99 Kata-kata Mutiara Islami

Apakah anda sedang mencari kumpulan kata-kata mutiara yang bernafaskan agama islam. Itu berarti anda sekarang berada di halaman yang tepat dan sesuai. Karena saya berencana membuat halaman ini sebagai halaman yang mengkoleksi mutiara kata islami sebanyak-banyaknya. Baik tentang cinta, persahabatan, kehidupan bahkan pengorbanan demi agama. Ada banyak alasan dan latar belakang yang berhubungan dengan kata-kata mutiara yang hendak saya sampaikan seperti dari hadits Nabi, sahabat Nabi, keluarga Nabi, pengalaman para tokoh islam, ulama islam, penguasa islam, raja-raja islam, bahkan bisa juga berasal dari Al-Quran.

Saya mungkin tidak akan menyuguhkan kata-kata yang hanya menitikberatkan pada keindahan untuk didengar, tetapi saya ingin menghadirkan kata-kata yang benar-benar berbobot dan mempunyai dalil yang kuat. Jadi tidak hanya sekedar omong kosong belaka.

Jika sekarang anda tidak puas akan contoh-contoh kata mutiara islami yang tersedia, jangan khawatir karena saya akan berusaha melakukan update pada halaman ini. Saya akan berusaha kumpulkan dari berbagai sumber, sehingga kata-kata yang ada benar-benar lengkap. Dan bisa mewakili perasaan semua orang.


Pertama-tama saya ingin berbagi tentang 99 kata-kata yang indah laksana mutiara dengan makna sangat dalam dan menggungah hati sebagai seorang umat islam. Kata-kata tersebut sebenarnya merupakan hadits mengenai ciri-ciri orang yang bertaqwa. Walaupun mungkin tidak sepenuhnya saya pahami, tetapi kata-kata tersebut bisa menjadi motivasi dan nasehat bagi saya dalam mengarungi kehidupan ini. Apalagi semakin mendekati akhir zaman semakin banyak godaan dalam kemaksiatan sehingga perlu pemahaman dan keteguhan dalam mengamalkan ajaran-ajaran agama.

Sebenarnya hal yang terpenting bukan keindahan kata-kata yang indah dan puitis, melainkan maknanya yang harus kita pahami supaya bisa memberikan manfaat yang besar dan nyata. Serta bisa menjadi nasehat-nasehat bagi kita sebagai seorang muslim agar bisa menuju perubahan ke arah yang lebih baik dan semakin dekat dengan Allah SWT, Tuhan yang Maha Pencipta.

Apakah anda lebih menyukai kata-kata nasehat islami atau kata-kata mutiara para penyair ?

Saya juga menyadari bahwa saya lebih menyukai kata-kata yang berisi nasehat tentang agama islam dibanding syair-syair tentang cinta oleh para penyair lama ataupun modern. Itu karena menurut saya kata-kata nasehat agama baik dari Al-Quran ataupun Hadits adalah sederhana dan ringan pengucapannya tetapi sangat dalam dan berat maknanya serta pembenaran oleh hati dan akal pikiran.

Diriwayatkan dari seorang sahabat Imam Ali a.s bernama Hammam, yang dikenal sebagai seoarang 'abid (ahli ibadah) berkata kepadanya : Wahai Amir Al-Mukmini, gambarkanlah untukku sifat-sifat kaum muttaqin (orang-orang yang bertaqwa) sehingga aku seolah-olah memandang kepada mereka. Mula-mula Imam Ali a.s kelihatannya enggan memenuhi permintaan itu lalu ujarnya " wahai Hammam, bertaqwalah kepada Allah dan berbuatlah kebajikan. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertaqwa dan berbuat kebajikan. Mendengar jawaban itu Hammam belum puas dan mendesak sekali lagi sehingga imam Ali a.s memenuhi permintaannya itu.

Setelah mengucapkan puji-pujian kepada Allah SWT dan shalawat bagi Nabi Muhammad SAW, ia berkata Amma ba'du. Sesungguhnya ketika Allah SWT menciptakan makhluknya, Ia menciptakan mereka dalam keadaan tidak butuh akan ketaatan mereka dan tidak cemas akan pembangkangan mereka. Maksiat apapun yang dilakukan mereka takkan menimbulkan suatu mudarat bagi-Nya.

99 Kata-kata mutiara islami tentang kehidupan yang ternyata merupakan hadits ciri-ciri orang yang bertaqwa.
  1. Merekalah manusia-manusia bijak bestari.
  2. Kebenaran merupakan inti ucapan mereka.
  3. Kesederhanaan adalah "pakaian" mereka.
  4. Dan kerendahan hati mengiringi gerak-gerik mereka.
  5. Mereka tundukkan pandangan mereka terhadap segala yang diharamkan Allah.
  6. Dan mereka gunakan pendengaran mereka hanya untuk mendengarkan ilmu yang berguna.
  7. Jiwa mereka selalu diliputi ketenangan dalam menghadapi cobaan, sama seperti dalam menerima kenikmatan. Dan sekiranya bukan kepastian ajal yang telah ditetapkan, niscaya ruh mereka takkan tinggal diam dalam jasad-jasad mereka walau hanya sekejap, baik disebabkan kerinduannya kepada Allah atau ketakutannya akan hukuman-Nya.
  8. Begitu agungnya Sang Pencipta dalam hati mereka, sehingga apa saja selain Dia, menjadi kecil dalam pandangan.
  9. Begitu kuat keyakinan mereka tentang surga, sehingga mereka rasakan kenikmatannnya seolah telah melihatnya.
  10. Dan begitu kuat keyakinan mereka tentang neraka, sehingga mereka rasakan azabnya seakan telah menyaksikannya.
  11. Hati mereka selalu di liputi kekhusyukan.
  12. Tak pernah orang mengkhawatirkan suatu gangguan dari mereka.
  13. Tubuh-tubuh mereka kurus kering.
  14. Kebutuhan-kebutuhan mereka amat sedikit.
  15. Jiwa mereka terjauhkan dari segala yang kurang patut. (Mereka kurus karena terlalu seringnya berpuasa serta selalu prihatin disebabkan besarnya rasa tanggung jawabnya terhadap Allah SWT dan makhluk-Nya.
  16. Mereka bersabar beberapa hari dan memperoleh kesenangan langgeng sebagai pengganti. Itulah perdagangan amat menguntungkan yang dimudahkan Allah bagi mereka.
  17. Dunia menghendaki mereka, namun mereka tidak menghendakinya.
  18. Ia menjadikan mereka sebagai tawanan, namun mereka berhasil menebus diri dan terlepas dari cengkaramannya.
  19. Di malam hari, mereka merapatkan kaki (mengerjakan shalat tahajjud hampir sepanjang malam).
  20. Seraya membaca bagian-bagian Al-qur-an.
  21. Dengan memperindah bacaannya.
  22. Merawankan hati mereka dengannya.
  23. Serta membangkitkan penawar bagi segala yang mereka derita.
  24. Setiap kali menjumpai ayat pemberi harapan, tertariklah hati mereka mendambakannya, seakan surga telah berada dihadapan mereka.
  25. Dan bila melewati ayat pembawa ancaman, mereka hadapkan seluruh "pendengaran" hati kepadanya, seakan desir Jahannam dan gelegaknya bersemayam dalam dasar telinga mereka.
  26. Mereka senantiasa membungkukkan punggung, merapatkan lutut dan ujung kaki dengan tanah, memohon beriba-iba agar dibebaskan dari murka-Nya.
  27. Adapun di siang hari, merekalah orang-orang penuh kemurahan hati.
  28. Berilmu, berbakti dan bertaqwa.
  29. Ketakutan kepada Tuhan membuat langsingnya, setiap yang memandang pasti sedang mengira sedang sakit, padahal tiada satu penyakit yang mereka derita, di tubuh mereka. Dikira akalnya tersentuh rasukan setan padahal mereka tersentuh "urusan" lain yang amat besar. (Yakni ketakutan akan kemurkaan Allah serta kedahsyatan hari akhir).
  30. Tiada yang pernah merasa senang dengan amal-amal mereka yang hanya sedikit, tapi tidak pernah pula mereka berpuas hati dengan yang banyak.
  31. Selali mencurigai diri mereka sendiri.
  32. Dan selalu mencemaskan amal pengabdian yang mereka kerjakan.
  33. Bila seorang dari mereka beroleh pujian ia menjadi takut akan apa yang akan dikatakan orang tentang dirinya.
  34. Lalu ia pun segera berkata : "Aku lebih mengerti mengenai diriku sendiri dan Tuhanku lebih mengerti akan hal itu dari diriku. Ya Allah, Ya Tuhanku, jangan Kau hukum aku disebabkan apa yang mereka katakan tentang diriku. Jadikanlah aku lebih baik dari yang mereka sangka, dan ampunilah aku dari segala yang tidak mereka ketahui!".
  35. Tanda-tanda yang tampak dari diri mereka ialah keteguhan dalam beragama.
  36. Ketegasan bercampur dengan kelunakan.
  37. Keyakinan dalam keimanan.
  38. Kecintaan yang sangat pada ilmu.
  39. Kepandaian dalam kemurahan hati.
  40. Kesederhanaan dalam kekayaan.
  41. Kekhusyukan dalam beribadah.
  42. Ketabahan dalam kekurangan.
  43. Kesabaran dalam kesulitan.
  44. Kesungguhan dalam mencari yang halal.
  45. Kegesitan dalam kebenaran.
  46. Dan menjaga diri dari segala sikap tamak.
  47. Mereka mengerjakan amal-amal saleh, namun hatinya tetap cemas.
  48. Sore hari dipenuhinya dengan syukur.
  49. Pagi hari dilewatinya dengan zikir.
  50. Semalaman dalam kekhawatiran dan keesokan harinya bergembira. Khawatir akan akibat kelalaian dan gembira disebabkan karunia serta rahmat yang diperolehnya.
  51. Bila hati seorang dari mereka mengelak dari ketaatan (kepada Allah) yang dirasa berat, iapun menolak memberinya sesuatu yang menjadi keinginannya.
  52. Kepuasan jiwanya terpusat pada sesuatu "yang tidak akan punah", dan penolakannya tertuju kepada sesuatu "yang segera hilang". ( Yang tak akan punah ialah akhirat. Yang segera hilang ialah dunia).
  53. Dicampurnya kemurahan hati dengan ilmu.
  54. Disatukannya ucapan dengan perbuatan.
  55. "Dekat" cita-citanya.
  56. Sedikit kesalahannya.
  57. Khuyuk hatinya.
  58. Mudah terpuaskan jiwanya.
  59. Sederhana makanannya.
  60. Bersahaja urusannya.
  61. Kukuh agamanya.
  62. Terkendali nafsunya.
  63. Tertahan emosinya.
  64. Kebaikannya selalu dapat diharapkan.
  65. Gangguannya tak pernah dikhawatirkan.
  66. Bila sedang bersama orang-orang lalai, ia tak pernah lupa mengingat Tuhannya.
  67. Dan bila bersama orang-orang yang mengingat Tuhan, ia tak pernah lalai (Ia selalu berzikir dalam hatinya meskipun ia berada di antara orang-orang lalai, ataupun mereka yang mengucapkan zikir meskipun hati mereka lalai).
  68. Memaafkan siapa yang menzaliminya.
  69. Memberi kepada siapa yang menolak memberinya.
  70. Menghubungi siapa yang memutuskan hubungan dengannya.
  71. Jauh dari perkataan keji.
  72. Lemah lembut ucapannya.
  73. Tak pernah terlihat kemungkarannya.
  74. Selalu hadir kebaikannya.
  75. Dekat sekali kebaikannya.
  76. Jauh sekali keburukannya.
  77. Tenang selalu walaupun dalam bencanan yang mengguncang.
  78. Sabar dalam menghadapi segala kesulitan.
  79. Bersyukur dalam kemakmuran.
  80. Pantang berbuat aniaya meski terhadap siapa yang ia benci.
  81. Tak sedia berbuat dosa walau demi menyenangkan orang yang ia cintai (kecintaan kepada seseorang tak akan mendorongnya untuk berbuat maksiat)
  82. Segera mengakui yang benar sebelum dihadapkan kepada kesaksian orang lain.
  83. Sekali-kali ia tak akan melalaikan segala yang diamanatkan kepadanya.
  84. Atau memanggil seseorang dengan julukan yang tidak disenangi.
  85. Atau mendatangkan gangguan bagi tetangga.
  86. Ataupun bergembira dengan bencana yang menimpa lawan.
  87. Ia tak akan masuk dalam kebatilan.
  88. Ataupun keluar dari kebenaran.
  89. Bila berdiam diri, tak merasa risau karenanya.
  90. Bila tertawa tak terdengar meninggi.
  91. Dan bila terlanggar haknya, ia tetap bersabar sehingga Allah-lah yang membalaskan baginya.
  92. Dirinya kepayahan menghadapi ulahnya sendiri.
  93. Sedangkan manusia lain tak pernah terganggu sedikitpun olehnya.
  94. Ia melelahkan dirinya sendiri demi akhiratnya.
  95. Dan menyelamatkan manusia di sekitarnya dari gangguan dirinya.
  96. Kejauhan dari siapa yang dijauhinya disebabkan oleh zuhud dan kebersihan jiwa.
  97. Kedekatannya kepada siapa yang didekatinya disebabkan oleh kelembutan hati dan kasih sayangnya.
  98. Bukan karena keangkuhan dan pengagungan diri ia menjauh.
  99. Dan bukan karena kelicikan dan tipu daya ia mendekat.
Perawi berkata : "Ketika Imam Ali sampai bagian ini dari pidatonya, Hammam si 'abid yang mendengarkan dengan khusyuk tiba-tiba jatuh pingsan sehingga Imam Ali berkata : Sungguh, demi Allah, sejak pertama aku khawatir hal ini akan terjadi atasnya. Beginilah akibat yang ditimbulkan oleh kata-kata atau nasehat-nasehat yang mendalam kepada hati yang rawan.

Saya mengakui bahwa 99 kata-kata di atas merupakan kumpulan kata-kata mutiara kehidupan yang indah tentang orang yang bertaqwa yang pernah kubaca !

Di dalam kehidupan nyata ini, saya sendiri sebagai hamba Allah SWT menyadari masih jauh dari kriteria di atas. Terkadang untuk menjalankan Sholat 5 (lima) waktu saja sangat berat apalagi amal-amalan sunnah lainnya. Dan juga terkadang tidak mampu memaksakan diri akan hal-hal yang sudah diyakini akan kebenarannya serta tidak mampu menolak sesuatu hal yang diragukan manfaatnya. Hati nurani merasa senang ketika melihat orang-orang yang menjalani kehidupan dalam ketentraman dan ketenangan jiwa dikarenakan amal-amalan kebaikan mereka, tetapi seringkali tidak mampu untuk mengikuti jejak langkah mereka. Tapi semoga Allah SWT berkenan mengampuni kesalahan-kesalahan serta selalu melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga kelak bisa meninggalkan dunia ini dengan hati yang tenang lagi ikhlas.

Alangkah indahnya perintah Allah SWT supaya kita saling nasehat-menasehati dalam kebaikan, karena terlalu banyak ilmu yang tersembunyi di dunia ini yang harus dicari sendiri dan terlalu naif jika seorang manusia merasa dirinya tidak perlu diingatkan oleh sesamanya.

Sebentar lagi puasa Ramadhan akan segera tiba dan kita umat islam diwajibkan untuk berpuasa pada bulan tersebut. Juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amal kebaikan. Karena pada bulan ini semua pahala kebaikan akan dilipat gandakan. Kurangi mengucapkan kata-kata yang sia-sia itu nasehat para guru sewaktu kita menjalankan puasa. Apalagi suasana islami lebih hidup pada saat bulan Ramadhan, dimana-mana kita temui banyak acara ceramah ataupun pengajian sebagai upaya untuk menambah ilmu agama.

Kata-kata mutiara di atss bersumber dari : Buku "Kuburku Syurgaku", Penyusun : Muhammad Taufiq Ali Yahya.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Silahkan dibaca koleksi kata-kata mutiara agama islam di bawah. Sebagai kelanjutan dari 99 kata-kata mutiara di atas, anda bisa menikmati beberapa contoh lagi. Mudah-mudahan kata-kata berikut bisa dikategorikan sebagai kata-kata mutiara yang indah, sangat indah, paling indah yang pernah anda baca. Saya mengkategorikan sebagai kata-kata mutiara untuk contoh-contoh nasehat dalam hadits, kisah kehidupan dan sebagainya.

Kata-kata mutiara oleh Qurrah bin Hubairah ketika hendak memeluk islam. Akal pikiran yang sempurna melahirkan sifat-sifat budi pekerti yang utama. Dan akan menghias diri kita dengan berbagai keutamaan dan akan menjauhkan kita dari segala yang rendah dan hina. Ketika hendak memeluk islam, Qurrah bin Hubairah menghadap Rasulullah Saw dan berkata "Kami dahulu mempunyai banyak tuhan lelaki dan tuhan perempuan. Tuhan-tuhan itulah yang kami sembah, tidak menyembah Allah. Tuhan-tuhan itu kami panggi, tetapi mereka tidak menyahut. Kami mohon sesuatu kepada mereka, tetapi mereka tidak dapat memberi. Akhirnya melalui Anda, Allah melimpahkan hidayat kepada kami sehingga kami tidak bersembah sujud selain kepada-Nya". Menanggapi kata-kata Qurrah bin Hubairah itu Rasulullah Saw, berucap : "Beruntunglah orang yang dikarunai akal pikiran!" ("Majma'uz-Zawa'id").


Mutiara kata yang berisikan nasehat kematian dan hikmah kematian. Karena kematian itu merupakan hal yang pasti akan kita alami, maka saya akan menyuguhkah cukup bayak kata-kata mutiara yang berhubungan dengan kematian ini. Kematian adalah adalah berakhirnya waktu kita di dunia ini. Kita tidak bisa lagi mencari amal kebaikan ataupun melakukan kemaksiatan. Semuanya sudah tercatat dan akan mendapatkan peradilan yang belum pernah kita temui di dunia.

Kata-kata mutiara atau ucapan kepada orang  yang dapat musibah kematian. Soal kematian ini tiada bermula dalam diri kalian dan tiada pula berakhir dalam diri kalian. Adapun saudara kalian ini sudah sering berpergian, maka anggaplah ia kini sedang berpergian jauh. Kalaupun ia takkan datang kembali, kalianlah yang pasti akan mendatanginya suatu saat.


Firman Allah SWT tentang kematian. "(Allah) Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya." (Q.S :67:2)


Ingin membaca contoh-contoh nasehat yang diriwayatkan dari Imam Ali a.s yang menurut saya bisa disebut sebagai kata-kata mutiara yang penuh kebijaksanaan.

Diriwayatkan dari Imam Ali a.s. "Aku tidak pernah melihat keimanan bersama keyakinan seperti halnya keraguan pada manusia. Sesungguhnya dia setiap hari dipanggil ke kubur dan akan menemani. Dari tipuan dunia dia kembali, tidak terlepas dari nafsu syahwat dan dosa. Andaikan anak adam yang miskin tidak memiliki dosa yang menghambatnya, tidak ada perhitungan baginya kecuali hanya kematian mencerai-berai kesatuannya, anak menangisinya, sudah selayaknya dia waspada dari kesusahan dan kepayahan."

Diriwayatkan dari Imam Ali a.s. "Aku heran pada siapa yang lupa akan kematian, sedang dia selalu melihat orang mati."

Masih dari Imam Ali a.s.

"Kematian ada pada setiap nafas" (Ghurarul Hikam : 6455)

"Kematian ada pada setiap waktu" (Ghurarul Hikam : 6456)

"Ajal ada pada setiap saat" (Ghurarul Hikam : 6457)

"Hembusan nafas adalah jalan menuju ajal." (Nahjul Balaghoh ; hikmah, 74)

Dari wasiatnya kepada putranya Hasan a.s : "Ketahuilah wahai anakku, kamu diciptakan untuk akhirat tidak untuk dunia, untuk kematian bukan untuk kehidupan, kamu berada di benteng, di tempat penyambung kehidupan dan jalan menuju akhirat, dan kamu adalah buruan kematian tidak akan selamat yang lari darinya, tidak akan lari bagi yang memintanya, dan dia harus menemuinya, jadilah kamu selalu waspada jika dia menghampirimu dalam keadaan jelek (belum berbuat baik), hendaklah ejak dia berdialog melalui tobat, hingga akan terjadi pertemuan antara engkau dengannya sedangkan pada saat itu engkau berhasil mengalahkan nafsumu". (Nahjul Balaghah, kitab 31).

"Setiap yang dihitung akan selesai, dan setiap yang dinanti akan datang". (Al-bihar : 73/128/131)

"Kematian telah diikat di ujung ubun-ubun kalian, dan dunia telah terlipat di belakang kalian." Kematian lebih pasti dari bayangan kalian, dan lebih memiliki jiwa-jiwa kalian.

Kata-kata mutiara islami tentang kematian masih dari Imam Ali a.s.

"kalian adalah buruan kematian, jika menghadapinya dia akan mengambil kalian, jika lari akan mendapati, dia lebih pasti dari bayangan kalian, kematian telah diikat di ujung-ujung ubun-ubun kalian".

"Setiap makanan menghangatkan, setiap biji-bijian (tumbuhan) dapat dimakan, dan kamu adalah makanan kematian".

"Wahai manusia setiap orang akan berjumpa dengan apa yang dihindarinya, kemanapun dia berlari maka ajalpun akan datang menemuinya"

"....Ia telah mewajibkan kepada dirinya bahwa tak ada rangka dimana ia memasukkan nyawa akan bergerak, melainkan bahwa kematian adalah tempat yang dijanjikan kepadanya dan kehancuran (adalah) akhir kesudahannya."

"Waspadalah wahai hamba Allah akan kematian dan kedekatannya, dan siapkanlah apa yang layak baginya, karena dia akan datang dengan masalah besar, berita yang jelas, kebaikan yang tidak akan tercampur, atau kejelekan yang tidak tercampur dengan kebaikan, akan dekat dengan surga siapa yang berbuat karenya ! akan dekat dengan neraka siapa yang berbuat karenya."

"Setiap kehidupan adalah kematian."

"Kematian adalah pengadilan akhirat pertama"

Hikmah-hikmah kematian yang saya juga termasuk dalam nasehat kata-kata mutiara islami.

Rasulullah Saw bersabda : "Jika ada yang meninggal di antara kamu, maka dilasanakan kiamatnya. Maka sembahlah Allah seperti halnya kamu melihat-Nya, dan mintalah ampun pada-Nya setiap saat." (Kanzul Ummal, H.42748).

"Kematian! kematian! harus ingatlah akan kematian, kematian akan datang, datang bersama ruh, kedamaian dan kejadian indah menuju surga yang tinggi bagi penghuni rumah keabadian, yaitu orang-orang yang melakukannya dan menginginkannya. Dan kematian datang dengan kesusahan, penyesalan dan kejadian buruk menuju Neraka membara bagi penduduk rumah kebohongan, yaitu orang-orang yang melakukannya dan menginginkannya. (Al-Kahfi :3/257/27)

Kata-kata mutiara islami dari Imam Ja'far Shodiq a.s berkata : " Yang paling ditakutkan oleh seorang hamba adalah tiga tempat :
  1. Hari dia dilahirkan, keluar dari perut ibunya dan melihat dunia
  2. Hari kematiannya maka dia melihat akhirat dan penduduknya
  3. Dan hari dia dibangkitkan dan melihat hukum-hukum yang belum pernah dilihatnya di dunia." ('Uyunul Akhbar Ridho : 1/257/11)
Kata-kata Imam Ali Zainal Abidin a.s : " Waktu-waktu yang paling menyulitkan anak adam ada tiga :
  • Waktu dia melihat malaikat maut
  • Waktu dia bangkit dari kuburnya
  • Dan waktu dia berdiri di hadapan Allah, maka bisa surga dan bisa juga neraka."

Kata-kata mutiara tentang tobat kepada Allah SWT. Taubat merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap hamba Allah, dengan tobat maka dosa-dosa akan berguguran. Dengan tobat hati akan merasa tentram.

  1. Allah akan menutupi kesalahan-kesalahanmu. "Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Rabbkamu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu (Q.S.66:8)
  2. Allah akan memasukkan ke dalam surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai. "dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengan dia" (Q.S.66:8)
  3. Cahaya mereka memancar di hadapan dan disebelah kanan mereka. "Sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan disebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan : "Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu." (Q.S.66:8)
  4. Mendatangkan kenikmatan yang baik terus-menerus. "Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Rabbmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus-menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan. (Q.S.11:3)
  5. Mendatangkan keutamaan di atas keutamaan. "dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat". (Q.S.11:3)
 Mutiara kata islam bahwa mengenai mencari nafkah adalah pekerjaan mulia. Baik itu bekerja di kantor, bertani dan berdagang. Semuanya akan mendatangkan keberkahan jika dicari dengan cara yang halal.

Imam Ali a.s berkata "Berdaganglah kamu, karena di dalam perdangangan kamu akan menjadi tak butuh dengan apa yang ada pada tangan manusia. Sesungguhnya Allah Azza Wajalla menyukai profesional yang jujur."

Imam Ja'far Ash-Shadiq a.s berkata : "Perdagangan menambah akal."

Imam Ali a.s berkata :"Barang siapa berdagang tanpa pengetahuan hukum agama (fiqih), niscaya dia bertabrakan dengan riba".

Kata-kata mutiara nasehat perdagangan lainnya :

"Pedagang yang jujur bersama para nabi, para shadiqin, dan para syuhada"

Imam Ali a.s berkata :"Miskin di negeri sendiri adalah keterasingan, dan kaya di tempat asing adalah seperti negeri sendiri."

Kata-kata mutiara islami tentang harta. Ingatlah jika anda mempunyai harta,
  • Jangan sampai harta anda menyesatkan amda dan menjadikan anda sombong dan sewenang-wenang.
  • Tunaikanlah kewajiban yang telah Allah SWT tetapkan atas diri kalian.
  • Ketahuilah, Allah SWT tidak membutuhkan harta yang bagian-Nya tidak terdapat di dalamnya.
  • Ketahuilah, sesungguhnya harta akan sirna, betapapun banyaknya.
  • Yang terpenting adalah pengaruh dan manfaat yang ditinggalkannya, dn itulah yang akan langgeng.

Contoh kata-kata mutiara islami yang berhubungan dengan kaum kerabat dan tetangga. Kata-kata yang merupakan berasal dari hadits Al-bukhari. Anda bisa menjadikan kata-kata tersebut sebagai tambahan ilmu dalam berhubungan dengan kaum kerabat ataupun tetangga anda.
  • Siapa yang paling berhak dihormati. Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a berkata : Seorang laki-laki menemui RAsulullah Saw, kemudian bertanya : "Ya Rasulullah! siapa orang yang harus paling saya muliakan?" Rasulullah menjawab, "Ibumu". Laki-laki itu bertanya lagi, "setelah ibu saya, siapa?" Rasulullah Saw menjawab, "Ibumu," Tanya laki-laki itu selanjutnya lagi, "Ibumu". Laki-laki itu bertanya lagi, "Berikutnya siapa?" Rasulullah menjawab, "Ayahmu". (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari)
Atau kata-kata mutiara islami untuk orang tua yang merupakan hadits shahih Al-Bukhari. Janganlah seorang memaki-maki orang tuanya. Diriwayatkan dari ABdullah bin Amr r.a dia berkata : Rasulullah Saw pernah bersabda, "Diantara dosa besar adalah apabila seseoarang memaki-maki orang tuanya sendiri". Ditanyakan oleh seseorang, "Ya Rasulullah! bagaimana sesorang memaki-maki orang tuanya sendiri?" Rasulullah Saw bersabda, "Seseoarang memaki-maki ayah orang lain kemudian orang lain tersebut membalas dengan memaki-maki ayah orang itu, begitu pula seseorang memaki-maki ibu orang lain kemudian orang lain tersebut membalas dengan memaki-maki ibu orang itu". (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari)

Dosa pemutus hubungan keluarga. Diriwayatkan dari jubair bin Muth'im r.a, dia berkata :Saya pendengar Nabi Saw bersabda, "Orang yang memutuskan hubungan keluarga tidak akan masuk syurga".

Penyambung hubungan kerabat bukanlah orang yang membalas kunjungan/kebaikan kerabatnya. Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr r.a bahwa Nabi Saw, pernah bersabda : "Penyambung hubungan kerabat bukanlah orang yang membalas kunjungan/kebaikan kerabatnya, akan tetapi penyambung hubungan kerabat itu apabila hubungan kerabatnya terputus dia sudi menyambungnya".(oleh Al-Bukhari)

Simaklah kata-kata mutiara dari hadits berikut tentang wasiat berbuat baik terhadap tetangga. Diriwayatkan bahwa Nabi Saw, pernah bersabda: "Jibril senantiasa berwasiat kepadaku tentang berbuat baik terhadap tetangga, sehingga aku menyangka dia akan menetapkan tetangga sebagai ahli warisku". (oleh Al-Bukhari)


Bagaimana menurut anda mengenai kumpulan kata-kata mutiara islami yang terangkum diatas. Memang di atas belum terdapat kata-kata yang berhubungan dengan cinta, rindu dan kasih sayang. Itu karena saya belum mendapatkannya, maklum saya tidak ingin asal copas dari internet. Yang mana banyak artikelnya itu-itu saja dan tidak terbaru.

Sebenarnya sebagian besar kata mutiara yang ada disini tidak mengutamakan kata-kata indah yang penuh kiasan. Sehingga bisa membuat pembaca terkagum-kagum dengan penggunaan kata yang diterapkan. Tetapi untuk apa jika makna islaminya tidak sampai. Padahal yang diutamakan didalam agama itu bukan keindahan kata atau syair melainkan makna yang memberi manfaat. Seperti nasehat, ketentuan dan hukum islam.

Beri contoh kata-kata mutiara cinta secara islami. Setahu saya, agama islam tidak membahas secara khusus tentang penggunaan kata-kata mutiara dalam metode pengajarannya. Tetapi memang terkadang kata-kata nasehat dalam ajaran islam itu menggunakan kata-kata yang enak di dengar serta dalam maknanya.

Kata-kata mutiara tentang cinta yang diambil dari penggalan lagu opick. Opick sebagai penyanyi sekaligus rohaniawan islam terknal dengan lagu-lagu rohaninya yang sarat akan pesan kebaikan. Sebagian besar lagu memiliki makna kecintaan yang besar terhadap Tuhan (Allah SWT).
  • Bersujud kepada Allah
  • Bersyukur kepada Allah
  • Semoga dirimu, semoga langkahmu
  • Diiringi oleh rahmat-Nya
  • Setiap nafasmu, seluruh hidupmu
  • Semoga diberkahi Allah
Berikutnya mutiara kata cinta dalam penggalan lirik "Cinta Yang Tulus" yang dinyanyikan oleh Alm. Gito Rollis. Lagu cinta satu ini cukup akrab ditelinga kita. Apalagi didendangkan dengan suara serak-serak dan penghayatan yang dalam oleh Alm. Gito Rollis.
  • Biarkan hujan membasahi bumi
  • Atau bulan yang tiada berseri
  • Namun jangan Kau biarkan cintaku
  • Yang tulus suci hanya pada-Mu
  • Semua yang ada pada-Mu ohh
  • Membuat diriku tiada berdaya
  • Hanyalah bagimu, untukMu Tuhanku
  • Seluruh hidup dan cintaku


Apakah kata-kata mutiara tentang ilmu berikut akan menggugah hati dan akal pikiran anda. Salah satu ciri orang yang bertaqwa itu yaitu mencintai ilmu. Rasulullah menganjurkan kita untuk menuntut ilmu sampai ke negeri Cina (karen pentingnya ilmu). Dengan ilmu kita akan mengetahui kebenaran. Tapa ilmu manusia akan tersesat dan menyesatkan orang lain. Logika sederhananya yaitu orang yang tidak mengetahui (karena tidak berilmu), tidak akan bisa mencari apa-apa yang Haq (benar) dari suatu kajian. Sehingga, akibat ketidaktahuan maka kita akan salah jalan dan tersesat.

Anda jangan bermalas-malasan dalam menuntut ilmu, khususnya ilmu agama. Menuntut ilmu itu wajib dalam islam. Siapa yang ingin menjadi orang bodoh. Tetapi mendapatkan ilmu itu membutuhkan niat dan usaha yang tidak mudah.

Diibawah ini saya suguhkan hadits tentang ilmu dalam islam, ayo kita baca sama-sama apakah kata-katanya juga termasuk kategori kata-kata mutiara.
  • Keinginan yang menggebu untuk meraih ilmu dan hikmah. Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud r.a, dia berkata : Nabi Saw pernah bersabda, "Tidak boleh diri kecuali dua : 1).Orang yang diberi harta banyak oleh Allah lalu dia membelanjakannya sesuai dengan ajaran islam. 2).Orang yang diberi hikmah (sikap dan perilaku yang bijak) oleh Allah, kemudian dia menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan mengajarkannya kepada orang lain". (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari)
  • Keutamaan ilmu. Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a dia berkata : Ketika Rasulullah Saw sedang menyampaikan nasehat kepada orang banyak di sebuah majelis, tiba-tiba seseorang Arab pedalaman datang, lalu dia bertanya, "Kapan kiamat ?" Rasulullah Saw terus saja berbicara, sehingga sebagian yang lain mengatakan, "Rasulullah Saw mendengar pertanyaan orang Arab pedalaman itu namun beliau tidak menyukainya", sementara sebagian lain mengatakan, "Rasulullah Saw tidak mendengar pertanyaan tersebut". Setelah Rasulullah Saw selesai menyampaikan nasehat, beliau bertanya, "Mana tadi orang yang bertanya tentang kiamat? "Orang tersebut menjawab : "Saya ya Rasulullah!", Rasulullah Saw bersabda "Apabila amanat telah diabaikan, maka tunggulah kiamat", Tanya orang tersebut, "Bagaimana mengabaikan amanat itu?", Rasulullah Saw menjawab: "Apabila urusan diserahkan kepada orang yang bukan ahlinya, maka tunggulah kiamat" (oleh Al-bukhari)
Berikut contoh kata-kata mutiara tentang jihad. Saya ambil dari hadits Al-Bukhari mengenai orang-orang yang berjihad di jalan Allah.
  • Keutamaan berperang di jalan Allah. Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, dia berkata : seorang laki-laki menghadap Rasulullah Saw kemudian berkata "Tunjukkan kepada saya amal kebaikan yang menyamai jihad!" Rasulullah Saw bersabda, "Tidak ada". Berikutnya Rasulullah Saw bertanya, "Ketika orang-orang pergi berjihad, mampukah kamu masuk ke masjid untuk melaksanakan sholat tanpa henti dan puasa terus menerus ?" Orang itu menjawab "Siapa yang mampu beribadah seperti itu?"
  • Manusia yang paling utama adalah mukmin yang berjihad di jalan Allah dengan jiwa dan hartaya. Diriwayatkan dari Abu Sa'id Al Khudriy r.a, dia berkata : Rasulullah Saw ditanya "Siapa manusia yang paling utama?" Rasulullah menjawab, "Mukmin yang berjihad di jalan Allah dengan jiwa dan hartanya". Orang-orang bertanya lagi, "lalu siapa? "Rasulullah menjawab : "Mukmin yang terasingkan karena bertaqwa kepada Allah dan menghindari orang banyak agar ia tidak terlanda kejelekan".
  • Bidadari surga. Diriwayatkan dari Anas bin Malik r.a bahwa Nabi Saw pernah bersabda : "Seandainya seorang bidadari dari surga menampakkan diri kepada penghuni bumi, niscaya cahaya tubuhnya dan bau harumnya akan memenuhi ruang antara langit dan bumi, serta kerudung rambutnya lebih indah dan lebih bernilai daripada dunia seisinya".
  • Orang yang terluka dalam jihad di jalan Allah. Diriwayatkan dari Abu hurairah r.a bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda : "Demi Allah yang menggenggam jiwaku! Seseorang yang terluka di jalan Allah - Allah Maha Mengetahui orang yang terluka di jalan-Nya - Kelak pada hari kiamat ia akan datang dengan warna darah pada lukanya dan dengan bau seharum misk".
Syair islami yang indah dari Hamzah paman Rasulullah Saw ketika ia memeluk islam, bisa disebut juga kata-kata mutiara tentang tauhid atau keimanan terhadap Tuhan.

Kupanjatkan puji dan syukur ke hadirat Ilahi
Atas hidayat yang terlimpah ke dalam hatiku ini
Hingga kupeluk agama Islam bersih dan suci
Agama Allah bagi umat manusia di muka bumi


Agama yang datang dari Allah Maha Kuasa
Maha Mengetahui dan Maha Lembut akan hamba-Nya
Bila kepada kita dibacakan firman-firmanNya
Yang tekun berpikir meneteskan air mata


Firman-firman yang dibawakan oleh Muhmmad
Kepada setiap insan yang beroleh hidayat
Melalui ayat-ayat yang jelas berhikmat
Menabur rahmat bagi mahluk sejagat

Kita sering mendengar antara kata teman dan sahabat. Saya juga tidak tahu persis apa beda dari keduanya. Tahukah anda makna persabahatan dalam islam. Apakah anda sering mengatakan bahwa sahabat itu seperti ini, seperti itu dan sebagainya. Apa tolak ukur yang anda jadikan acuan dalam mencari teman ataupu sahabat.

Saya juga tidak tahu seberapa penting arti sahabat di dalam islam. Maka saya yakin yang ini bukan hanya sekedar kata-kata mutiara tentang persahabatan sejati, bisakah anda melakukan hal yang sama kepada seorang sahabat. Seperti yang dilakukan oleh Ali bin Abi Thalib (salah satu sahabat Nabi Saw) pada saat orang-orang akan membunuh Nabi Muhammad Saw.

Contoh kisah yang bukan sekedar kata-kata mutiara islami tentang sahabat, tapi pembuktiannya. Kisah ini ketika orang-orang yang baru memeluk islam termasuk sahabat-sahabat Nabi Saw hendap berhijrah dari Mekkah ke Madinah. Karena khawatir akan menggalang kekuatan di Madinah, kaum musyrikin hendak berencana membunuh Rasulullah Saw.

Tetapi pada malam menjelang keberangkatan Rasulullah Saw ke Madinah, datang malaikat Jibril a.s membahwa perintah agar beliau tidak tidur di tempat pembaringannya sendiri. Hendaknya menyuruh Ali bin Abi Thalib r.a menggantikannya tidur ditempat pembaringan beliau dengan berselimutkan kain buatan Hadramaut berwarna hijau."

Dari peristiwa tersebut kita menyaksikan, belum pernah terjadi dalam sejarah ada seorang yang demikian berani mengorbankan jiwanya seperti Ali bin Abi Thalib r.a. Para pendekar atau pahlawan perang berani dan tabah menhadapi serangan musuh di medan perang karena mereka itu memegang senjata di tangan. Jauh sekali bedanya dengan orang yang tanpa senjata apapun juga berani menghadapi ancaman maut dengan tenang, taat menjalani perintah sahabat yang dicintainya. Dialah Ali bin Abi Thalib r.a tanpa bimbang ragu ia berani berbaring ditempat tidur Rasulullah Saw menghadapi bahaya yang akan merenggut nyawanya. Dengan tulus ikhlas ia melaksanakan perintah Rasulullah Saw agar putera pamannya itu dapat lolos dari kepungan pedang yang hendak mengahiri hidupnya. Keberanian dan kepahlawanan setinggi ini mungkin hanya pernah terjadi ketika Nabi Isma'il a.s menyerahkan diri untuk disembelih oleh ayahnya, Nabi Ibrahim a.s demi telaksananya perintah Ilahi.

Apakah anda punya sahabat sejati, apakah dia mampu mengorbankan nyawanya untuk anda. Bisakah kita cari teman atau sahabat yang mau berkorban nyawa seperti itu. Zaman sekarang, pinjam uang sama teman aja susah. Salah sedikit saling mencela. Tidak sama apa yang dikatakan dari depan denan dari belakang. Bahkan ada yang tega menipu sahabat sendiri sampai sahabatnya terpuruk sedalam-dalamnya.

Bagi saya pribadi, persahabatan sejati itu yaitu persahabatan orang-orang yang sholeh. Ada boleh pro ataupun kontra dengan saya. Alasan saya sederhana, mengapa sahabat sejati itu adalah orang-orang yang sholeh. Alasannya yaitu karena mereka itu orang-orang yang melakukan kebaikan murni karena Allah SWT. Jadi apapun gerak-gerik mereka akan mendatangkan manfaat bagi yang didekatnya. Tidak akan khawatir kita dengan gangguan mereka. Dekat dengan mereka akan mendapatkan ilmu yang membawa keselamatan. Bukan malah membawa kita ke lembah kemaksiatan.

Sahabat sholeh itu lebih banyak memberi dari pada menuntut. Perkataan mereka enak dan sejuk didengar, jauh dari kata-kata yang menyakitkan. Pantang menjelekkan orang lain walaupun itu orang itu memusuhinya.

Mereka juga termasuk orang yang sabar. Tak sengaja kita berbuat salah kepadanya, maka ia akan dengan mudahnya memaafkan anda. Bahkan walaupun terkadang anda mengulanginya. Sabar itu tidak ada batasnya. Sabar itu sangat berat bagi orang-orang yang dikendalikan hawa nafsu.

Apa contoh kata-kata mutiara islami tentang sabar. Kesabaran dalam islam itu penting. Bahkan Allah SWT menekankan supaya kita menjadi golongan orang yang sabar, agar kelak tidak menjadi orang yang merugi. Itu sesuai dengan Firman Allah SWT Surat Al-Asr yang artinya :
  1. Demi masa
  2. Manusia itu benar-benar berada dalam kerugian
  3. Melainkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan saling nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan saling nasehat menasehati dalam menetapi kesabaran.
Saya rasa cukup sampai disini dulu. Nanti InsyaAllah saya akan menambah koleksi kata-kata mutiara islami yang telah ada. Yang merupakan besumber dari ayat Al-quran, Hadits Nabi dan kisah-kisah kehidupan Rasulullah Saw. Saya sangat tidak berani membuat kata-kata atau statement dalam urusan agama. Apalagi pengetahuan saya sangat sedikit mengenai itu.Yang ada nanti bukan membawa manfaat melainkan menyesatkan orang lain.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel 99 Kata-kata Mutiara Islami ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :