ilokasi

Cara Setting 3G Modem O2 Operator Telkomsel, XL, IM3, Axis, Three dan Indosat

Saya akan menjelaskan langkah-langkah setting 3g modem o2 untuk semua operator seperti telkomsel, xl, indosat, im3, axis dan three. Koneksi internet sangat kita butuhkan pada zaman sekarang ini. Beragam informasi dapat kita peroleh dari internet. Bahkan saya sendiri merasa internet dapat menjawab semua pertanyaan yang kita ajukan. Tapi, agar komputer atau laptop anda bisa terhubung dengan internet maka harus menggunakan alat tambahan yang disebut modem. Kegunaan tipe koneksi 3G ini adalah supaya koneksi internet atau lalu linta data menjadi cepat. Tapi tentunya layanan 3g harus didukung oleh paket unlimited operator seluler yang anda gunakan.

Ada berbagai macam merek modem yang ada saat ini. Saya sendiri sudah dua kali ganti modem. Pertama saya menggunakan modem sierra AT & T yang kedua saya pakai modem O2. Tidak ada pengaruh sihnifikan dalam penggunaan modem. Yang paling menentukan speed internet connection adalah operator seluler yang digunakan. Setiap operator mempunnyai tarif dan harga yang berbeda dalam jasa internet unlimited. Selain itu juga bebeda dalam penentuan maksimal quota pemakaian dan speed koneksi.

Yang menyedihkan jika tidak ada sinyal 3g di daerah sekitar rumah anda. Jika kartu yang anda gunakan dari operator yang sinyal 3g-nya belum ada, maka jangan harap anda akan mulus berinternet. Koneksi internet yang tidak menggunakan jaringan data 3g maka akan sangat lambat sekali. Mungkin anda akan meninggalkan laptop anda sebelum 5 menit, karena untuk membuka satu halaman website saja harus menuggu begitu lama. Ini sesuai pengalaman pribadi saya sendiri, saya pernah mencoba koneksi dengan jaringan gsm dan edge (karena 3g tidak ada) hasilnya untuk beberapa hari saya tidak bisa koneksi internet selama berada di daerah tersebut.

Anda harus mengetahui ketersediaan jaringan 3G operator seluler yang hendak anda gunakan untuk koneksi internet. Sebelum memilih operator telkomsel, xl, indosat, im3, axis dan three, maka pastikan bahwa jaringan 3g tersedia disekitar rumah anda. Walaupun quota besar dan harga murah, tetapi tanpa koneksi 3g anda tidak akan nyaman berinternet ria.

Tetapi bagi saya pribadi, untuk koneksi internet unlimited dengan jasa seluler ini belum memuaskan untuk kenyamanan berinternet. Karena untuk kecepatan yang lebih harus kita bayar agak mahal. Kalau saya pakai maksimal 100 ribu / bulan, jadi dapatnya koneksi internet yang pas-pasan.

Hampir semua modem yang ada sekarang mendukung fitur 3g dan mempunyai kecepatan maksimum 7,2 Mbps ke atas. Jadi sebenarnya penyebab lelet koneksi itu tipe jasa koneksi yang anda sedang gunakan. Apalagi kalau quota pemakain sudah habis, maka kecepatan akan diturunkan ke kecepatan minimal berkisar 64 Kbps (contoh : untuk salah satu operator). Itupun untuk yang menggunakan koneksi HSDPA, jika sinyal yang ada didaerah anda dibawah hsdpa seperti edge dan gsm maka akan menyesuaikan sendiri. Artinya koneksi akan lebih kecil lagi dari 64 Kbps. Coba bayangkan betapa lambatnya download file yang hanya ukuran kecil, bahkan untuk browsing halaman web saja cukup lama. Tapi walaupun begitu saya tetap memakai koneksi internet unlimited ini, maklum ada beberapa blog yang harus saya urus secaa rutin.

Adakah trik, tips atau cara untuk membuat koneksi internet dengan modem bisa lebih cepat. Sebenarnya penentu maksimum kecepatan itu sesuai operator masing-masing. Kita tidak bisa mngubahnya. Hanya saja ada setting 3g pada mobile partner (software modem o2) yang juga menentukan kecepatan koneksi. Yaitu setting pada bagian pemilihan tipe jaringan dan bandwidth. Berikut cara satting 3g nya :
  • Ini saya anggap mobile partner sudah terinstall dan pofile internetnya sudah dibuat
  • Pilih Tools pada menu bar
  • Pilih Options
  • Akan tampil empat tab pilihan yaitu : General, Text Message, Profile Management dan Network
  • Pilih Network
  • Akan tampil Network Type dan Band
  • Pada pilihan network type pilih WCDMA only
  • Pada pilihan Band pilih GSM900/GSM1800/WCDMA2100
  • Tekan Apply dan Ok
  • Lakukan koneksi
Apa fungsi setting 3g pada modem o2 di atas. Apakah dengan melakukan perubahan itu kita dapat mengubah kecepatan maksimal yang sudah dibatasi oleh operator seluler. Jawabnya tidak, kita tidak mengubah aturan yang sudah ditentukan. Kita hanya melakukan optimasi pada modem kita. Maksud setting tersebut kira-kira seperti ini, kita mengkondisikan modem kita untuk tetap menahan koneksi dengan jaringan 3g secara konstan. Sehingga fluktuasi lemah dan kuatnya sinyal tidak mempengaruhi koneksi internet kita.

Jika tidak disetting untuk tetap menahan pada jaringan 3g, pada saat sinyal 3g nya sedikit lemah maka koneksi akan dialihkan secara otomatis kejaringan edge yang sinyalnya lebih kuat. Kalau tidak salah seperti itu. Jika anda penjelasan lain yang berbeda saya juga kurang tahu. Berpindahnya koneksi dari 3G ke edge (2G) akan memperlambat koneksi internet anda.

Cara setting 3g modem O2 pada semua operator seperti Telkomsel, XL, IM3, Axis, Three dan Indosat adalah sama. Tidak ada perbedaan setting 3g untuk setiap operator. Jadi pengaturan 3g tetap sama pada semua jenis operator. Untuk membantu anda supaya lebih cepat mengerti, saya tambahkan petunjuk dengan gambar.

cara setting modem 3g
Cara setting 3g modem O2 Operator Telkomsel, XL, IM3, Axis, Three dan Indosat

setting 3g pada modem o2
langkah ke-2 setting 3g modem  O2 Operator Telkomsel, XL, IM3, Axis, Three dan Indosat

Pada artikel cara setting modem menjadi 3G ini saya anggap anda sudah melakukan install mobile partner di pc anda. Dan juga anda sudah melakukan pengisian profile internet pada jenis operator anda. Tetang penginstallan modem dan porfile internet, saya akan bahas pada artikel lainnya.

Jadi, apa operator yang paling bagus untuk koneksi internet.  Di Palembang, sesuai dengan info yang saya dengar katanya yang paling bagus itu smartfren. Operator smartfren murah dan koneksinya cepat, itu kata adik saya sendiri. Tapi berhubung di kota saya sekarang belum ada jaringan smartfren, maka sayapun pakai operator lama.

Untuk koneksi yang cepat dan bagus bisa anda gunakan paket yang lebih besar quotanya dan lebih cepat speednya. Ya mau tidak mau kalau segala aktivitas internet anda ingin lancar dan cepat seperti browsing, download dan upload, maka anda harus menggunakan paket yang lebih mahal sedikit.

Jika anda punya jalur telepon rumah, koneksi speedy unlimited juga cukup memuaskan. Sesuai pengalaman pribadi, koneksi dengan speedy unlimited yang paling murah benar-benar tidak mengecewakan. Harganya juga kalau tidak salah tidak sampai 200 rb/bulan. Untuk pemasangan promo akan lebih murah lagi. Perangkat modem diberi cuma-cuma oleh telkom dan akan diganti jika rusak oleh pihak telkom.

Semoga saja suatu saat semua operator telepon seluler seperti Telkomsel, XL, IM3, Axis, Three dan Indosat akan menambah quota internet unlimited dan bandwith, sehingga dengan koneksi dan setting 3g yang tepat pada modem akan membuat koneksi internet lebih maksimal. Maksudnya yang ditambah yaitu paket yang paling murah. Maklum orang Indonesia ini suka yang murah-murah karena tingkat ekonomi masih banyak menengah ke bawah. Alasannya karena internet adalah hal yang penting. Internet juga sangat mendukung berkembangnya ilmu pengetahuan.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Cara Setting 3G Modem O2 Operator Telkomsel, XL, IM3, Axis, Three dan Indosat ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :