RUMUS LOGARITMA | RUMUS LOGARITMA LENGKAP

Biasanya di dalam matematika sering kita temui banyak sekali variasi rumus-rumus perhitungan mulai dari yang sangat sederhana sampai rumus yang paling rumit. Mungkin pernah terpikirkan oleh kita untuk apa sebenarnya rumus-rumus tersebut di dalam kehidupan kita sehari-hari. Kemana pengaplikasian dari rumus-rumus matematika itupun kadang kita tidak tahu. Padahal sebenarnya perhitungan-perhitungan matematika itu timbul dari kebutuhan yang ada di muka bumi ini. Menurut saya ilmu matematika itu seperti mengungkapkan rahasia dari ketentuan Tuhan akan dunia dan seisinya ini. Rumus logaritma ini adalah salah satu dari rumus-rumus matematika yang mungkin kita bingung untuk apa kegunaannya dalam kehidupan. Yang pasti kita ini hanya berupaya menghitung atau mengungkapkan rahasia-rahasia yang menjadi ketentuan Tuhan tersebut. Seandainya semua ketentuan-ketentuan yang ada termasuk ketentuan ilmu matematika itu tidak ada di muka bumi ini, maka saya pikir begitu pula dengan bumi ini juga akan tiada.

Berikut ini contoh rumus logaritma lengkap yang umum digunakan :
ª log a = 1
ª log 1 = 0
ª log aⁿ = n
ª log bⁿ = n • ª log b
ª log b • c = ª log b + ª log c
ª log b/c = ª log b – ª log c
ªˆⁿ log b m = m/n • ª log b
ª log b = 1 ÷ b log a
ª log b • b log c • c log d = ª log d
ª log b = c log b ÷ c log a
Sebenarnya pengembangan dari rumus-rumus logaritma di atas adalah berawal dari formula dasar logaritma yaitu :
ac = b → ª log b = c
a = basis
b = bilangan dilogaritma
c = hasil logaritma
Jika anda masih bingung mengenai sifat-sifat logaritma dan rumus fungsi logaritma coba anda perhatikan video berikut ini :



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel RUMUS LOGARITMA | RUMUS LOGARITMA LENGKAP ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Komentar Menggunakan Akun Facebook :