BELAJAR FISIKA GERAK PARABOLA


Gerak parabola adalah gerak benda yang lintasannya melengkung seperti parabola atau setengah lingkaran. Gerak parabola ini perpaduan antara gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). GLB berlaku pada gerak benda secara horizontal, sedangkan GLBB berlaku pada gerak benda secara vertikal. Sebenarnya pengertian gerak parabola di atas adalah merupakan pengertian secara pemikiran saya sendiri, tapi saya yakin tidak jauh berbeda dengan pengertian sebenarnya secara sains fisika.

Contoh gerak parabola yang paling sederhana yaitu anda bisa mencoba dengan melempar suatu benda ke atas dengan sudut tertentu. Maka benda tersebut akan membuat lintasannya sendiri yang berbentuk seperti parabola atau setengah lingkaran. Hal itu karena pengaruh dari gravitasi dan gaya yang kita lakukan pada benda tersebut.

Gambar Gerak Parabola
Gambar Gerak Parabola
Dari gambar di atas menunjukkan sebuah benda yang bergerak dari suatu titik di sumbu x yang kemudian menuju ke titik x lainnya dengan lintasan parabola. Pada posisi pertengahan antara titik awal dan titik akhir pada sumbu x, kita lihat pada titik tersebut dicapai ketinggian maksimum (Hmak).  Untuk garis putus-putus merah menunjukkan lintasan parabola, sedangkan garis putus-putus hijau menunjukkan jarak ketinggian maksimum.

Rumus Gerak Parabola
Benda yang dilempar dari ketinggian
Gerak pada sumbu x = Vox. t
Gerak pada sumbu y = Vy = g. t
                               t = akar (2h / g)
                             Vy = akar (2.g. h)
Kecepatan Benda saat dilempar :


Rumus Kecepatan pada gerak parabola 

Keterangan :
x = Jarak jangkauan benda
Vox = Kecepatan awal pada sumbu x
Vy = Kecepatan benda pada sumbu y
h = tinggi
g = gaya gravitasi
t = waktu



Rumus mencari waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik terjauh
Rumus waktu mencapai titik terjauh

Benda yang dilembar miring dengan sudut elevasi tertentu

Rumus mencari waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik tertinggi
Rumus waktu maksimum mencapai titik tertinggi



Itulah sekilas mengenai teori gerak parabola secara singkat, mungkin jika anda ingin memperoleh reefrensi yang lebih lengkap anda bisa membuka kembali buku pelajaran fisika anda. Maklum saya juga sudah buntuk akal untuk menghadirkan penjelasan yang bagus dan lengkap

Artikel fisika lain yang mugkin berhubungan dengan artikel gerak parabola ini adalah artikel gerak melingkar.

Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel BELAJAR FISIKA GERAK PARABOLA ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Komentar Menggunakan Akun Facebook :