Kandungan Zat Gizi, Nutrisi, Vitamin Yang Terkandung Didalam ASI (Air Susu Ibu)

Sebagai manusia kita tidak bisa mengungkapkan sepenuhnya apa saja kandungan zat gizi, nutrisi dan vitamin yang terkandung didalam setiap tetes ASI (Air Susu Ibu). Hanya Allah SWT yang tahu pasti secara sempurna apa-apa zat serta fungsinya yang tersembunyi didalam ASI. Yang pasti setiap zat, nutrisi ataupun vitamin yang terkandung diciptakan didalam ASI tidak untuk sia-sia. Yang lebih mengetahui akan kebutuhan seorang anak manusia yang baru lahir (bayi) adalah Allah SWT. Jika sekarang anda sedang hamil atau baru melahirkan dan sedang membaca artikel-artikel mengenai ibu dan anak, maka saya sarankan anda untuk bertekad memberikan ASI ekslusif kepada bayi anda walau apapun kondisinya.

Bagi saya, tidak ada alasan bagi seorang ibu untuk tidak memberikan ASI kepada bayinya mengingat pentingnya setiap zat yang terkandung didalam ASI. Seperti apapun pekerjaan anda, seperti apapun kesibukan anda, seperti apapun kondisi keseharian anda, jangankan jadikan alasan untuk tidak memberikan ASI. Anda boleh tidak setuju dengan pernyataan saya tersebut, tetapi jujur secara pemikiran logika saya bahwa susu formula tidak layak untuk menggantikan peran ASI. Jika anda harus bekerja, artinya anda harus memeras ASI dan membuat stok dirumah untuk keperluan bayi anda. Anda bisa menggunakan "breast pump" sebagai cara bantu memerah ASI lebih cepat.

Untuk ibu yang menyusui tidak diwajibkan berpuasa. Pada bulan puasa ramadhan, anda jangan takut akan kekurangan asupan makanan demi menunjang produksi ASI yang cukup. Asal jangan mengganggu orang-orang yang berpuasa dengan makan secara terang-terangan. Dikhawatirkan akan menganggu kekhusukan ibadah puasa orang yang menjalankan.

ASI adalah hasil produk manusia bagus dan cocok untuk anak manusia, sedangkan susu sapi adalah hasil porduk sapi yang tentunya bagus dan cocok untuk anak sapi. Coba anda pikirkan pernyataan saya berikut : "Allah SWT menciptakan semua organ-organ tubuh perempuan untuk mendukung terciptanya ASI yang bisa memancar dari tubuh, tidak lain dan tidak bukan bahwa ASI itu khusus diperuntukkan hanya untuk bayi yang anda lahirkan." Apakah anda masih meragukan kandungan yang ada di dalam ASI. Jadi, harus anda ingat bahwa betapa pentingnya zat-zat yang terkandung di dalam ASI.

Kalau saya boleh saran, untuk bayi umur dibawah 6 bulan agar tidak dibantu dengan susu formula. Berikan ASI secara keseluruhan. Logikanya sederhana, pada saat bayi anda kenyang dengan pembagian setengah susu ASI dan setengah susu formula maka nutrisi dan zat penting yang ada pada ASI hanya bisa diserap oleh bayi sejumlah setengah bagian itu. Nah sekarang coba pikirkan jika setiap hari, bayi kita kekurangan setengah bagian zat-zat penting yang kita sendiri tidak akan mampu mengungkap sepenuhnya.

Jadi apa saja kandungan dari setiap tetesan ASI. Zat-zat gizi, nutrisi maupun vitamin yang baru bisa diketahui akan saya suguhkan secara singkat dibawah ini. Mungkin ada sebagian saya sertakan dengan fungsinya. Menurut penelitian terdapat kurang lebih 200 zat-zat berguna yang terkandung di dalam ASI. Namun saya hanya akan sebutkan beberapa saja.
  • Kolostrum, susu jolong atau susu awal. Zat kandungan ASI yang satu ini akan keluar pada saat 30 menit pertama bayi dilahirkan. Zat ini mempunyai kandungan nutrisi, gisi dan vitamin yang sangat tinggi. Befungsi sebagai antibodi bagi tubuh bayi yang baru saja berganti lingkungan. Dari lingkungan yang nyaman dan bahahia (rahim) ke lingkungan dunia. Kolostrum juga berfungsi untuk membersihkan air empedu dan saluran pencernaan pada bayi yang baru lahir.
  • Taurine. Berfungsi untuk membantu pembentukan retina, sel-sel saraf dan sel-sel otak.Juga berfungsi untuk mengatur denyut jantung bayi.
  • Laktosa. Berfungsi sebagai sumber tenaga bagi bayi serta meningkatkan penyerapan kalsium pada bayi.
  • Protein.
  • Lemak
  • Foremilk
  • Hindmilk
  • Zat Besi
  • Laktobasilus
  • AA dan DHA yang berfungsi untuk perkembangan otak bayi
  • Lisozim
  • Laktoferin
Jika anda seorang wanita yang baru atau akan melahirkan, dan anda juga pernah berencana untuk mengganti atau memberi susu bantuan pada usia 6 bulan, maka secara tulus saya menyarankan supaya usahakan supaya selama 6 bulan pertama, bayi anda hanya mengkonsumsi ASI sepenuhnya. Pertimbangkanlah banyaknya zat-zat penting yang terkandung didalam ASI untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi anda. Karena saya yakin tidak ada ibu yang tidak menyayangi anaknya. Dan seorang ibu selalu menginginkan yang terbaik buat anaknya.




Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Kandungan Zat Gizi, Nutrisi, Vitamin Yang Terkandung Didalam ASI (Air Susu Ibu) ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :