RUMUS PERSEGI

Untuk menghafal rumus persegi sangatlah mudah sekali yakni hanya mengalikan panjang kedua sisi. Jika pada empat persegi panjang maka rumusnya yaitu panjang kali lebar. Perbedaan antara persegi dan empat persegi panjang adalah pada panjang sisi-sisinya. Pada bangun datar persegi mempunyai panjang sisi yang sama sedangkan pada empat persegi panjang berbeda. Secara umum dan mendasar perhitungan luasnya sama saja yaitu mengalikan sisi alas dengan sisi tegak. Karena pada persegi sisiya sama maka rumus luasnya adalah sisi kuadrat.

Persegi

Rumus luas persegi = a x a = a kuadrat

Empat Persegi Panjang


Rumus luas empat persegi panjang = panjang x lebar.

Seharusnya artikel yang membahas rumus kedua bangun datar ini tidak perlu saya ceritakan panjang lebar. Itu karena rumusnya sangat sederhana sekali bahkan anak yang belum masuk SD saja mungkin sudah bisa menghitungnya.

Tapi jika anda termasuk pemikir handal matematika coba anda analisa mengapa para ahli menentukan rumus luas dari persegi tersebut adalah jumlah perkalian antara sisi yang alas dengan tinggi (kedua sisi yang tegak lurus).



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel RUMUS PERSEGI ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :