ilokasi

Cara Menggunakan Mesin Cuci Agar Awet

Kali ini saya akan membagikan cara mengggunakan mesin cuci agar awet sampai bertahun-tahun. Mesin cuci akan mudah rusak apabila anda menyalahi aturan pengoperasian. Mesin cuci merupakan suatu alat yang didalamnya terdiri dari komponen elektronika. Komponen elektronika tersebut seperti kapasitor dan kumparan motor. Bila motor anda bekerja dengan beban lebih maka lilitannya akan cepat terbakar. Sehingga mesin cuci anda tidak akan berputar karena mesin pemutarnya adalah berasal dari motor listrik tersebut.

Melakukan perawatan secara benar sangat menentukan lamanya umur penggunaan setiap mesin cuci. Apapun merk mesin cucinya akan cepat rusak jika selalu dioperasikan secara overload (kelebihan beban). Tentunya itu tidak jadi masalah jika anda sendiri bisa memperbaikinya, tetapi anda akan kesulitan jika anda harus mengantarkan ke tempat service setiap kali terjadi kerusakan. Anda juga akan kesulitan jika harus selalu membeli mesin yang baru jika mesin yang lama rusak.

Siapapun menginginkan mesin cuci yang dimilikinya bisa tahan lama. Bila anda melihat istri atau anak anda meggunakan mesin cuci ini dengan cara yang salah, maka anda harus memperingatkannya. Apalagi anak-anak, biasanya tidak menghiraukan semua petunjuk penggunaan.

Bagaimana cara menggunakan mesin cuci sanyo, lg, sharp, sanken, polytron, samsung dan panasonic agar awet.
  1. Jangan menggunakan mesin cuci pada operasi overload. Ini adalah hal yang sangat penting. Penyebab utama mesin cuci tidak tahan lama biasanya karena pencucian pakaian secara berlebih. Jika keterangan pada mesin cuci anda menunjukkan berat maksimum pakaian yang bisa dicuci adalah 6kg, maka jangan sekali-kali memasukkan pakaian dengan berat yang lebih. Malah supaya umur mesin bisa lebih panjang, cucilah pakaian dengan berat.
  2. Gunakan supply tegangan yang stabil. Tegangan listrik yang tidak stabil akan cepat merusak segala jenis peralatan elekronik. Kalau listrik PLN di rumah anda tidak stabil, anda bisa menggunakan stabilizer. Jika di rumah anda tegangan listrik PLN turun pada malam hari dan anda tidak punya stabilizer maka, gunakan mesin pada siang hari.
  3. Cuci bersih mesin setelah penggunaan. Setelah mencuci pakaian anda harus mencuci bersih bagian dalam maupun luar mesin. 
Awet atau tidaknya suatu mesin cuci tergantung pada cara penggunaan anda, perawatan dan pemakaian yang benar. Kalau saya sendiri sudah berulang-ulang memperbaiki mesin cuci karena rusak akibat ulah tikus. Bila rumah tinggal beberapa hari, tikus akan masuk kemesin cuci dan memakan kabel-kabel yang ada. Tapi syukur Alhamdulillah sampai saat ini saya masih bisa memperbaikinya.

Saya ingat dulu ketika belum ada mesin cuci (masih mahal), mencuci dengan dengan dan papan gilasan. Setiap akan mencuci terbesit perasaan malas. Padahal pakaian yang akan dicuci adalah pakaian kerja. Akibatnya pakaian sering tidak kering karena terlambat cuci. Terpaksa dikeringkan dengan setrika




Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Cara Menggunakan Mesin Cuci Agar Awet ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :