ilokasi

Cara Merawat Wajah Agar Tidak Mudah Berjerawat

Ada banyak cara yang dilakukan oleh kaum remaja untuk merawat wajah agar tidak mudah berjerawat seperti mengoleskan produk kecantikan anti jerawat, mencuci muka dengan facial serta penggunaan produk dari bahan alami. Memang jerawat biasanya akan tumbuh subur pada wajah anak-anak muda dan usia remaja. Sewaktu remaja saya juga termasuk orang yang banyak jerawat. Tapi anda jangan terlalu khawatir karena banyak tips atau cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tumbuhnya jerawat ini.

Kulit wajah yang banyak jerawat akan mengurangi rasa percaya diri. Apalagi bentuk wajah yang kurang menarik ditambah dengan totol-totol hitam bekas jerawat jelas akan membuat seseoarang minder (malu). Jika ketemu dengan teman yang usil, maka ia akan sering mengerjai kita didepan teman-teman lain. Tapi jangan sampai putus asa, karena tips-tips dalam merawat kesehatan wajah dapat anda temui banyak di internet. Walaupun harus anda pilah-pilah dahulu mana yang bagus dan masuk akal untuk dicoba.

Tumbuhnya jerawat pada usia muda kadang tidak bisa terhindarkan. Kalaupun ada yang tidak terkena oleh gejala ini mungkin hanya sedikit. Bahkan akibat pengaruh keturunan ada juga orang yang mempunyai jerawat besar-besar dan subur. Yang tidak mengenakkan biasanya bekas dari jerawat ini akan membentuk lubang-lubang pada muka.

Apa sebenarnya penyebab kulit muka berjerawat. Menurut pengalaman saya pribadi yaitu karena malas cuci muka dan tidur terlalu larut malam. Seingat saya dulu waktu sma dan kuliah jika saya tidur larut malam (begadang) dan wktu tidur tidak membersihkan wajah maka bisa dipastikan beberapa jerawat ukuran besar akan timbul. Jika sudah timbul jadinya serba salah, mau dipecahkan takut teradapat bekas luka dan membuat jerawat akan tumbuh pada bgian wajah lainnya. Tapi jika tidak dipecahkan jadinya tidak pede dengan jerawat yang besar-besar di muka. Dari hasil googling ditambah pendapat saya pribadi maka penyebab tumbuhnya jerawat adalah sebagai berikut :
  • Penyebab faktor keturunan (genetik). Percaya atau tidak faktor ini akan mempengaruhi seseorang akan peluang tumbuhnya jerawat. Coba anda perhatikan, biasanya orang tua yang berjerawat juga akan turun ada anaknya. Walaupun memang itu semua tergantung usaha masing-masing untuk mencegahnya.
  • Wajah yang jarang dibersihkan. Jika wajah anda sedang kotor akibat debu jalanan, asap kendaraan dan kotoran-kotoran wajah lainnya, maka anda wajib untuk membersihkan wajah anda. Jangan sekali-kali pada kondisi ini anda langsung istirahat dan tidur. Karena secara pengalaman pribadi, jerawat akan benar-benar tumbuh. Tapi pada orang-orang usia dewasa biasanya tidak terlalu berpengaruh.
  • Tidur terlalu larut malam. Jika anda orang yang tidak suka berjerawat, maka jangan biasakan tidur hingga larut malam. Secara medis saya tidak bisa menjelakan, tetapi ini saya yakin sangat beralasan. Tidurlah sesuai jadwal yaitu setelah sholat isya (yang muslim) atau kisaran jam setengah sembilan malam.
  • Tingkat stress. Ini ada hubungannya dengan emosi anda. Boleh percaya atau tidak banyak orang bilang jerawat juga diakibatkan oleh cinta yang tidak terungkapkan wkwkkk..kk.. (alay : mode on). Yang pasti hindari stress karena akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bagaimana supaya tidak stress ? jadilah pribadi yang selalu bersyukur, jangan banyak angan-angan serta perbanyak ibadah mendekatkan diri kepaa Sang Khalik supaya jiwa anda tenang.
  • Hormon yang tidak seimbang. Gejala ini biasanya ditandai bertambahnya kelenjar minyak pada muka.
Jadi, apa tips merawat muka agar tidak berjerawat (secara alami). Secara logika tentunya bisa kita tarik dari alasan-alasan yang menyebabkan timbulnya jerawat ini. Jadi dengan tau penyebabnya kita bisa melakukan pencegahan. Mungkin banyak sekali variasi dalam usaha merawat bagian tubuh yang penting satu ini. Tapi saya akan coba memberikan tips-tips yang saya simpulkan dari beberapa artikel di internet. Anda boleh mencoba jika menurut pemikiran anda cocok dan masuk akal. Berikut cara-caranya :
  1. Bersihkan kulit muka anda secara teratur. Apalagi pada saat sedang kotor akibat debu dan asap kendaraan, maka anda wajib membersihkan dengan air. Lebih bagus lagi bersihkan dengan air hangat supaya pori-pori muka mudah terbuka. Pori-pori kulit yang terbuka dapat membantu menyingkirkan kotoran dengan mudah. Anda boleh membersihkan muka anda dengan facial produk kecantikan. Tapi ingat anda harus bijak dalam memakainya, baca terlebih dahulu komposisi dan efek samping produk yang bersangkutan. Kalau bisa gunakan produk yang sudah terpercaya.
  2. Tidurlah pada jam-jam yang sudah ditentukan. Jika anda tidak percaya dengan tips satu ini, anda boleh mencobanya. Cobalah anda tidur di atas jam 12 malam, maka jerawat anda akan muncul dan menganggu aktivitas anda (untuk seumuran remaja). Usahakan tidur sebelum jam sembilan malam. Karena efek positifnya banyak sekali bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu karena kurang tidur, kondisi wajah anda akan lusuh dan tidak segar maka jauh dari kesan awet muda.
  3. Jangan terlalu stress. Ini sudah saya jelaskan pada bagian penyebab tumbuhnya jerawat. Menghindari stress dapat membantu anda dalam mencegah jerawat. Jadi wajah anda akan tetap terawat tanpa jerawat.
  4. Membersihkan wajah dengan bahan alami seperti jeruk nipis. Khasiat buah satu ini memang sangat banyak dan terkenal. Bagian bersih membersih ia jagoannya. Dari piring sampai muka ente, buah ini bisa bersihkan..(haha..ha..ha). Kandungan vitamin c pada jeruk bagus untuk memperlancar proses penggantian sel kulit mati (regenerasi sel). Kemudian zat yang terkandung dalam jeruk ini dapat mudah menyingkirkan kotoran-kotoran yang melekat kuat pada kulit wajah (seperti minyak).
  5. Masker wajah dengan bahan alami seperti alpukat (avocado). Ambil daging alpukat secukupnya, kemudian tempelkan pada wajah yang sudah dicuci bersih. Diamkan selama kurang lebih satu jam. Terakhir bilas dan bersihkan wajah serta lihat hasilnya. Lakukan secara teratur dan rutin.
Sebenarnya masih banyak tips-tips perawatan wajah agar tidak berjerawat lainnya. Ini tentunya dalam hal mencegah timbulnya jerawat pada muka. Tapi saya hanya bisa memberikan anda 5 tips tersebut yang saya anggap cukup penting. Asal mau mencari dan membaca, sekarang ini mau masalah apa saja mudah ditemukan solusinya. Ini karena semakin banyak sumber informasi seperti buku-buku, televisi sampai media internet.

Anda mungkin mau lihat gambar kondisi orang yang berjerawat.

orang yang berjerawat
Gambar orang yang berjerawat

Bagian kepala yang penting selain wajah yaitu rambut. Saya yakin anda juga tidak akan percaya diri apabila rambut anda bermasalah. Apalagi terkadang memaksa anda untuk menggaruk-garuk kepala yang gatal di hadapan orang ramai. Untuk dapat ilmunya baca artikel saya tentang merawat rambut supaya tidak mudah rontok dan berketombe.

Cukup sekian info dari saya tentang cara merawat wajah agar tidak mudah berjerawat yang saya analisa dari berbagai sumber. Anda boleh saja mencoba tips-tips tersebut jika anda merasa bahwa cara tersebut cukup akal untuk dilakukan. Usaha itu perlu untuk mengubah keadaan, apalagi dalam hal usaha merawat wajah.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Cara Merawat Wajah Agar Tidak Mudah Berjerawat ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :