ilokasi

RUMUS LUAS DAN KELILING PERSEGI PANJANG

Posisi Luas dan Keliling Persegi Panjang
Seperti yang saya telah jelaskan pada postingan saya sebelumnya mengenai penentuan rumus luas dan keliling pada sebuah bangun datar, maka pada contoh empat persegi panjang ini analisanya adalah sama saja. Apalagi pada empat persegi panjang sangatlah mudah menurut saya untuk kita tentukan rumus-rumusnya baik rumus luas ataupun rumus keliling. Intinya anda harus mengerti dahulu makna dari dua kata tersebut yaitu luas dan keliling. Sebenarnya kedua kata tersebut sudah saya jelaskan secara jelas sebelumnya. Tapi kali ini saya hanya akan menjelaskan sekilas.

Jika anda lihat pada gambar di samping, ada dua buah gambar empat persegi panjang. Yang gambr bagian atas itu adalah gambar yang saya buat untuk membantu anda memahami apa dan bagaimana itu keliling pada sebuah persegi panjang. Sedangkan pada gambar bagian bawah itu untuk memahami luas.

Keliling pada empat persegi panjang itu adalah panjang dari penjumlahan semua garis tepi yang membentuk empat persegi panjang itu sendiri. Dalam hal ini tentunya ada empat buah garis. Dua garis saling berpasangan secara vertikal dan horizontal dengan panjang yang sama. Jika panjang dari pasangannya tidak sama maka itu bukanlah empat persegi panjang. Jadi untuk mencari atau menghitung kelilingnya anda tinggal menjumlahkan keempat garis tersebut. Jika anda buat rumus keliling empat persegi panjang-nya maka adalah garis bawah ditambah garis tegak samping kanan ditambah garis atas dan ditambah lagi garis tegak samping kiri. Karena garis vertikal dan horizontal saling berpasangan dengan panjang yang sama maka rumus sederhananya adalah 2 x garis datar (horizontal) ditambah dengan 2 x garis tegak (vertikal).

Dari gambar yang kedua anda bisa perhatikan bahwasanya luas pada empat persegi panjang itu adalah besarnya luas dari daerah yang dilingkupi atau diselimuti oleh garis tepi (keliling). Sehingga jika kita buat rumus luas empat persegi panjangnya adalah garis horizontal dikali garis vertikal (panjang x lebar). Karena dibentuk dari perkalian dua garis ( 2 dimensi) maka satuan luas ini adalah kuadrat (cm kuadrat, m kuadrat, dll).

Pada empat persegi panjang anda bisa mengembangkan analisa lebih lanjut untuk meningkatkan pemahaman. Jika anda tarik garis dari satu titik ke titik lainnya secara menyilang maka terbentuklah apa yang disebut dengan garis diagonal. Untuk mencari atau menentukan rumus garis diagonal empat persegi panjang ini anda bisa menerapkan rumus pitagoras. Ini karena dengan menarik garis secara diagonal pada empat persegi panjang maka akan terbentuklah dua buah segitiga siku-siku identik (yang sama persis). Jadi untuk menghitung panjang diagonalnya adalah akar dari ( garis datar kuadrat + garis tegak kuadrat ) atau akar dari (panjang kuadrat + lebar kuadrat).



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel RUMUS LUAS DAN KELILING PERSEGI PANJANG ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :