Cara Merawat Wajah Agar Tetap Awet Muda

Banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang jaman sekarang dalam merawat wajah agar tetap awet muda seperti memakai pemutih wajah, masker wajah, konsumsi vitamin e, senam wajah dan lain sebagainya. Wajah yang awet muda dan tubuh yang sehat adalah dambaan semua orang. Untuk apa banyak uang jika tidak menikmatinya karena sakit. Oleh karena itu wajah awet muda itu berhubungan erat dengan kondisi kesehatan tubuh. Jika banyak penyakit berat yang diderita, maka biasanya komplikasinya berdampak pada semua organ tubuh. Makanya anda harus pandai-pandai dalam hal merawat kesehatan tubuh agar tidak terjadi komplikasi penyakit.

Mulailah belajar hidup sehat dengan mengatur pola makan, pola istirahat dan pola kerja anda. Biasanya jika kita seorang muslim biasanya ada pertanda yang berhubungan dengan sholat 5 waktu. Seperti bangun tidur lebih awal (jam pada waktu sholat subuh), istirahat kerja menjelang sholat asar, dan istirahat tidur setelah sholat isya. Pola tidur sangat menentukan sekali terhadap kebugaran tubuh anda. Tidur yang terlalu dalam akan merugikan, dan berdampak buruk bagi kesehatan (walaupun saya pribadi masih sering tidur malam). Tidur larut malam membuat tubuh kita lesu dan tidak bersemangat untuk bekerja keesokan harinya, selain itu juga akan mendatangkan penyakit (dengar-dengar penyakit liver juga karena dipengaruhi oleh tidur yang larut malam). Wajah juga akan terlihat muram dan tidak segar.

Memang tidak ada yang bisa mencegah kerusakan sel kulit tubuh karena penuaan, tapi setidaknya dengan menerapkan pola hidup yang normal dan seimbang akan membuat tubuh yang bugar dan akan berdampak pada sinar muka anda. Yang pasti menurut saya pribadi penyakit penuaan itu tidak bisa terelakkan oleh mahkluk hidup yang ada di muka bumi ini, karena itu sudah ketentuan Ilahi. Alat elektronik buatan manusia juga mempunyai masa. Tapi tidak ada salahnya kita menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar terlihat awet muda.

Jadi apa saja tips merawat wajah agar awet muda ?

1. Jagalah pola tidur. Tidurlah sesuai dengan jadwal yang tepat. Usahakan kita tidur paling lambat jam 9 malam, dan bangun pagi jam 5 subuh. Ini gunanya agar kondisi anda prima pada saat melaksanakan pekerjaan. Jika anda tidur terlalu larut, maka wajah anda akan terlihat kusam dan layu, mata anda terlihat lesu dan cekung. Semangat kerja anda juga tidak akan maksimal. Bangun pagi supaya, anda bisa terpengaruh oleh suasana udara segar pagi hari. Jadi suasana hati anda akan ikutan fresh. Pola tidur yang tepat tentu mempunyai pengaruh yang besar agar wajah tetap terlihat awet muda, karena ini akan mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Olah raga yang cukup. Ini tidak kalah pentingnya dalam menentukan keberhasilan anda dalam merawat wajah agar tetap muda. Kenapa seperti itu ? karena kondisi tubuh yang sehat dan bugar akan mempengaruhi kondisi organ lainnya seperti wajah. Alasan selajutnya yaitu dengan berolah raga maka anda akan terhindar dari penyakit. Dalam olah raga emosi anda akan tersalurkan secara positif ini membantu menciptakan kondisi wajah yang sehat.

3. Hindari stress. Stress yang berlebihan akan membuat penuaan lebih cepat, kalau tidak percaya anda bisa mencari contoh orang yang sama dalam lingkungan anda. Orang stress biasanya dahinya mengkerut, rambutnya rontok dan air mukanya tidak berseri. Cobalah memikirkan sesuatu sesuai porsi dan batas yang sesuai. Jangan membuat masalah kecil menjadi besar. Atau mendramatisir keadaan yang sebenarnya masih bisa diatasi dengan normal. Hadapi setiap masalah dengan niat baik dan pikiran yang tenang, jangan lari dari masalah karena bukannya masalahnya hilang melainkan akan menyebabkan masalah akan berlama-lama membebani pikiran anda. Makanya orang sering senyum dan tertawa (sewajarnya) akan terlihat lebih awet muda.

4. Makan makanan yang sehat dengan porsi yang seimbang. Jangan sampai kelebihan makan berlemak membuat tubuh anda kelewat gemuk dan rawan penyakit. Atau kekurangan makanan yang baik juga akan membuat tubuh anda seperti tidak segar. Perbanyak makan makanan alami seperti buah dan sayur, karena pada yang demikian itu banyak terdapat zat-zat yang berguna bagi tubuh kita yang kita sendiri sebagai manusia tidak mampu mengungkapnya secara keseluruhan.

5. Gunakan produk kecantikan yang tidak mengandung zat-zat kimia berbahaya. Dalam memakai produk kecantikan seperti bedak atau cream pemutih, anda harus membaca terlebih dahulu komposisi dan efek samping yang dapat ditimbulkan oleh produk tersebut. Jangan terlalu sering membebani wajah anda dengan porduk-produk yang ber-zat kimia kurang baik untuk kulit. Jangan harap mau punya wajah awet muda jika suka mencoba produk-produk kecantikan secara tidak bijak serta tidak mempelajari terlebih dahulu spesifikasi dari setiap produk. Jika nenek moyang kita dulu lebih suka minum jamu yang merupakan obat tradisional yang terbuat dari tumbuhan-tumbuhan seperti kunyit, jahe, dan tumbuhan obat lainnya.

6. Bila anda melakukan perkerjaan diluar, anda bisa melindungi wajah anda dengan cream pelindung dari cahaya matahari. Ini berguna supaya kulit wajah tidak cepat rusak akibat sinar UV (ulttraviolet) yang dibawa oleh sinar matahari.

7. Melakukan senam wajah seiring mau beristirahat. Pijat-pijat bagian wajah dari mulai dahi, alis mata, hidung, pipi dan dagu anda secara lembut dan teratur. Ini berfungsi agar otot-otot wajah anda tidak tegang.

8. Biasakan membasuh muka dengan air hangat sebelum tidur atau pada saat wajah kotor. Menjelang tidur sebaiknya wajah anda dibasuh dengan air hangat untuk membuka pori-pori wajah agar bisa bernafas. Kemudian bisa anda lanjutkan dengan pemijatan. Atau setelah anda melakukan kegiatan yang membuat wajah anda kotor dan berminyak, maka setelah anda basuh dengan pembersih wajah selanjutnya basuh dengan air hangat. Sehingga sel-sel pada kulit wajah akan fresh kembali.

Salah satu hal juga harus anda ketahui yaitu anda boleh percaya atau tidak, saya berpendapat bahwa orang yang posturnya lebih kecil akan terlihat lebih muda dibanding dengan yang postur tubuhnya lebih besar. Apa alasannya silahkan anda cari sendiri. Baca juga artikel tentang tumbuhan obat tradisional dan khasiatnya.

Itulah penjelasan singkat saya mengenai tips atau cara merawat muka agar tetap awet muda dan semoga bermanfaat bagi anda. Kalau saya sendiri tidak terlalu memikirkan untuk bisa awet muda, jadi ke 8 tips di atas tidak sepenuhnya bisa saya terapkan. 



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Cara Merawat Wajah Agar Tetap Awet Muda ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :