Rumus Jajaran Genjang | Menghitung Luas Jajaran Genjang

Rumus Jajaran Genjang. Untuk menghitung luas jajaran genjang kita harus mengetahui terlebih dahulu panjang alas dan tinggi. Tidak ada yang susah dari bangun datar yang satu ini. Bentuknya hampir sama dengan persegi panjang, hanya saja garis pada bagian samping tidak tegak lurus (miring dengan sudut tertentu). Tapi kedua garis yang saling berhadapan baik itu garis sebagai alas dan garis sebagai tinggi, semuanya mempunyai panjang yang sama dan sejajar.

Secara bentuk gambar memang ada perbedaan antara jajaran genjang dengan persegi panjang. Tapi dalam hal rumus luas, dua-duanya mempunyai rumus yang sama yaitu panjang x lebar (persegi panjang) , alas x tinggi (jajaran genjang). Bagaimana bisa terjadi adanya rumus luas yang sama, jawabnya karena pada jajaran genjang, garis tinggi yang saling berhadapan mempunyai sudut kemiringan dan panjang yang sama. Sehingga ini berarti luas yang terlingkup sama halnya pada persegi panjang.

Coba perhatikan gambar jajaran genjang di bawah :

Rumus Luas Jajaran Genjang
Menghitung Luas Jajaran Genjang

Jika anda perhatikan dengan seksama gambar di atas, maka anda dapat mengerti mengapa terdapat ketentuan rumus yang sama antara jajaran genjang dengan persegi panjang. Kesamaan rumus tersebut tidak hanya luas tetapi juga keliling. Coba lihat tanda panah di atas bangun jajaran genjang tersebut, bagian kosong yang berbentuk segitiga itu, dipindahkan ke bagian kiri yang juga berbentuk segitiga. Ternyata keduanya memliki bentuk yang sama, jadi terbuktilah bahwa antara persegi panjang dan jajaran genjang itu memilki rumus yang sama.

Rumus yang digunakan untuk menghitung luas jajaran genjang :

L = a x t

keterangan :
L = Luas jajaran genjang
a = Panjang alas jajaran genjang
t = Panjang tinggi jajaran genjang

Rumus yang digunakan untuk menghitung keliling jajaran genjang :

K = 2 x ( a + t )

atau,

K = 2 alas + 2 tinggi

keterangan :
K = Panjang keliling jajaran genjang

Saya rasa cukup sampai disini penjelasan sederhana saya megenai perilaku bangun datar jajaran genjang. Menurut saya matematika itu tidak sulit, karena jawabannya bisa dicari dengan pasti jadi tidak menimbulkan perdebatan. Tidak sama dengan halnya ilmu lainnya yang membutuhkan pendapat, sehingga tidak jelas apa yang benar dan salah.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Rumus Jajaran Genjang | Menghitung Luas Jajaran Genjang ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :