Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan

Anda mungkin sangat penasaran kira-kira seperti apa pekembangan bayi pada usia 8 bulan, memang pada usia ini terjadi perubahan yang pesat. Terjadi kemajuan pertumbuhan yang significan terhadap bayi. Kebetulan bayi saya juga sedang berumur 8 bulan. Dan sekarang saya sedang asyik-asyiknya memperhatikan tahap demi tahap perkembangannya. Ada beberapa kemajuan pesat yang terjadi pada bayi usia 8 bulan. Saya sendiri sangat terkagum-kagum melihat perkembangan kepintaran anak saya. 

Siang ini saya sedang menulis artikel ditemani oleh bayi (anak pertama) saya yang umurnya 8 bulan. Sekarang bayi saya sedang berada disamping saya sambil memainkan kubus rubik 4x4. Entah apa yang ada di dalam pikirannya pada saat memutar-mutar dan memukul-mukul kubus rubik tersebut. Ternyata bayi saya cepat tertarik pada benda yang warnanya terang. Ia juga sangat tertarik bila ada mainan baru yang belum ia lihat sebelumnya. Memang bayi saya sedang lucu-lucunya. Rasa lelah bisa hilang seketika dengan melihat tingkah lakunya.

Perkembangan bayi usia 8 bulan memang mulai pintar dan lucu. (Hahaha...ha) Tahukah anda barusan bayi saya menangis karena saya larang untuk mencabut modem o2 andalan saya. Ada-ada saja tingkah lucu dari bayi seusia 8 (delapan) bulan ini. Tidak saya duga ternyata sekarang ia benar-benar mulai mengerti reaksi sikap kita sebagai lawan bicaranya. Mudah-mudahan saja kelak anak saya menjadi anak yang mencintai ilmu sehingga selalu berusaha untuk rajin belajar.

Saya akui bahwa terjadi perkembangan yang sangat pesat pada usia 8 (delapan) bulan, khususnya pemahaman dan gerak-gerik bayi. Dulu anak saya belum bisa merangkak maju, sekarang sudah bisa. Dulu anak saya masih agak passif jika diajak main, tapi sekarang sudah aktif dan cukup respons terhadap ajakan kita. Pandangannya kepada kita mulai terfokus atau terarah. Mulai sedikit memahami kejadian yang berada disekitarnya. Katanya pada usia ini bayi akan bisa duduk (soalnya bayi saya belum habis 8 bulan).

Beberapa perubahan yang terhadap perkembangan bayi saya yang berusia 8 bulan. Saat ini saya belum bisa memberikan data-data secara ilmiah mengenai perkembangan bayi pada usia ini. Tetapi saya akan memberikan informasi mengenai perubahan yang terjadi pada anak saya. Waduhh... ia mendekat lagi untuk mencabut modem. Perlu anda ketahui bahwa, baru beberapa hari ini bayi saya bisa mengganggu saya dalam menulis artikel. Ternyata memang otak bayi pada usia 8 bulan ini mulai bekerja.
  • Bisa merangkak maju dan meraih benda yang menjadi perhatiannya sampai dapat. Untuk melatih kelancaran ia dalam merangkak saya merangsang bayi saya dengan mainan. Letakkan mainan di depannya, kemudian pada saat ia bergerak dan hampir meraih benda tersebut maka anda jauhkan lagi. Dengan begitu ia akan mengejar terus benda tersebut.
  • Mulai mengerti sikap kita terhadapanya. Baru beberapa hari yang lalu bayi lucu saya mulai mengerti kata-kata atau sikap yang kita tunjukkan padanya. Walaupun memang respons tidak sepintar bayi umur 1 tahun keatas.
  • Tidak mau diam dan lebih aktif dalam bermain. Jangan heran jika bayi pada usia 8 bulan ini bisa mengganggu pekerjaan anda yang berada didekatnya. Mungkin saja sekarang adalah masa-masa perkembangan otaknya. Contoh jika anda sedang membuka laptop dan sedang asyik main internet (fesbukan), bayi anda akan mendekati laptop dan memukul-mukul dengan tangannya. Atau ia akan mendorong layar (screen) dan mencabut modem anda.
  • Katanya bayi umur 8 bulan sudah bisa duduk. Kalau yang satu ini saya belum bisa memastikan. Karena belum terjadi pada bayi saya. Atau mungkin akan terjadi pada saat mendekati akhir 8 bulan. Yang bilang bisa duduk sih istri saya sendiri. Istri saya tahu dari seorang ibu yang anaknya sudah duduk pada usia tersebut. Walaupun ada perasaan sedikit berharap supaya bisa cepat duduk, tetapi saya akan tetap sabar mengikuti perkembangan alami pada bayi saya. Apalagi bayi saya mempunyai postur tubuh sedikit montok sehingga sedikit berat untuk melakukan gerakan.
Pada usia 8 bulan ini, sebaiknya anda mulai melatih bayi anda untuk duduk dan berdiri. Ini berguna untuk membantu terjadinya perkembangan alami bayi. Latihan ini juga melatih keseimbangan dan kekuatan tulang bayi. Saya juga melakukan hal yang sama pada bayi saya. Bila saya tegakkan ia, maka ia akan senang sekali. Rasa senang tersebut ia tunjukkan dengan menghentak-hentakkan kakinya sambil mengeluarkan suara yang tidak mengerti.
Selain dari contoh-contoh perkembangan bayi usia 8 bulan di atas mungkin anda dapat temukan pada artikel lainnya. Karena memang info diatas adalah sesuai yang terjadi pada bayi saya sendiri. Siapa tahu anda yang masih mempunyai bayi umur 7 bulan sangat penasaran akan apa saja perkembangan yang akan terjadi pada saat bayi anda berumur 8 bulan.




Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :