Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rontok dan Berketombe

Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rontok dan Berketombe - Banyak cara yang dilakukan untuk merawat rambut agar tidak rusak, rontok dan berketombe oleh orang-orang pada umumnya, dari hal yang lumrah yaitu memakai shampoo setiap kali mandi atau juga yang melakukan creambath. Merawat rambut tidak kalah pentingnya seperti kita merawat wajah kita agar tidak berjerawat dan tetap bersih. Karena memilki rambut yang tidak sehat akan mengganggu kenyamanan dan dapat mengurangi rasa percaya diri. Jadi kalau anda sering lihat iklan shampoo, maka disitu sering kita lihat orang yang ketombean memakai baju hitam sehingga ketombe yang jatuh ke pakaiannya terlihat jelas. Rontok yang terjadi pada rambut juga terlihat jelas pada pakaian, tetapi pakaiannya warna putih.

Selain cara lumrah ada juga berbagai cara atau tips yang dilakukan untuk mengatasi masalah rambut rusak ini seperti cara perawatan alami. Nanti saya akan sebutkan beberapa tips tersebut. Ciri-ciri rambut tidak sehat biasanya gata-gatal, kering dan kusam serta mudah rontok. Banyak penyebab masalah rambut ini, ada yang kurang urus ada juga yang karena pemakaian obat-obatan yang mengandung zat kimia terhadap rambut, seperti pewarna rambut dan sebagainya.

Selain masalah rambut, hal yang penting lain yang perlu dirawat agar tetap sehat dan segar yaitu wajah. Silahkan baca artikel mengenai cara merawat wajah agar tetap awet muda. Wajah dan rambut sama-sama terletak pada bagian kepala, jadi sama-sama penting.

Sabun sebagai pengganti shampoo. Orang-orang yang sudah berkeluarga serta mempunyai anak sudah besar-besar umumnya tidak terlalu memperhatikan soal kesehatan rambut secara serius. Mereka biasanya memakai sabun mandi pada saat membersihkan rambut. Karena memang sabun juga bisa menghilangkan minyak pada rambut dan rasa gatal-gatal akibat kuman atau bakteri pada kulit kepala. Ya sabun juga mengandung zat kimia pembunuh kuman.

Apa penyebab rambut rontok. Yang umum ditemui yaitu penyebab faktor keturunan (genetic). Peyebab lain seperti tingkat stress, penuaan, penggunaan obat-obatan rambut yang mengandung zat kimia kurang bersahabat, atau juga obat-obatan penyakit lain seperti jantung, encok, radang sendi bisa juga mempengaruhi kesehatan rambut.

Jadi, apa saja tips merawat rambut agar tidak rontok dan ketombean (secara alami) ?

Cara merawat rambut supaya tidak mudah rontok.  Ada beberapa cara perawatan yang bisa membantu mengurangi atau menghilangkan masalah kerontokan pada rambut. Sumber ini saya rangkum dari artikel internet, jadi anda harus bijak dalam menentukan apa-apa saja yang cocok dilakukan sebagai usaha merawat rambut. Jika menurut anda bagus dan beralasan, apa salahnya mencoba. Berikut tips atau cara yang saya rangkum :
  1. Biasakan untuk menggunakan obat-obatan alami yang tidak memiliki efek samping. Memang biasanya efek dari obat alami lebih lama dibanding obat kimia. Atau bisa juga anda menggunakan shampoo yang anca percayai secara rutin dan teratur. 
  2. Lakukan keramas dan creambath dengan menggunakan produk yang baik secara teratur. Mungkin jika harus membuat racikan bahan alami setiap kali mau mandi akan merepotkan anda.
  3. Hindarilah stress berlebihan.
  4. Cara mudah dan sederhana bisa anda lakukan secara rutin sebagai perawatan rambut rontok yaitu dengan mengoleskan daging bagian dalam dari lidah buaya ke seluruh bagian rambut anda. Diamkan beberapa menit, kemudian cuci dan bilas dengan air. Lakukan secara teratur.
  5. Cara perawatan alami lainnya yaitu dengan urang-aring. Cuci bersih urang-aring secukupnya kemudian remas-remas dengan air. Kemudian air perasan ini anda gunakan untuk keramas. Lakukan secara rutin.
Tips atau Cara merambut rambut agar tidak ketombean. Mungkin untuk pencegahan supaya tidak berketombe sama dengan pencegahan supaya tidak rusak secara umum. Seperti penggunaan obat-obatan rambut yang baik dan tidak mengandung zat kimia berbahaya, keramas dan creambath menggunakan produk terpercaya secara teratur. Tapi ada beberapa cara yang unik dan bisa dikatakan alami untuk mengatasi rambut berketombe yang saya rangkum dari internet. Jika anda menurut anda cocok untuk dilakukan, maka boleh anda coba di rumah. Berikut tipsnya :
  • Cuci rambut anda dengan perasan air jeruk nipis. Ambil dua buah jeruk nipis kemudian belah dan peras airnya. Anda usapkan air perasan tersebut keseluruh bagian rambut sambil memijat-mijat secara lembut pada kulit kepala.
  • Gosok kulit kepala anda dengan garam meja secukupnya. Awas jangan terlalu kuat karena akan menyebabkan lecet pada kulit kepala dan menyebabkan pedih. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih.
  • Gunakan campuran cuka putih dengan air (kurang lebih masing-masing takaran 1 gelas). Usapkan air campuran ini ke seluruh bagian kulit kepala. Lakukan setelah keramas.
Anda bisa melihat contoh gambar rambut rontok dan rambut berketombe di bawah ini.

rambut rontok
Gambar Rambut Rontok




rambut berketombe
Gambar Rambut Ketombean

Membicarakan tentang tips kesehatan sangat banyak ulasannya serta tidak akan ada habisnya. Karena bagi siapapun tua, muda, miskin, kaya, pria dan wanita bahwa kesehatan itu sangat penting. Untuk apa banyak uang jika badan anda sakit.

Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rontok dan Berketombe ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Komentar Menggunakan Akun Facebook :