Manfaat ASI Untuk Bayi Yang Masih Berumur Dibawah 6 Bulan

Manfaat ASI (Air Susu Ibu) untuk bayi yang masih berumur dibawah 6 bulan adalah sangat penting. ASI adalah susu untuk bayi yang tiada tandingannya di dunia ini. Tuhan menciptakan asi khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi pada bayi yang baru lahir hingga umur 6 (enam) bulan atau 2 tahun. Dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi anda sebagai ibu wajib memberikan ASI kepada bayi anda paling tidak sampai usia 6 bulan. 

Tidak ada susu formula yang bisa sebanding dengan ASI. Suatu penelitian telah mengungkapkan bahwa terdapat ratusan unsur zat yang berguna untuk bayi terkandung pada ASI. Setelah diteliti ternyata ratusan zat-zat pada ASI tersebut mempunyai fungsi yang vital dalam tumbuh kembang bayi. ASI terbentuk di dalam tubuh ibu dan berasal dari makanan yang dimakan oleh ibunya. Tetapi setelah diproduksi menjadi ASI ternyata banyak sekali zat-zat baru yang dhasilkan. ASI adalah satu satu tanda-tanda kebesaran Tuhan.

Mengapa ASI keluar dari payudara ibu setelah melahirkan. Keluarnya ASI adalah proses alamiah. ASI hanya bisa keluar pada saat ibu sudah melahirkan. Sedangkan pada kondisi lain asi tidak akan keluar. Ini menunjukkan bahwa pengaturan waktu tersedianya ASI dengan kedatangan bayi didunia sangat sinkron. Sinkron atau selarasnya waktu tersebut tidak mungkin terjadi secara kebetulan, pasti telah ditentukan terlebih dahulu secara sempurna oleh Allah SWT Tuhan yang Maha Besar. Semenjak detik-detik keluarnya bayi dari perut ibu juga akan selaras dengan macam-macam zat yang terkandung di dalam ASI. Menurut para ahli, pada saat 30 menit pertama bayi dilahirkan, pada ASI akan terdapat zat yang bernama kolostrum dan susu jolong. Warna zat ini kekuningan dan mengandung kandungan gizi yang sangat tinggi.

Apakah wajib bayi umur dibawah 6 bulan diberi ASI. Menurut saya pribadi jawabnya "iya", bahkan sebagian besar dokter juga mengatakan begitu. Alangkah ruginya bayi anda jika anda tidak memberikan salah satu karunia Tuhan tersebut. Tahukah anda bahwa kandungan zat gizi dan nutrisi pada ASI berubah-ubah seiring umur bayi. Pada 30 menit pertama, 30 jam, 4 hari, 7 hari dan tenggang waktu selanjutnya (yang juga kita tidak tahu secara pasti) akan selalu terjadi perubahan kandungan zat. Ajaibnya, kandungan ini berubah seiring dengan jenis kebutuhan dari bayi pada waktu-waktu tersebut. Misalnya kolostrum yang berfungsi sebagai antibodi pencegah infeksi setelah beberapa menit bayi berada di dunia ini.

Berikanlah ASI kepada bayi anda selagi tidak ada halangan. Secara logika dan pemikiran yang ilmiah, tidak mungkin kita lebih percaya pada khasiat susu formula dibanding susu ibu (ASI). Tahukah bahwa komposisi susu formula itu dirancang oleh otak manusia yang terlalu jauh dengan ilmu Allah SWT. Apalagi sekarang kebanyakan orang atau perusahaan mengutamakan alasan finansial dan marketing dibanding kualitas produk. 

Bisakah manusia menciptakan satu buah seperti apel secara sempurna dan sama persis dengan apel yang ada selama ini. Bisa saya pastikan bahwa tidak ada manusia yang mampu. Tetapi Allah bisa menciptakannya hanya dari tanah yang ditetesi air hujan. Maka, jangan sedikitpun beranggapan bahwa susu formula ciptaan (rancangan)  manusia itu bisa menandingi ASI sebagai ciptaan Tuhan langsung.

Jadi apa saja manfaat asi untuk bayi yang masih berumur dibawah 6 bulan. 
  • Sebagai ikatan emosional antara bayi dan ibu.
  • Sebagai zat antibodi dan pertahanan tubuh bayi (kolostrum).
  • Sebagai zat untuk pekembangan otak bayi (AA dan DHA).
  • ASI juga bermanfaat sebagai sumber energi pada bayi
  • Juga bermanfaat untuk membantu pembentukan darah
  • Membantu penglihatan mata
  • Tentunya masih sangat banyak lagi manfaat yang lain. Hanya Tuhan yang tahu pasti apa-apa yang diciptakannya.
Pengalaman pribadi mengenai bayi umur 6 (enam) bulan. Pada saat saya menuliskan artikel ini, saya sedang mempunyai bayi laki-laki anak pertama yang baru berumur 8 bulan. Tahukah anda  bahwa anak saya pada umur 3 sd 6 bulan mempunyai tubuh yang montok, subur dan sehat. Dalam situasi yang sama ibunya lebih sedikit mengurus. Itu karena istri saya memberikan ASI ekslusif kepada bayi kami tanpa adanya bantuan susu formula. Setiap bayi menangis istri saya selalu memberikan ASI secara sigap, bahkan hampir sepanjang malam untuk beberapa bulan awal. Hasilnya bayi kami yang baru berumur 3 bulan mempunyai berat menandingi bayi yang jauh lebih tua. 

Memberikan ASI secara totalitas bukanlah pekerjaan yang ringan. Memamg untuk bisa memberikan ASI secara ekslusif, totalitas tanpa bantuan susu formula haruslah diawali dengan niat dan tekad yang kuat. Tapi pahamilah betapa besar manfaat ASI itu untuk bayi. Niatkan dalam hati bahwa semuanya semata-mata demi menjalankan Sunnatullah dan aturan Allah SWT. Tapi jika anda seorang ibu yang ikhlas berbuat demi kebaikan bayi yang anda sayangi, maka pekerjaan memberi ASI bukanlah pekerjaan yang menyiksa.

Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Manfaat ASI Untuk Bayi Yang Masih Berumur Dibawah 6 Bulan ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Komentar Menggunakan Akun Facebook :