MOMENTUM DAN IMPULS

Di dalam pembahasan fisika, pada setiap benda yang bergerak akan terdapat momentum dan impuls. Dari yang saya tahu momentum dan impuls merupakan satu kesatuan, jadi dimana ada momentum maka akan terdapat impuls. Secara sederhana yang pasti keduanya timbul pada setiap benda yang bergerak. Karena pada momentum sendiri merupakan berhubungan dengan massa benda dan kecepatan gerakannya, sedangkan impuls sendiri berhubungan dengan gaya dan lama waktu dalam bergerak.

I. PENGERTIAN MOMENTUM DAN IMPULS

1. Pengertian Momentum
Momentum adalah hasil kali antara massa dan kecepatan serta merupakan besaran vektor. Arah vektor momentum searah dengan kecepatannya. Momentum juga bisa diartikan jumlah gerakan dari suatu benda yang bergerak. Di dalam bahasa Indonesia, pengertian momentum bisa bermakna sebagai "saat yang tepat" atau kalau kita sering dengar kata momentum ini sering dikaitkan dengan kesempatan. Jadi pada benda yang bergerak baik secara GLB atau GLBB maka pada benda tersebut bisa dihitung besar momentumnya.

2. Pengertian Impuls
Impuls adalah hasil kali gaya yang bekerja pada suatu benda yang bergerak dengan lamanya waktu benda tersebut bergerak. Lebih singkatnya lagi gaya dikali waktu. Impuls bisa diartikan juga impuls merupakan sebagai perubahan momentum. Dalam bahasa Indonesia, pengertian impuls adalah gerak hati untuk melakukan sesuatu yang timbul secara tiba-tiba tanpa lagi melalui pertimbangan. Atau juga bisa kita katakan sebagai dorongan hati. Tapi tentunya pengertian dalam fisika tidak sama persis dengan pengertian secara bahasa.

II. CONTOH GAMBAR TERJADINYA SUATU MOMENTUM DAN IMPULS
Berikut ini contoh gambar mengenai penjelasan atau posisi dari suatu momentum dan impuls secara ilmu fisika :
Contoh Gambar Momentum dan Impuls
Contoh Gambar Momentum dan Impuls 1

Contoh gambar momentum dan impuls 2
Contoh gambar momentum dan impuls 2
Penjelasan singkat mengenai contoh gambar pada benda yang bergerak terdapat besaran momentum dan impuls. Pada gambar pertama terdapat pesawat sedang terbang (bergerak). Maka untuk menghitung momentum pada pesawat tersebut anda harus mengalikan massa pesawat dengan kecepatan pesawat. Begitu juga pada gambar kedua, pada mobil truk yang diam tidak terdapat momentum karena kecepatannya nol, sedangkan pada mobil sedan terdapat momentum karena memilki massa dan kecepatan dalam bergerak. Seiring dengan momentum tersebut, impuls juga bisa dihitung dengan mengalikan gaya benda tersebut dengan lamanya waktu dalam bergerak.

III. RUMUS MOMENTUM DAN IMPULS
Rumus momentum dan impuls sebenarnya sudah saya sebutkan tadi, hanya saja secara matematis belum saya tuliskan. Maklum kalau memahami rumus dalam kata-kata terkadang membingungkan, lainnya jika ditulis dengan jelas secata matematis.

1. Rumus Momentum
p = m. v
Ket :
p = Momentum (kg m/s)
m = Massa benda (kg)
v = Kecepatan benda bergerak (m/s)

2. Rumus Inpuls
I = F. Δ
Ket :
I = Impuls (N/s)
F = Gaya benda (N)
Δt = Perubahan waktu (s)

3. Rumus Hubungan Momentum dan Impuls
F. Δt = m. v 
Karena, impuls = perubahan momentum, maka rumus pada benda bergerak dengan perubahan kecepatan :
I = m. vt - m. vo

Ket :
vo = Kecepatan benda awal
vt = Kecepatan benda akhir

IV. GRAFIK MOMENTUM DAN IMPULS 
Grafik Momentum dan Impuls
Grafik Momentum dan Impuls
Pada grafik di atas hanya perwakilan untuk impuls, anda bisa coba memahami dari grafik bagaimana hubungan antar besaran-besaran yang ada. 

V. DOWNLOAD SHARING FILE MENGENAI MOMENTUM DAN IMPULS
File-file berikut bukan upload-an saya melainkan sharing di internet dan saya hanya munjukkan link dwonloadnya untuk anda. Adapun format filenya dalam bentuk power point (ppt), pdf dan dokumen (doc).

VI. VIDEO EDUKASI MOMENTUM DAN IMPULS


VII. CONTOH SOAL MOMENTUM DAN IMPULS
Berikut ini soal-soal sederhana sebagai latihan anda dalam memahami momentum dan impuls.
  1. Sebuah benda bergerak dengan gaya 20 Newton. Hitunglah impuls yang bekerja pada benda tersebut dalam waktu 0,4 s ?
  2. Sebuah bola bergerak dengan massa 150 gram, kecepatan benda tersebut bergerak adalah 60 km/jam. Hitunglah besarnya momentum pada bola tersbut ?
  3. Sebuah benda bergerak ke arah selatan dengan kecepatan 10 m/s, kemudian berbelok ke timur dengan kecepatan 12 m/s. Berpakah momentum total yang dimiliki benda jika diketahui massa benda tersebut 40 kg ?
  4. Jika ada benda bergerak dengan gaya 10 N dengan kecepatan 50 km/jam, jika massa benda tersebut adalah 10 kg, lama waktu 10 s, maka hitunglah momentum dan impuls ?
  5. Hitung besarnya momentum sebuak sedan yang massanya 1 ton yang bergerak dengan kecepatan 15 m/s.
  6. Sebuah benda bergerak dengan kecepatan 60 km/jam.Cari besarnya massa benda jika momentum diketahui 1.800 kg m/s ?
Maaf untuk pembahasan soal momentum dan impuls di atas sengaja tidak saya lampirkan, karena menurut saya soal di atas masih sangat sederhana dan bagus untuk dijadikan sebagai soal latihan. Saya rasa cukup sekian artikel saya tentang fisika momentum dan impuls, semoga bermanfaat bagi anda semua pembaca.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel MOMENTUM DAN IMPULS ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :