ilokasi

Cara Merawat Gigi Berbehel

Bagaimana Cara Merawat Gigi Berbehel. Setelah sebelumnya saya telah memberikan tips mengenai cara merawat gigi agar tetap putih dengan beberapa cara, dari yang lumrah sampai penggunaan bahan alami. Melihat banyaknya sekarang orang-orang yang menggunakan kawat gigi (behel gigi) sekarang ini, maka saya akan coba berbagi tips tentang cara perawatan kawat gigi tersebut. Tidak hanya orang dewasa yang memakai tetapi juga mulai dari anak-anak dan remaja.

Bila awalnya behel difungsikan untuk meratakan gigi yang amburadul, tetapi sekarang sudah beralih sebagai gaya hidup dan trend masa kini. Makanya jangan heran jika banyak remaja yang memasang kawat gigi ini walaupun sebenarnya gigi mereka sudah rata. Bahkan sekarang sudah ada kawat gigi yang versi tiruan (imitasi). Dengan harga dan pemasangan yang cukup murah, wajar saja banyak yang tertarik untuk mencoba.

Jangan memasang kawat gigi imitasi dan tenaga ahli yang tidak kompeten. Maaf, bukannya saya mau menggurui anda. Tetapi saya hanya coba mengingatkan anda sewajarnya. Perlu anda ingat bahwa pada jaman seperti sekarang ini, apapun akan dilakukan orang untuk mendapatkan uang. Sudah banyak sekali contoh-contoh seperti ini di bidang lain (seperti : makanan yang dicampur dengan zat berbahaya). Saya juga heran, apakah ini memang sudah jamannya untuk tidak lagi memperdulikan baik dan buruk.

Walau gigi saya tidak rata, tapi saya tidak tertarik untuk pasang kawat gigi (behel). Banyak orang bilang bahwa pasang kawat gigi itu bisa tambah keren. Atau sebagai indikasi bahwa seseorang itu anak gaul dan sebagainya. Tetapi mungkin memang banyak juga yang benar-benar ingin memperbaiki susunan gigi yang tidak rata. Bagi saya pribadi, saya kurang begitu suka melihat orang yang giginya dipasang behel tersebut. Menurut saya orang tersebut kelihatan kurang enak, atau terlihat kotor pada bagian giginya. Sudah itu, saya tidak bisa membayangkan betapa repotnya harus ektra keras merawatny agar tetap bersih dan sehat.

Coba perhatikan gambar orang yang memasang behel pada gigi. Setelah melihat gambar tersebut, nanti coba bandingkan dengan orang yang mempunyai gigi tanpa kawat tetapi putih dan bersih. Kalau saya pilih yang tidak pakai kawat.

gigi berbehel
Gambar gigi berbehel

Bandingkan dengan gambar yang di bawah ini :

tidak pakai kawat gigi
Gigi tanpa behel

Saya rasa tidak mungkin anda pilih yang atas. Artinya dalam kondisi normal, lebih enak memandang orang yang tidak pakai behel dibanding yang pakai. Apalagi jika gigi orang tersebut bersih, sehat dan tidak berlubang.

Sekarang, apa tips merawat gigi berbehel. Agar gigi berbehel tetap bersih dan sehat, maka sebaiknya anda melakukan beberapa cara berikut sebagai upaya perawatan. Jangan malas karena akan merugikan anda sendiri. 
  • Sikat gigi secara rutin, apalagi setelah makan. Ini cara yang lumrah kita lakukan tetapi gunanya sangat penting. Yang tidak pakai behel saja harus rajin sikat gigi, apalagi yang pakai behel. Jika setelah makan anda tidak langsung membersihkan gigi, maka kotoran-kotoran sisa makanan akan terselip pada kawat gigi dan mendatangkan bakteri yang merugikan kesehatan gigi. 
  • Gunakan sikat gigi khusus. Anda bisa menanyakan ke apotek nama dari sikat khusus gigi berbehel ini, yang saya tahu yaitu bentuk sikatnya kecil dengan bulu yang halus.
  • Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter. Tips ini juga sudah umum. Tapi sekali lagi ini sangat penting dan mempunyai pengaruh yang besar dalam menentukan keberhasilan anda dalam pemasangan kawat gigi ini. Kenapa harus dokter ?, ya karena mereka ahlinya. Mereka sudah mempelajari ilmunya secara ilmiah dan pembuktian. Jadi jangan sembarangan anda memeriksakan perawatan ke sembarang orang. Walaupun dengan alasan biaya.
  • Perbanyak berkumur, lebih bagus dengan obat kumur khusus. Semakin sering kita berkumur maka akan semakin bagus. Artinya sisa-sisa makanan yang lengket pada gigi akan cepat di singkirkan. Gunakan obat kumur khusus yang bagus sehingga kesehatan gigi anda dapat terjaga.
  • Sering-seringlah makan buah-buahan yang mengandung vitamin C. Ini gunanya untuk menghindari sariawan yang mungkin terjadi diakibatkan goresan oleh kawat terhadap gusi. Kalau bisa sediakan obat sariawan khusus seperti albothyl, jadi anda tidak tersiksa walaupun sariawan sering terjadi.
  • Jangan makan makanan yang terlalu keras. Ingat bahwa, makanan yang keras dapat membahayakan posisi kawat gigi anda. Pada saat anda mengunyah makanan yang sangat keras, kawat gigi anda bisa terbentur oleh makanan. Akibatnya kawat terlepas dan mengakibatkan luka.
Sekarang tergantung anda masing-masing. Apakah harus perduli atau tidak dengan gigi anda sendiri. Jika anda peduli, maka lakukanlah tips perawatan di atas dengan rutin pada gigi berbehel anda. Sayang nanti, biaya sudah besar dikeluarkan pada waktu pemasangan, malah menimbulkan luka pada bagian gusi atau kerusakan b pada gigi anda.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Cara Merawat Gigi Berbehel ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :