ilokasi

Kata-kata Mutiara >> Nasehat Islami Tentang Kehidupan dari Ali bin Abi Thalib

Untuk nasehat islami tentang kehidupan kali ini adalah merupakan wasiat Amirul Mukminin Ali bin Ali Thalib a.s pada malam menjelang syahadahnya. Setelah sebelumnya artikel saya tentang 37 nasehat untuk kita sebagai orang islam. Semakin banyak nasehat yang kita baca, mudah-mudahan semakin menyadarkan kita bahwa akhirat itu sangatlah penting.

 Imam Ali berkata "saya nasehati anda berdua (Imam Hasan dan Husein a.s) agar :
  1. Bertaqwa kepada Allah dan bahwa anda tak boleh menghasratkan kesenangan dunia ini, sekalipun mungkin dunia mengejar anda.
  2. Jangan menyesali apapun dari dunia ini yang telah ditolak dari anda.
  3. Berkatalah benar.
  4. Jadilah anda musuh penindas (kaum zalim).
  5. Penolong kaum yang tertindas.
Saya nasehati anda berdua dan semua anak saya serta anggota keluarga saya dan setiap orang yang tercapai oleh tulisan saya, agar :
  1. Untuk bertaqwa kepada Allah.
  2. Mengurus urusan anda secara tertib.
  3. Menjaga hubungan baik di antara anda, karena saya telah mendengar kakek anda (Nabi Muhammad SAW) berkata, "Memperbaiki perselisihan lebih baik dari sholat-sholat sunnah dan puasa (sunnah)".
  4. Bertaqwalah kepada Allah dan ingatlah Allah berkenaan dengan urusan yatim piatu. Jangan biarkan mereka kelaparan, dan mereka tidak boleh hancur dalam kehadiran anda.
  5. Bertaqwalah kepada Allah berkenaan dengan urusan tetangga anda, karena mereka merupakan pokok nasihat Nabi SAW, beliau senantiasa menasihati mereka tentang kebaikan sehingga kami berfikir bahwa beliau akan memberikan bagian warisan kepada mereka.
  6. Bertaqwalah kepada Allah dalam urusan Al-quran. Tak ada orang harus melebihi anda dalam beramal menurutnya.
  7. Bertaqwalah kepada Allah berkenaan dengan urusan sholat karena sholat itu adalah tiang agama anda.
  8. Bertaqwalah kepada Allah berkenaan dengan urusan Rumah Allah (Ka'bah). Jangan tinggalkan itu selama anda hidup, karena apabila (Ka'bah) itu ditinggalkan, anda tak akan selamat.
  9. Bertaqwalah kepada Allah berkenaan dengan urusan jihad di jalan Allah dengan harta anda, nyawa anda dan lidah anda.
  10. Anda harus selalu menghormati kekerabatan dan menafkahkan untuk orang lain.
  11. Jauhi sikap saling menjauh antara sesama dan pemutusan hubungan.
  12. Jangan berhenti menyuruh kebaikan dan mencegah kemungkaran agar jangan sampai para pembuat bencana mendapat kedudukan atas anda, kalau sampai mereka mendudukinya maka ketika anda berdoa maka doa anda tidak akan dikabulkan.

Wahai putra-putra Abdul Mutholib jangan sampai setelah aku meninggal nanti kalian ribut dan berperang dengan masyarakat. Janganlah kalian menuduh atau menunjuk si fulan dan si fulan sebagai biang keladi atau ikut campur dalam pembunuhan.

Ingatlah! pembunuhku telah berhasil kalian tangkap. Anakku Hasan ! Setelah aku tiada, kuserahkan Ibnu Muljam padamu. Jika kau mau membebaskan dia, bebaskanlah, dan kalau kau mau meng-qishasnya, ingat bahwa dia memukul ayahmu hanya dengan sekali pukulan, maka pukullah dia sekali saja. Jika ia mati dengan sekali pukulan, biarlah ia mati. Jika tidak maka biarkan dia bebas pergi.

Coba anda baca dan pahami secara seksama akan nasehat-nasehat kebaikan dari Imam Ali bin Ali Thalib di atas !. Saya sangat kagum dengan kalimat-kalimatnya yang sangat dalam maknanya, sedangkan zaman dulu tidak ada sekolah setinggi sekarang yang sampai sarjana. Ternyata Islam telah mengubah orang-orang dahulu yang dikenal biadab menjadi orang-orang yang berakhlak tinggi dan mulia.




Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Kata-kata Mutiara >> Nasehat Islami Tentang Kehidupan dari Ali bin Abi Thalib ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :