KELEBIHAN SERAT OPTIK

Pada tahun 1880 Alexander Graham Bell menciptakan sebuah sistem komunikasi cahaya yang disebut photo-phone. Sistem komunikasi ini menggunakan cahaya matahari yagn dipantulkan dari sebuah cermin suara termodulasi tipis untuk membawa percakapan. Tetapi sepertinya sistem photophone ini tidak mencapai sukses komersial. Terobosan besar yang membawa pada teknologi komunikasi serat optik dengan kapasitas tinggi yaitu penemuan laser pada tahun 1960. Namun, tetapi pada tahun tersebut kunci utama di dalam sistem serat, praktis belum ditemukan yaitu serat yang efisien. Baru pada tahun 1970 sistem serat yang mempunyai kelebihan efisiensi tinggi dikembangkan yakni komunikasi serat optik.

Serat optik yang digunakan adalah berbentuk silinder seperti kawat, pada umumnya terdiri dari inti serat (core) yang dibungkus oleh kulit (cladding) dan keduanya dilindungi oleh jaket pelindung (buffer coating). Hal ini terjadi hanya 100 tahun setelah  John Tyndall, seorang fisikawan Inggris, mendemonstrasikan kepada Royal Society bahwa cahaya dapat dipandu sepanjang kurva aliran air. Dipandunya cahay oleh sebuah serat optik dan oleh aliran air adalah peristiwa dari fenomena yang sama yaitu total internal reflection. Teknologi serat optik selalu berhadapan dengan masalah bagaimana caranya agar lebih banyak informasi yang dapat dibawa lebih cepat dan leih jauh penyampaiannya dengan tingkat kesalahan sekecil-kecilnya.

Gambar Serat Optik

Gambar bagian kabel serat optik

Berikut ini keunggulan serat optik :
  1. Less Expensive - Beberapa mil kabel serat optik dapat dibuat lebih murah dari kabel tembaga dengan panjang yang sama.
  2. Thinner - Serat Optik dapat dibuat dengan diameter lebih kecil daripada kabel tembaga. Ukuran diameter kulit dari serat sekitar 100 mikro meter dan total diameter ditambah dengan jaket pelindung sekitar 1 - 2 mm. Oleh karena serat optik membawa light (cahaya) maka tentunya bersifat light weight (ringan). Oleh karena itu kabel serat optik menempati tempat yang lebih kecil (ringkas) di dalam tanah.
  3. Higher carrying capacity - Serat optik lebih tipis dari kabel tembaga maka kebanykan serat optik dapat dibundel ke dalam sebuah kabel dengan diameter tertentu. Beberapa jalur telepon disatukan berada pada kabel yang sama atau lebih banyak saluran televisi pada TV cable dapat melalui kabel. Serat optik juka memiliki bandwidth (lebar gelombang) yang besar (1 dan 100 GHz, untuk multimode dan singlemode sepanjang 1 Km).
  4. Less Signal Degrataion - Sinyal yang hilang atau tidak terkirim pada serat optik kecil (kurang dari 1 dB/Km pada rentang pangjang gelombang yang lebar), dibandingkan dengan kabel tembaga.
  5. Light Signals - Tidak seperti sinyal listrik pada kabel tembaga, sinyal cahaya dari satu serat optik tidak berinterferensi dengan sinyal cahaya pada serat optik lainnya di dalam kabel yang sama, juga tidak ada interferensi elektromagnetik. Ini berarti meningkatkan kualitas percakapan telepon atau penerimaan televisi..
  6. Low Power - Karena kehilangan sinyal pada serat optik adalah kehilangan rendah, transmitter dengan daya yagn rendah dapat digunakan dibandingkan dengan sistem kabel tembaga yang membutuhkan tegangan listrik yang tinggi. Hal ini jelas dapat mengurangi biaya yag dibutuhkan.
  7. Digital signals - Serat optik secara ideal cocok untuk membawa informasi digital, yagn berguna secara khusus pada jaringan komputer.
  8. Non Flammable - Karena tidak arus listrik yang melalui serat optik, maka tidak ada resiko timbulnya kebakaran.
  9. Flexible - Karena serat optik sangat fleksibel dan dapat mengirim dan menerima cahaya maka digunakan kebanyakan pada kamera digital.

Berbagai kelebihan atau keunggulan serat optik di atas membuat bahan ini lebih banyak digunakan khususnya dalam bidang informasi. Sampai saat ini masih terus dilakukan berbagai penelitian tentang manfaat serat optik. Kemungkinan besar pada masa yang akan datang kegunaan serat optik akan semakin banyak dalam mendukung perkembangan teknologi.

Dan saat ini pada tahun 2017 contoh nyata pengaplikasian jaringan fiber optik adalah indihome speedy. Kecepatan jaringan fiber optik paket indihome speedy bisa mencapai 100Mbps. Dengan kecepatan 100Mbps artinya kita bisa mendownload file dari internet dengan ukuran giga byte kurang dari satu menit, luar biasa. 

Selain teknologi fiber optik masih ada teknologi jaringan lainnya yang juga bisa mencapai kecepatan hingga 100Mbps, yaitu teknologi jaringan 4G LTE. Hampir semua operator jaringan seluler sekarang mulai beralih ke teknologi 4G, dan Telkomsel merupakan salah satu yang sudah cukup banyak memasang perangkat pendukung 4G sampai ke daerah-daerah seluruh Indonesia.

Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel KELEBIHAN SERAT OPTIK ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Komentar Menggunakan Akun Facebook :