ilokasi

Penyebab Bayi Menangis Pada Malam Hari

Sesuai pengalaman pribadi bahwa penyebab utama bayi menangis pada malam hari adalah karena lapar dan ngompol. Lapar/haus merupakan penyebab yang nomor satu dan ngompol/kencing/pipis adalah penyebab yang kedua. Tapi jika anda tidak setuju itu sah-sah saja. Saya menentukan penyebab-penyebab di atas karena telah menjalani dan melalui prosesnya. Kata orang bijak bahwa kita harus bisa memetik hikmah pada setiap kejadian. Selain bisa untuk antisipasi kita pada masa akan datang, tetapi juga dapat berguna untuk orang lain yang belum melalui proses tersebut.

Penyebab lain bisa juga karena bayi merasa tidak nyaman. Penyebab Tidak nyaman pada bayi dapat dibedakan menjadi dua. Pertama, tidak nyaman terhadap pakaian yang dipakai. Kedua, tidak nyaman karena lingkungan (gerah, terlalu panas atau dingin). Mudah-mudahn jika anda sudah menemukan penyebab yang terjadi pada bayi anda, bayi anda akan segera berhenti menangis.

Tidur pada malam hari tidak nyenyak karena bayi sering terbangun dan menangis. Untuk bulan-bulan pertama kelahiran, kondisi seperti ini memang kondisi yang harus anda lalui. Berusahalah bersabar dan menguatkan diri menghadapi kondisi yang sulit seperti itu. Cara ampuh agar anda tidak merasa tersiksa/terganggu oleh tangisan bayi pada saat anda tidur malam adalah mencoba ikhlas atas segala ketentuan Allah SWT atas diri kita. Kemudian cobalah mencari penyebabnya.

Jadi, apa langkah-langkah yang harus dilakukan sesuai penyebab-penyebab bayi menangis di atas. Lakukan langkah solusi untuk mengentikan tangis bayi sesuai alasan ia menangis. Memang kita tidak bisa menanyakan langsung pada bayi atas apa yang terjadi terhadapnya. Tetapi kita bisa mencari tahu, menganalisa dan menarik kesimpulan atas apa yang terjadi.
  • Jika bayi menangis karena penyebabnya lapar/haus. Berilah ASI secepat mungkin. Bila perlu pakailah pakaian yang mendukung kecepatan dalam memberikan ASI. Buatlah kondisi agar anda selalu siap sedia dalam memberikan ASI.
  • Jika penyebabnya pipis/ngompol/kencing. Segera ganti celana atau pakaian dengan yang baru. Pastikan bahwa pakaian tersebut kering dan tidak lembab.
  • Jika penyebabnya rasa tidak nyaman oleh bayi. Jika tidak nyaman karena pakaian yang dipakai seperti pakaian lembab atau bahan pakaian yang tidak cocok dengan kulit bayi, segera ganti dengan pakaian baru. Bahan pakaian yang terbuat dari katun akan mengurangi rasa gerah pada bayi. Jika tidak nyaman karena kondisi ruangan yang panas atau terlalu dingin, maka bawahlah bayi anda pindah sambil menggendongnya. Segera kondisikan ruangan tidur menjadi nyaman buat bayi.
  • Anda bisa melakukan kompres pada bayi jika dirasa bayi merasa gerah.
Saya hanya bisa membantu 3 (tiga) penyebab yang mungkin sebagai alasa mengapa bayi anda menangis di malam hari. Penyebab-penyebab tersebut saya simpulkan sesuai pengalaman yang telah saya rasakan. Jika anda masih khawatir, cobalah bawah ke dokter. Karena dokter mempunyai ilmu yang cukup untuk mengungkapkan penyebab secara ilmiah.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Penyebab Bayi Menangis Pada Malam Hari ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :