Cara Merawat Rambut Agar Tidak Rusak

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam merawat rambut agar tidak mudah rusak yaitu dengan melakukan keramas secara teratur. Sesuai juga dengan tips merawat rambut agar tidak rontok dan berketombe, tentunya tips-tips tersebut saling berkaitan. Itu mungkin cara yang umum yang dilakukan dalam perawatan rambut, tapi harus anda lakukan secara rutin dan teratur. Siapa yang tidak ingin punya rambut sehat dan tidak rusak. Banyak orang rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit dalam menjaga agar rambutnya tetap bagus. Contohnya kita sering lihat banyak orang-orang kaya yang suka ke salon khususnya ibu-ibu.

Ada berbagai masalah rambut yang dapat mengganggu kita contohnya ketombe, rambut rontok, bercabang dan rambut rusak. Yang pasti semua masalah tersebut dapat mengurangi rasa percaya diri kita. Khususnya para wanita yang punya rambut panjang harus melakukan perawatan ekstra. Agar bisa terhindari dari masalah-masalah rambut tersebut.

Dari pengamatan saya selama ini, ada dua macam cara orang dalam mengatasi rambut agar tidak rusak. Yaitu yang pertama dengan pergi ke salon secara rutin. Yang kedua menggunakan tumbuhan-tumbuhan sebagai alternatif pengobatan secara alami. Tumbuhan yang paling dikenal baik untuk kesehatan rambut adalah lidah buaya. Mencari tumbuhan lidah buaya tidak terlalu susah, anda bisa menemukannya di rumah-rumah tetangga. Karena tanaman ini sering dijadikan tenaman hias.

Memang masalah perawatan kesehatan tubuh tidak akan ada habis-habisnya kita bicarakan. Banyak bagian tubuh yang harus kita rawat dengan baik. Contoh lain selain rambut adalah perawatan wajah. Hanya saja ada yang bisa merawat dengan ekstra, tapi ada juga yang biasa-biasa saja.

Contoh gambar rambut kering dan rusak. Anda bisa melihat contoh gambar di bawah yang rambutnya rusak dan kering sehingga tidak enak untuk dilihat. Ada tingkatan kerusakan pada rambut, mungkin di bawah ini adalah tingkatan yang sudah parah.

rambut rusak dan kering
Gambar rambut rusak

Jadi, apa saja tips merawat rambut supaya tidak kering dan rusak. Yang perlu diperhatikan yaitu konsistensi anda dalam menjalankan perawatan. Ada pepatah "hangat-hangat tahi ayam", mungkin itu sebutan untuk orang-orang yang hanya semangat di awal. Tetapi nanti lama-lama sudah tidak bersemangat lagi dalam merawat rambut. Berikut ini tips-tipsnya :
  • Lakukan keramas secara teratur. Cara ini wajib anda lakukan. Untuk apa kalau rambut anda hanya sehat sebentar tetapi nanti sudah tidak terurus lagi. Usahakan untuk selalu keramas setiap kali anda mandi. 
  • Gunakan shampoo yang cocok untuk rambut anda. Sebelum menggunakan shampo secara rutin, anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang produk yang anda pakai tersebut. Perhatikan komposisi atau bahan dari shampoo, karena shampoo yang banyak mengandung zat kimia akan cepat menyebabkan rusak pada rambut. Jangan keramas dengan sabun mandi karena akan menyebabkan rambut kering.
  • Jangan mencatok rambut pada saat rambut basah. Mencatok rambut dapat menyebabkan kerusakan pada rambut, makanya anda harus bisa melakukan dengan benar. Kalau bisa jangan mencatok rambut terlalu sering. Keringkan rambut terlebih dahulu sebelum mencatok, kemudian gunakan cream pelindung rambut yang bisa anda dapatkan di toko-toko perlengkapan kecantikan.
  • Jangan terlalu sering menguncir rambut. Menguncir rambut memang tidak terlalu berpengaruh secara significan. Tetapi jika terlalu sering anda lakukan, maka akan ikut memberikan dampak yang buruk dalam kerusakan rambut.
  • Konsumsi makanan yang bernutrisi seimbang. Selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga berpengaruh. Dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang maka pertumbuhan rambut akan subur dan sehat.
  • Sesekali gunakan vitamin rambut. Untuk tips yang satu ini hendaknya anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Kira-kira vitamin apa saja yang cocok untuk rambut anda.
Saya rasa cukup sekian tips-tips atau cara merawat rambut agar tidak rusak, menghindari rambut kering dari saya, semoga bisa bermanfaat untuk anda. Semua informasi mengenai perawatan rambut tersebut saya rangkum dari internet. Tingkat keberhasilannya tidak bisa saya pastikan, karena bukan saya yang merumuskan. Tapi anda bisa coba jika menurut anda bagus dan cocok diterapkan.

Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Cara Merawat Rambut Agar Tidak Rusak ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Komentar Menggunakan Akun Facebook :