ilokasi

Cara Menggunakan Mesin Cuci Merk Sharp, Sanyo, LG, Panasonic, Sanken, Polytron dan Samsung

Pada dasarnya cara menggunakan mesin cuci semua merk seperti sharp, sanyo, LG, panasonic, sanken, polytron dan samsung adalah sama. Karena bahasa petunjuk operasi itu bersifat umum. Misalnya kita menghidupkan mesin dengan memutar/menekan saklar on/off. Mengatur lama waktu pencucian dengan memilih angka pada saklar pilih timer. Jika yang digital kita tinggal memasukkan nilai lamanya waktu proses pencucian atau pengeringan dilakukan.

Bisa mengoperasikan mesin cuci dengan cara belajar sendiri. Jika anda terbiasa dengan bahasa teknologi seperti petunjuk komputer, handphone dan alat-alat canggih lainnya, maka anda akan dapat dengan mudah memahami cara penggunaannya. Bahkan jika anda orang yang cerdas, tanpa diberitahu atau latihan terlebih dahulu anda dapat langsung mengoperasikannya. Cara pengoperasian sangat mudah dan sederhana pada mesin yang menggunakan kontrol manual.

Dilihat dari panel pengoperasiannya, mesin cuci terbagi menjadi dua. Yang saya maksud panel operasi itu adalah tombol-tombol atau saklar-saklar yang digunakan untuk menjalankan mesin sesuai kebutuhan kita. Diataranya tombol on/off, tombol pewaktu (timer), tombol pemilihan washing/drying (pencucian atau pengeringan) dan tombol-tombol penunjang lainnya. Dengan mengenali petunjuk panel dengan benar berarti anda sudah mengetahui salah satu cara menggunakan mesin cuci dengan baik dan benar.
  • Panel operasi secara manual (mekanis). Tipe mesin cuci ini merupakan tipe yang banyak digunakan karena harganya relatif murah. Biasanya pada panel terdapat 3 (tiga) saklar putar, dua saklar sebagai timer dan satu saklar untuk pembuangan air. Saklar pertama untuk menghidupkan motor pencuci dan motor kedua sebagai motor pengering, kedua saklar tersebut akan bekerja sesuai waktu yang ditentukan.
  • Panel operasi secara digital. Mesin cuci tipe ini biasanya lebih mahal dan kualitasnya lebih bagus. Untuk menentukan lamanya waktu operasi anda tinggal menekan angka sesuai kebutuhan. Atau untuk memilih fungsi yang hendak dijalankan mesin. Untuk mengenali mesin cuci digital ini sangat mudah, yaitu terdapat tombol-tombol dan layar (display) secara digital pada atas mesin.

Langkah-langkah menggunakan mesin cuci satu tabung, Sharp, Sanyo, LG, Panasonic, Sanken, Polytron dan Samsung. Agar anda bisa mencuci dengan hasil maksimal. Pakaian anda bisa bersih dari noda dan kuman penyakit. Pakaian tidak rusak atau robek. Warna pakaian tidak luntur sehingga menodai pakaian lainnya. Maka anda harus mengerti cara-cara menggunakan mesin cuci. Berikut langkah-langkhanya :
  • Pisahkan baju yang hendak dicuci sesuai jenisnya. Untuk pakaian kerja berwarna putih sebaiknya jangan digabung dengan pakaian lain. Kumpulkan pakaian-pakaian putih secara berkelompok agar tidak terkena luntur. Atau anda bisa menggabungkan dengan pakaian kerja sejenis dengan warna lain yang tidak mudah luntur. Celana jeans sebaiknya digabung dengan kelompok celana yang warnanya gelap, sehingga jika terjadi luntur warna celana tidak akan berubah.
  • Periksa isi kantong atau saku pakaian terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke tabung pencuci. Cara penggunaan mesin cuci pada langkah ini sangat penting anda lakukan. Karena benda-benda keras yang terdapat pada saku baju atau celana dapat merusak tabung mesin cuci. Uang anda juga akan rusak jika tercuci terlalu lama. Yang lebih parah lagi bila terdapat barang berharga seperti cincin, kalung, anting atau barang berharga lainnya. Keteledoran sedikit dapat membuat uang jutaan rupiah lenyap tanpa bekas.
  • Takar berat baju yang akan dicuci. Memang tidak mungkin jika kita harus selalu mengukur berat pakaian yang hendak dicuci. Maksud saya adalah anda harus bisa mengira-ngira berapa berat pakaian yang akan dicuci. Karena jika kelebihan berat membuat putaran mesin tidak maksimal. Selain membuat pakaian tidak bersih, dapat juga membuat mesin cepat rusak.
  • Gunakan deterjen secukupnya. Kebanyakan deterjen akan membuat mesin cepat rusak dan pencucian tidak maksimal. 
  • Gunakan pengering setelah mencuci. Agar pakaian anda cepat kering anda bisa memanfaatkan bantuan mesin pengering. Dalam beberapa mesin ada yang tidak terdapat mesin pengering melainkan hanya ada mesin penguras.
Saya rasa artikel tentang cara mengoperasikan atau menggunakan mesin cuci di atas bisa anda lakukan dengan mudah dan teratur. Sehingga hasil cucian akan bersih secara maksimal dan mesin cuci anda akan awet.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Cara Menggunakan Mesin Cuci Merk Sharp, Sanyo, LG, Panasonic, Sanken, Polytron dan Samsung ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :