ilokasi

Contoh Soal Belah Ketupat

Kali ini saya akan coba membuat beberapa contoh soal tentang belah ketupat yang sederhana dan bagus dijadikan sebagai materi latihan. Mungkin saya tidak akan menyertakan jawaban atau pembahasan, karena saya pikir soal-soal berikut cukup sederhana. Yang sering menjadi pertanyaan berhubungan dengan belah ketupat biasanya mencari luas dan panjang diagonal.

Untuk bangun datar yang satu ini mungin tidak terlalu banyak yang harus menjadi objek pertanyaan. Ini karena materi pelajaran matematika satu ini memang tidak banyak pembahasannya. Cukup sederhana, dan mungkin anak sd pun sudah bisa menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan belah ketupat ini.

Berikut contoh soal belah ketupat yang harus anda jawab dengan benar.
  1. Jika diketahui panjang diagonal1 adalah 5 cm dan diagonal2 adalah 10 cm, hitunglah luas belah ketupat tersebut ?
  2. Jika diketahui luas suatu belah ketupat adalah 40 cm persegi dan panjang salah satu diagonalnya adalah 5 cm, maka hitunglah panjang salah satu sisi belah ketupat ?
  3. Diketahui keliling belah ketupat adalah 28 cm, hitunglah panjang salah satu sisi belah ketupat !
  4. Jika diketahui diagonal horizontal suatu belah ketupat adalah 6 cm dan panjang salah satu sisi adalah 4 cm. Maka carilah panjang diagonal yang vertikal ?
  5. Dari soal nomor 4, hitunglah luas belah ketupat ?
  6. Jika luas suatu belah ketupat adalah 100 cm persegi, maka berapa luas dari salah satu segitiga siku2 yang terbelah oleh garis diagonalnya ?
  7. Jika belah ketupat dibelah secara horizontal maka akan terbentuk dua segitiga apa ?
  8. Apakah belah ketupat termasuk ke dalam bangun datar, jelaskan alasannya ?
  9. Apa yang membedakan suatu bangun datar dengan bangun ruang ?
  10. Berapa keliling bangun belah ketupat jika panjang diagonal1adalah 6 cm dan panjang diagonal2 adalah 6 cm ?
Silahkan anda membuat pembahasannya dengan rumus yang sudah ditentukan pada materi belah ketupat matematika. Jika anda belum tahu rumus yang berlaku, anda bisa membaca pada artikel saya sebelumnya tentang belah ketupat. Jika anda ingin master dalam bidang hitung-hitungan seperti matematika dan fisika, maka tidak ada jalan lain selain memperbanyak mengerjakan latihan soal.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Contoh Soal Belah Ketupat ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :