ilokasi

Rumus Gerak Vertikal Ke atas | Gerak Vertikal Ke atas

Contoh Gerak Vertikal Ke atas
Gerak Vertikal Ke atas
Rumus Gerak Vertikal Ke atas | Gerak Vertikal Ke atas - adalah gerak benda yang dilemparkan ke atas secara vertikal sehingga pada saat titik tertinggi kecepatan adalah nol. Pada gerak vertikal ke atas ini kecepatan akan diperlambat oleh adanya gaya gravitasi bumi yang berlwanan arah. Sebenarnya gerak vertikal ke atas ini adalah kebalikan dari gerak jatuh bebas. 

Adapun perbedaan antara keduanya yaitu :
* Gerak Vertikal Ke atas : Terdapat kecepatan awal, kecepatan akhir adalah nol pada tinggi yang maksimum, berlawanan arah dengan gravitasi
* Gerak Jatuh Bebas : Kecepatan awal adalah nol, searah dengan gravitasi bumi.

Untuk contoh gerak vertikal ke atas dalam kehidupan sehari-hari yaitu jika adanya air mancur pada taman-taman kota. Air mancur disemburkan oleh mesin pompa di dalam tanah. Pada ketinggian tertentu air tersebut akan jatuh kembali sebagai gerak jatuh bebas. Tinggi maksimal yang bisa dicapai adalah tergantung dari kecepatan awal. Semakin besar kecepatan awal yang diberikan terhadap suatu objek maka, objek tersebut akan mencapai ketinggian yang semakin tniggi. 

Pada ketinggian maksimum kecepatan akan mencapai nol karena adanya perlawanan gravitasi bumi yang mempunyai gaya tarik ke bawah. 
Peluncuran Roket (Contoh lain gerak vertikal ke atas)
Peluncuran Roket (Contoh lain gerak vertikal ke atas)      



Jika anda ingin melakukan percobaan pada gerak vertikal ke atas ini anda bisa melempar sebuah sebuah peluru atau bola secara vertikal ke atas, kemudian lakukan pengukuran waktu dengan stopwatch untuk mendapatkan data yang akan dijadikan sebagai pembuktian teori-teori yang ada tentang pelajaran fisika tentang gerak vertikal ke atas ini.

Baca juga artikel tentang pelajaran fisika lainnya yaitu : Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Rumus Gerak Vertikal Ke atas | Gerak Vertikal Ke atas ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :