CONTOH PERUBAHAN KIMIA | PERUBAHAN KIMIA


Perubahan kimia adalah sebuah proses yang mengubah sebuah zat atau lebih yang disebut reaktan, menjadi suatu zat atau lebih yang berbeda yang disebut produk. Contoh-contoh perubahan kimia sangat banyak sekali jika kita perhatikan yang terjadi di alam kita ini, baik yang secara alamiah ataupun yang dilakukan oleh manusia. Sebagai contoh pada sebuah gelas yang berisi air kemudian dimasukkan sebuah tablet kering. Reaksi kimia terjadi pada saat molekul-molekul air bercampur dengan molekul-molekul di permukaan tablet. Pencampuran ini terjadi karena seluruh partikel benda seperti tablet dan air memiliki energi kinetik (energi gerakan). Ini artinya partikel-partikel bergerak. Pada zat padat, gerakannya cenderung bergetar (gerakan maju-mundur) di sekitar titik pusat, tetapi pada zat cair partikel-partikelnya dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya. Gerakan molekul-molekul air menyebabkan tumbukan acak dengan tablet, sehingga menghasilkan sebuah kombinasi antara molekul-molekul air dan molekul-molekul di permukaan tablet antasida tersebut.


Coba anda selidiki proses terjadinya perubahan kimia dengan melakukan sebuah percobaan sederhana. Percobaan tersebut menggunakan tablet ( effervescent : yang bila dimasukkan ke dalam air akan menimbulkan buih). cangkir plastik bening dan air secukupnya.

Tablet larut dalam air (contoh perubahan kimia)
 
Langkah - langkah :
1. Amati kenampakan tablet kering
2. Isi cangkir dengan air hingga setengahnya
3. Masukkan tablet ke dalam air. Amati dan catat hasilnya
4. Terus amati dan catat kenampakan isi cangkir sampai tidak ada perubahan lagi

Hasil :
Tabletnya berwarna kuning dan padat ketika kering. Saat dimasukkan ke dalam air, tablet ini dengan cepat menghasilkan gelembung-gelembung selama beberapa waktu. Kemudian tablet nampak menghilang meninggalkan cairan kuning berbusa.

Penyelidikan Lebih Lanjut Mengenai Proses Perubahan Kimia :
Peningkatan suhu merupakan indikasi peningkatan energi kinetik sebuah zat. Apakah tablet akan hilang lebih cepat dalam air panas ?. Pertanyaan untuk anda. Kemudian coba amati dan jelaskan bagaimana suhu mempengaruhi kecepatan reaksi kimia.

Adonan kue (contoh sederhana perubahan kimia)

Pada contoh lain tentang reaksi kimia yang sederhana adalah pada saat kita membentuk gumpalan (polimer) pada satu adonan tertentu. Misalkan saja pada saat kegiatan di dapur. Baik kita sendiri ataupun ibu kita yang sedang membuat kue atau jenis makanan lain yang prosesnya melalui pembuatan sebuah adonan terlebih dahulu. Gumpalan memiliki sifat-safat zat padat, misalnya putus bila diberi tekanan dan beberapa sifat zat cair, misalnya mengalir. Sir Isaac Newton (1642-1727), seorang ilmuwan Inggris mengartikan fluida sebagai bahan yang mengalir di bawah tekanan. Karena mengalir, gumpalan ini disebut fuilda. Tetapi tidak seperti fluida yang dijelaskan Newton, gumpalan ini memilki sifat-sifat zat padat, jadi gumpalan ini disebut fuida non-Newton.

Sumber : Buku "Tolong !, Proyek Penelitian Sainsku Dikumpulkan Besok!", Pengarang : Janice VanCleave,  Hal :52



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel CONTOH PERUBAHAN KIMIA | PERUBAHAN KIMIA ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :