Bagaimana Merawat Gigi Supaya Tidak Berlubang

Setiap orang punya cara sendiri dalam merawat gigi agar tidak cepat berlubang sehingga dapat mengakibatkan sakit gigi bahkan dapat membuat gigi ompong. Ya kalau sudah tua hal itu tidak masalah, tapi untuk kita yang masih muda pasti akan menjadi terganggu. Mempunyai gigi yang ompong di masa muda ternyata dapat mengurangi rasa percaya diri. Kemudian orang yang mempunyai gigi yang tidak utuh lagi kelihatan seperti sudah tua.

Sejak kecil kita diajarkan oleh orang tua untuk selalu sikat gigi pada saat kita mandi. Ini berguna untuk membersihkan kotoran-kotoran yang berasal dari makanan yang kita makan. Sikat gigi yang tidak rutin juga dapat membuat nafas kita berbau tidak sedap. Makanya dulu sewaktu sekolah, saya tidak pede untuk berbicara dengan teman dalam jarak dekat jika pagi harinya tidak sikat gigi.

Merawat gigi tidak kalah penting dengan merawat wajah anda. Apa gunanya wajah anda cantik, mulus, putih, segar dan tanpa jerawat tetapi gigi anda ompong (..wkwkkk..wkk). 

Apakah makanan yang mengandung gula mengakibatkan gigi mudah berlubang ?. Jawaban saya adalah iya. Mengapa begitu, sesuai informasi yang pernah saya dengar katanya "asam yang dihasilkan oleh fermentasi gula, sensitif dengan kandungan mineral pada gigi". Tapi jika anda perlu referensi yang lebih akurat dan mendetail, anda bisa mencari sumber-sumber yang menjelaskan penelitian tentang gigi ini.

Makanya gigi pada anak-anak yang suka makan permen cepat berlubang. Sewaktu kita kecil, kita dilarang oleh orang tua untuk memakan permen terlalu banyak. Karena permen itu bahannya sebagaian besar terbuat dari gula. Dengan rasa yang manis, bentuk dan warna yang menarik sering sekali membuat anak-anak tidak mampu menahan diri untuk membelinya. Kita sebagai orang tua harus bisa bertindak bijak, kita lebih tahu apa yang terbaik buat anak kita.

Efek yang pertama kita rasakan pada saat gigi mulai berlubang adalah rasa sakit yang sangat menyiksa. Sakit gigi ini bisa membuat kita demam dan tidak bisa makan karena terjadi pembengkakan pada gusi. Disentuh sedikit saja gusi terasa sakit dan nyeri, apalagi harus berbenturan dengan makanan pada waktu makan. 

Jadi, apa tips merawat gigi agar tidak berlubang. Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut dalam upaya mencegah gigi anda berlubang. Tetapi saya juga tida tahu pasti tingkat keberhasilannya, karena saya bukan dokter. Ini hanya upaya saya membagi-bagikan informasi mengenai tips kesehatan yang mungkin berguna bagi siapa saja yang membaca. Silahkan baca di bawah ini :
  • Bersihkan gigi anda secara rutin yaitu pagi, siang, sore dan sebelum tidur. Ini berguna untuk menyingkirkan kotoran-kotoran yang menempel pada gigi. Semakin cepat kita menyingkirkan kotoran tersebut dari gigi, maka resiko terjadinya gigi berlubang semakin kecil. Dalam menggosok gigi, gunakan pasta gigi yang sudah anda ketahui terlebih dahulu komposisinya.
  • Makan makanan yang seimbang. Gula bukannya hanya pada makanan permen atau coklat, tetapi juga ada pada makanan yang berkarbohidrat seperti nasi, jagung dan mie. Makanya, makanlah dengan porsi yang seimbang dan kalau bisa usahakan memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan.
  • Perbanyak minum. Selain bisa menyehatkan tubuh, cara ini juga dapat membantu gigi anda supaya tidak cepat berlubang. Secara logika, pada saat kita minum artinya gigi kita akan terbasuh oleh air. Semakin sering kita minum maka akan semakin bagus.
  • Periksalah gigi anda ke dokter gigi (jika keuangan anda memungkinkan). Saya menganggap pengobatan atau perawatan terkait gigi tidaklah murah. Dan jika anda punya kondisi yang pas-pasan, maka dengan tips-tips yang lain saya kira sudah cukup membantu.
  • Tamballah gigi yang baru berlubang. Lubang kecil baru pada gigi hendaknya segera anda tambal. Karena jika dibiarkan akan membesar. Jika lubangnya sudah sangat besar, maka gigi anda bisa hancur dan hanya tinggal akarnya
Saya rasa ke 5 (lima) tips di atas sudah cukup sebagai tips perawatan gigi untuk anda dan kita semua. Saya yakin hampir semua cara di atas sudah biasa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi siapa tahu artikel ini dibaca oleh teman-teman kita yang sedikit malas untuk gosok gigi. Mudah-mudahan bisa jadi peringatan sehingga akan berujung pada tangisan karena sakit gigi. 

Contoh gambar gigi geraham yang berlubang. Anda bisa mencari gambar-gambar yang kondisi giginya berlubang. Kebanyakan lubang terdapat pada gigi geraham. Melihat kondisi gigi seperti itu tidak nyaman dan sedikit menjijikkan. Jadi teman jangan sungkan untuk sedikit peduli pada gigi anda.

Dari pengalaman pribadi sendiri bawa asap rokok juga bisa mengurangi kekuatan gigi sehingga gigi mudah patah atau retak.

Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Bagaimana Merawat Gigi Supaya Tidak Berlubang ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

5 comments:

gejala herpes said...

makasih banyak ya gan buat infonya

penyebab luka bakar said...

salam kenal ya gan....

Saraf Mata said...

Ternyata cukup sederhana juga nih tipsnya....

Menurunkan Kolesterol said...

Informasinya sangat berguna nih salam kenal gan..

Macam-macam Alergi said...

Sangat berguna nih ilmunya salam kenal gan moga sukses trus...

Komentar Menggunakan Akun Facebook :