Cara Merawat Gigi Agar Tetap Putih

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk merawat gigi agar tetap putih seperti sikat gigi secara rutin menggunakan pasta gigi. Yang pasti anda harus rajin sikat gigi sehingga kotoran-kotoran akan tersingkir. Karena satu hari saja kita tidak sikat gigi maka gigi akan menjadi kuning. Selain sikat gigi, ada cara tambahan lain supaya bisa menjaga gigi kita tetap dalam kondisi putih. Cara tambahan tersebut lebih banyak saya fokuskan pada perawatan dengan bahan alami, karena mudah didapat dan tidak ada efek samping.

Pada anak-anak biasanya terbentuk karang gigi akibat tidak sikat gigi dalam jangka waktu yang lama. Hal ini terjadi karena biasanya mereka malas dan belum memahami resiko yang akan timbul. Walaupun gigi mereka kuning, tetapi mereka juga tetap tidak malu untuk main bersama teman-teman. Mungkin yang malu yaitu orang tua karena dianggap tidak bisa mengajarkan anak dengan baik.

Gigi yang putih dan rata dapat membuat kita tersenyum lepas. Seingat saya waktu sekolah, jika bangun kesiangan maka pada saat mandi akan tergesa-gesa. Sehingga lupa untuk sikat gigi. Setelah sampai sekolah baru ingat bahwa waktu mandi tidak sempat membersihkan gigi, drastis rasa pede langsung hilang. Tidak berani ngobrol dekat-dekat dengan teman dan tidak berani juga untuk tersenyum lepas.

Contoh gambar gigi yang putih bersih karena terawat dengan baik. Mudah-mudahan dengan melihat gambar orang yang mempunyai gigi putih bersih anda tertarik untuk rajin merawat gigi anda. Gigi yang putih dikaitkan dengan gigi yang sehat. Pernyataan itu menurut saya benar, karena yang bersih-bersih itu menunjukkan kondisi yang sehat. Seseorang mempunyai hati yang bersih, artinya ia memiliki jiwa yang sehat (kira-kira seperti itu kata-kata mutiara orang bijak)

gigi putih terawat
Gambar gigi putih terawat

Apa saja tips merawat gigi agar putih dan sehat. Supaya gigi tetap putih, sehat dan tidak berlubang maka apa salahnya anda terapkan beberapa tips atau cara berikut. Untuk tingkat keberhasilan tentunya tergantung konsistensi anda dalam melaksanakan perawatan. Kegiantan sikat gigi setidaknya minimal 2 kali sehari anda lakukan sepanjang hidup. Tanpa banyak basa basi, berikut tipsnya :
  • Lakukan sikat gigi dengan rutin. Cara satu ini memang sangat penting. Walaupun kita semua sudah tahu tentang tips satu ini, tetapi tentunya tidak bisa kita pandang sebelah mata. Kalau anda tidak percaya, coba saja untuk tidak sikat gigi dalam dua hari atau satu minggu sekalian (dijamin gigi anda seperti gigi bokir "gigi emas"...wkwkk..kk).
  • Gunakan pasta gigi (odol) yang ramah untuk kesehatan gigi. Pasta gigi yang mengandung zat kimia pemutih berlebihan dapat mengikis lapisan email gigi serta membawa efek negatif pada kesehatan gigi anda. Baca dulu komposisi dari setiap pasta gigi yang akan anda gunakan.
  • Memperbanyak makan makanan berkalsium, seperti keju dan makanan lainnya yang juga mengandung kalsium. 
  • Sering-seringlah berkumur dengan pembersih gigi atau obat kumur. Ada banyak variasi obat kumur gigi yang bisa anda pilih. Mulai dari yang memberi sensasi segar sampai sensasi pedas. Selain bisa membersihkan kotoran pada gigi dengan cepat, obat kumur ini bisa memberikan rasa segar pada nafas anda.
  • Hindari merokok karena dapat membuat gigi anda kuning. Asap yang dihasilkan pada saat pembakaran tembakau rokok dapat menyebabkan gigi kuning. Entah saya juga kurang tahu alasan secara medisnya.
  • Menggosok gigi dengan kulit jeruk lemon. Cara satu ini bisa anda coba dalam usaha memutihkan gigi anda. Ambil kuli jeruk lemon secukupnya, kemudian gosokkan pada seluruh bagian gigi secara merata. Diamkan sekitar beberapa menit dan cuci bersih dengan air.
  • Ngengas atau nyirih oleh kakek nenek kita dulu ternyata bisa juga membuat gigi putih dan kuat. Walaupun kelihatannya jorok, ternyata nyirih (kunyahan dari daun sirih, biji pinang dan kapur sirih). Tidak percaya, buktikan sendiri.
  • Periksakan gigi anda ke dokter gigi secara rutin. Tips satu ini tentunya jika anda mempunyai dana yang cukup untuk melakukan perawatan gigi secara rutin. Apalagi jika anggota keluarga anda cukup banyak, tentunya akan sedikit kualahan untuk menyediakan biaya perawatan. Selain cara ini, anda masih bisa mencoba cara-cara yang lain.
  • Bleaching di klinik-klinik kesehatan gigi. Cara bleaching dikenal bisa memutihkan gigi dengan cepat. Tapi saya kurang tahu pasti informasi tentang ini. Jadi jika anda ingin mencobanya, anda harus mempelajari terlebih dahulu apa saja tentang bleaching ini. Pelajari tata cara pelaksanaan, biaya, resiko kegagalan dan efek jangka panjang. Putuskanlah sesuatu hal dengan bijak.

Saya rasa cukup sekian tips-tips dari saya untuk menjaga gigi agar tetap putih, bersih dan sehat. Jika gigi anda putih dan bersih, maka akan menambah kepercayaan diri anda. Anda bisa tersenyum lebar sebagai tanda gigi anda tidak bermasalah. Apalagi kalau gigi anda adalah gigi yang rata dan tersusun dengan rapi.

Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Cara Merawat Gigi Agar Tetap Putih ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Komentar Menggunakan Akun Facebook :