Bayi Yang Tidak Mau Berhenti Menangis

Apa saja langkah yang bisa anda lakukan jika bayi anda tidak mau berhenti menangis sehingga membuat anda risau dan sedih. Bayi yang menangis bukanlah hal aneh. Bayi sering menangis mungkin ada juga manfaatnya. Sesuai info yang saya dengar, bayi yang menangis akan membantu menguatkan fungsi jantungnya. Tapi yang membuat kita panik adalah ketika bayi menangis berkepanjangan, padahal sudah kita lakukan segala cara agar dia berhenti.

Usahakan jangan panik ketika bayi anda tidak mau berhenti menangis. Seringkali yang saya jumpai ketika seorang ibu tidak mampu menghadapi bayinya yang tidak mau berhenti menangis yaitu ikut menangis juga. Terkadang ibu tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan. Segala cara ia lakukan tapi tak ada yang ampuh untuk menghentikan tangis bayi tersayang. Sebaiknya kita sebagai orang tua berusaha agar tetap tenang ketika menghadapi kondisi seperti ini. Pikiran yang tenang dan jernih dapat membantu kita mencari penyebab mengapa bayi kita menangis tanpa henti. 

Apakah bayi menangis terus menerus tanpa henti itu disebabkan oleh ganguan mahluk halus. Secara pasti, sesungguhnya apa yang terjadi pada bayi yang menangis hanyalah Allah SWT sajalah yang tahu. Tapi kita sebagai manusia yang dikaruniai akal pikiran dapat mempelajari apa-apa saja ciptaan Allah SWT yang ada didunia ini. Akal pikiran yang banyak ilmunya akan lebih menentukan pada kebenaran pengambilan langkah oleh setiap anak manusia. Makanya kita sebagai muslim diwajibkan untuk menuntut ilmu. Dengan ilmu kita dapat menyibak segala kebesaran Tuhan yang tersembunyi pada setiap yang ia cipatakan. Kembali pada masalah mahluk halus (jin) sebagai penyebab bayi tidak mau berhenti menangis, saya pribadi kurang setuju dengan pernyataan itu. Jin itu mahluk yang diluar kemampuan panca indra kita. Allah SWT telah menentukan bahwa keberadaan mereka diluar daya akal kita sebagai manusia. Rasanya tidak mungkin kita akan dibebankan oleh Allah SWT suatu permasalahan sesuatu yang diluar kemampuan akal pikiran kita. Kita tidak bisa melihat mereka dengan pasti, jadi bagaimana kita bisa menentukan suatu keputusan tentang mereka (jin) dengan pasti. Berpikirlah sesuatu hal mengikuti alur sunatullah atau ketentuan yang sudah Allah SWT tentukan atas dunia ini.

Bayi menangis karena ada sebabnya. Ibu saya yang telah membesarkan 5 anak dengan sukses mengatakan bahwa : "Biasanya bayi menangis karena ada sebabnya". Carilah apa-apa yang mugkin menyebabkan bayi kita menangis tak mau berhenti, seperti :
  • Bayi lapar
  • Bayi tidak nyaman (celana basah akibat kencing, terlalu dingin, terlalu panas, gerah dan semua yang bisa membuat bayi tinyak nyaman.
  • Bayi merasakan sakit pada bagian tubuh tertentu.
Pengalaman pribadi dalam menangani bayi yang menangis tanpa henti. Saya sendiri orang yang pernah merasakan mengurus bayi, akan berbagi tips sederhana. Siapa tahu tips tersebut dapat membantu. Tapi sejujurnya saya bukan dokter, jadi mengkin saya tidak bisa menjelaskan secara ilmiah apa yang biasa saya lakukan. Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan.

  • Berikan minum air putih pada bayi anda. Untuk bayi umur dibawah 6 bulan, bisa dikasih asi menggunakan sendok. Berikan minum seraya berdoa kepada Allah SWT, karena dengan berdoa akan membantu hati kita menjadi tenang. Artinya kita sudah mengadukan masalah itu kepada Allah SWT.
  • Carilah apa-apa yang mungkin menyebabkan bayi menangis berkepanjangan. Sebagian besar penyebabnya adalah 3 (tiga) poin di atas.
  • Kalau bayi masih menangis dan anda masih kebingungan. Coba anda ganti pakaian bayi dengan pakaian yang baru. Pakaian barunya harus bersih, kering dan nyaman dipakai.
  • Setelah ganti pakaian, gendonglah bayi pindah dari tempat ia menangis. Selain memberi minum, cara satu ini biasanya ini juga cukup ampuh. Bawalah bayi menemukan suasana baru yang lebih nyaman.
  • Sebagai muslim kita hendaknya seraya berdoa, berzikir, shalawat nabi, atau bernyanyi lagu rohani yang menenangkan.
Sesungguhnya setiap manusia itu sangatlah kecil di hadapan Allah yang Maha Perkasa. Banyak sekali hal yang tidak mampu kita ketahui sebagai mahluk yang lemah. Tetapi kita terkadang lupa dan menjadi sombong. Sehingga pada saat dapat masalah yang berat kita menjadi putus asa. Saran saya, ingatlah wahai kawan bahwa "sesungguhnya apa-apa yang menjadikan kejadian antara bayi dan orang tua itu adalah kuasa Allah SWT dan hanya Allah SWT yang mengetahui hikmah yang tersirat secara haq (sebenar-benarnya)".

Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Bayi Yang Tidak Mau Berhenti Menangis ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Komentar Menggunakan Akun Facebook :