ilokasi

RUMUS LAYANG-LAYANG | RUMUS LUAS LAYANG-LAYANG

Layang-layang | Rumus luas layang-layang - berikut saya akan coba menjelaskan sekilas tentang layang-layang matematika beserta rumus-rumus yang berlaku. Bangun datar satu ini sangat mirip dengan belah ketupat. Jika tidak seksama maka anda mungkin menganggap gambar keduanya adalah sama. Padahal ada perbedaan antara keduanya. Yang membedakan keduanya adalah bahwa pada belah ketupat mempunyai empat sisi yang sama panjang, sedangkan pada layang-layang tidak.

Membicarakan tentang layang-layang, saya ingat masa kecil dulu. Saya sering main layang-layang di tengah sawah yang sudah habis dipanen, berlari-lari dengan gembira. Walaupun badan dipenuhi oleh lumpur dan pakaian compang-camping, tetapi kesenangan seperti masa kecil itu tidak akan terulang lagi. Dimana kesenangan yang murni tidak seperti kesenangan orang dewasa yang tidak terlepas dari beban dan tanggung jawab. 

Apakah anda bisa membuat layang-layang ?

Saya dulu termasuk ahli dalam membuat layang-layang. Saya biasa mengambil bambu dari kebun belakang rumah kemudian membeli kertas minyak sebagai latar layang-layang. Jika sedang tidak ada uang, bisa juga membuatnya dari koran bekas atau plastik bekas. Yang penting layang-layangnya bisa terbang dan kita bisa berlari-lari dengan senang gembira.

Berikut ini rumus layang-layang yaitu rumus luas dan rumus keliling yang umum berlaku :

L = 1/2 x d1 x d2

K = 2.S1 + 2.S2

Keterangan :

L = Luas layang-layang
K = Keliling layang-layang
d1 = Diagonal 1
d2 = Diagonal 2
S1 = Sisi layang-layang 1
S2 = Sisi layang-layang 2

Perhatikan contoh gambar layang-layang berikut.

layang-layang
Gambar Layang-layang
Coba perhatikan gambar di atas, yang disebut sebagai sisi layang-layang itu adalah s1 dan s2. s1 dan s2 sama2 mempunyai pasangan dengan panjang yang sama. Yang disebut diagonalnya yaitu d1 dan d2, perhatikan gambar : d1 adalah diagonal vertikal dan d2 adalah diagonal horizontal.

Jawablah Contoh Soal Layang-layang di bawah !
  1. Diketahui panjang diagonal suatu layang-layang d1 dan d2 adalah 4cm dan 6cm, hitunglah luas layang-layang yang dimaksud ?
  2. Dari soal nomor 1, hitunglah panjang sisi layang-layang secara keseluruhan jika panjang salah satu sisi adalah 3 cm ?
  3. Jika luas suatu layang-layang adalah 60 cm persegi dan panjang d1 8 cm, hitunglah panjang dari diagonal 2 (d2) ?
  4. Berapa panjang keliling layang-layang jika panjang s1 dan s2 adalah 60 cm dan 80 cm ?
  5. Apakah perbedaan antara layang-layang dan belah ketupat ?
Jawaban dan pembahasannya sengaja tidak saya lampirkan karena soal tentang layang-layang ini cukup sederhana. Anda harus bisa menyelesaikannya sebagai latihan matematika kesukaan anda.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel RUMUS LAYANG-LAYANG | RUMUS LUAS LAYANG-LAYANG ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :