciri dari lingkaran adalah mempunyai panjang yang rata jika ditarik dari titik pusat ke tepi lingkaran, jarak dari titik pusat ke tepi lingkaran ini disebut jari-jari. Jari-jari lingkaran sangat perlu diketahui untuk menentukan luas dari suatu lingkaran. 

Secara umum rumus luas lingkaran adalah pi dikali jari-jari kuadrat. Atau persamaan matematikanya adalah sebagai berikut :

Rumus Luas Lingkaran

Dik :
A = Luas Lingkaran
r = jari-jari lingkaran
Π (dibaca pi) = 3,14 atau 22/7

Maka,

Rumus Luas Lingkaran = A = Π r2

Jika anda  bertanya dari mana nilai dari konstanta pi itu adalah 3,14 atau 22/7 maka jawabannya adalah nilai tersebut merupakan sudah kententuan yang dibakukan oleh para ahli matematika. Jika anda seorang yang ahli dengan matematika mungkin anda bisa menemukan alasan mengapa untuk mencari luas lingkaran diperlukan pi yang nilainya 3,14 atau 22/7.


Lingkaran

Jari-jari lingkaran dikenal dengan sebutan lain adalah radius dan garis tengah lingkaran juga dikenal dengan sebutan lain adalah diameter. Anda bisa juga membaca artikel tentang rumus keliling lingkaran.

Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel RUMUS LUAS LINGKARAN ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

1 comment:

Luas Lingkaran said...

Terimakasih banyak informasinya :)

Komentar Menggunakan Akun Facebook :