Tumbuhan Tradisional dan Khasiatnya

Tumbuhan tradisional biasanya ditanam pada halaman sekitar rumah tempat tinggal dan mudah diperoleh serta khasiatnya dipercaya secara turun-temurun. Warisan para orang-orang terdahulu yang patut dicontoh adalah kebiasaan memakan tumbuhan-tumbuhan alami baik sebagai tambahan makanan ataupun sebagai obat. Oleh karena itu orang-orang dahulu mempunyai umur yang panjang. Karena pada setiap tumbuhan itu kaya akan bermacam-macam zat atau senyawa yang khasiatnya baik untuk kesehatan tubuh.

Negara Indonesia merupakan negara yang terletak pada garis khatulistiwa atau garis equator bumi, sehingga mempunyai iklim tropis (iklim panas). Salah satu ciri khas dari daerah yang mempunyai iklim tropis yaitu panas dan hujan sepanjang tahun. Hutan rimba dengan pepohonan besar dan semak belukar juga merupakan jenis hutan yang tumbuh pada daerah tropis. Di dalam hutan hujan tropis terdapat aneka ragam tumbuhan yang banyak sekali jenis-jenisnya dan mungkin sampai saat ini belum teridentifikasi sepenuhnya.

Nenek Moyang Kita Bergantung Pada Tumbuhan Tradisional ?

Jika anda orang yang berasal dari desa atau termasuk yang mempunyai kampung halaman, maka anda mungkin lebih banyak mengetahui jenis-jenis tumbuhan atau tanaman. Ini karena biasanya orang desa dalam setiap pekerjaannya terlibat dengan alam sekitar sehingga mereka akan tahu lebih banyak dibanding orang kota yang kesehariannya lebih banyak di kantor. Dan lagi memang ada resep pengobatan turun-temurun dari zaman nenek moyang yang sudah menjadi kebiasaan orang-orang desa. Sewaktu saya masih kecil saya sering menjadikan tumbuhan-tumbuhan sebagai obat ketika sakit. Disamping karena dulu rumah sakit belum ada dan akses kesehatan masih sulit maka tumbuhan-tumbuhan menjadi pilihan satu-satunya dalam hal penyembuhan penyakit.

Misalnya sewaktu saya luka karena goresan atau terkena benda tajam tertentu maka untuk menghentikan pendarahan bisa digunakan tumbuhan betadin atau nama latinnya Jatropha mulitifida Linn. Tanaman ini dikenal karena bisa menghentikan darah yang mengucur pada luka baru. Pada tanaman betadin ini terdapat senyawa flavonoid. Selain itu, dulu saya sering minum air rebusan daun pepaya untuk mengobati penyakit malaria yang terkadang kambuh-kambuhan. Menurut pengalaman saya pribadi sebagai penderita malaria sejak kecil, daun pepaya yang direbus dan diminum airnya adalah cara yang ampuh untuk menyembuhkan malaria. Biasanya malaria saya kambuh apabila badan sangat lelah dan badan mulai terasa panas dingin. Pada kondisi ini saya tidak mau terkena olehair atau memilih tidak mandi pada saat pulang kerja dengan kondisi begini. Karena jika terkena air sedikit maka dengan seketika badan akan menggigil kedinginan dan harus memakai selimut berlapis-lapis. Jika saya meminum air rebusan daun pepaya ini pada saat kambuhnya penyakit malaria maka seingat saya, badan akan sembuh sebelum tiga hari berlalu.
Misteri Khasiat Setiap Tumbuhan Secara Pasti Hanya Tuhan Yang Tahu

Saya salah satu orang yang mengagumi kebesaran Tuhan akan sangat banyaknya jenis tumbuhan-tumbuhan yang ada di muka bumi ini. Itulah mengapa saya sangat senang sekali makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Dulu sewaktu kecil dan masih tinggal dengan orang tua, saya akan memakan semua jenis dedaunan yang disajikan oleh ibu saya sebagai lalapan. Dengan menyadari sejenak memang kita ini sangatlah kecil dihadapan Allah Maha Pencipta. Betapa tidak satu jenis tumbuhan saja tidak mampu kita mengungkapkan misteri yang tersembunyi di dalamnya. Misalnya semua zat-zat yang dikandung, proses pembentukan zat tersebut, hal-hal yang mendukung pembentukan mencakup suhu, cuaca dan segala macam lainnya, terus tumbuhnya seperti apa bentuknya dan segala macam hal-hal yang berhubungan mulai dari yang paling kecil sampai yang paling besar. Jika memang anda sudah mengetahui semua rahasia yang tersembunyi pada suatu tumbuhan atau tanaman buah maka coba anda buat sendiri tumbuhan tersebut dengan tangan anda sendiri. Atau coba anda membuat satu buah apel tanpa adanya proses alami (ketentuan Allah), saya yakin anda tidak akan sanggup. Sekarang coba bayangkan betapa sulit dan rumitnya hingga jauh dari jangkauan akal pikiran kita hanya untuk mengungkapkan rahasia satu tanaman saja. Apalagi harus melihat semua ciptaan yang ada di langit dan di bumi.

Tumbuhan Tradisional dan Khasiatnya


Berikut ini 10 jenis tumbuhan tradisional dan khasiatnya yang umum dikenal :
  1. Kunyit. Tumbuhan ini berkhasiat untuk menyembuhkan diabetes melitus, tifus, disentri, usus buntu, keputihan, menstruasi kurang lancar, memperlancar ASI, berak lendir, amandel dan penyakit-penyakit lainnya.
  2. Jahe. Tumbuhan ini berkhasiat untuk menyembuhkan masuk angin, mual, batuk, kepala pusing, lemah syahwat, rematik, pegal-pegal, anti pembekuan darah, menurunkan kadar kolesterol, dll.
  3. Lengkuas. Tumbuhan ini berkhasiat untuk menyembuhkan rematik, sakit kepala, obat gosok, kurap, panu dan banyak lagi khasiat yang lain.
  4. Kencur. Tumbuhan ini berkhasiat untuk menyembuhkan sakit kepala, diare, influenza pada bayi, radang lambung, menghilangkan darah kotor, memperlancar haid, menghilangkan lelah, tapal untuk keseleo, mata pegal, masuk angin dan lain sebagainya.
  5. Kunyit Putih. Berkhasiat untuk mempersempit organ kewanitaan, menghambat pertumbuhan sel kanker, meningkatkan nafsu makan, mengurangi lemak di perut, memperkuat syahwat, mengobati sesak nafas, penurun panas, penangkal racun, sakit perut, pencahar, mengecilkan rahim setelah persalinan, anti oksidan, mengobati luka, dan lain-lain.
  6. Daun Pepaya. Berkhasiat untuk menyembuhkan malaria, menambah nafsu makan, obat jerawat, mengurangi nyeri haid, melancarkan pencernaan, anti kanker, melawan kanker serviks dan demam berdarah.
  7. Daun Jambu Biji. Daun dari tanaman jambu biji ini berkhasiat untuk menyembuhkan diare, sariawan, maag, masuk angin, mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena disentri, antiinflamasi, antimikroba, luka berdarah, borok di sekitar tulang, kencing manis, ambeien, dan kembung pada anak-anak.
  8. Daun Sirih. Berkhasiat untuk menghilangkan bau mulut, menguatkan gigi, meluruhkan kentut, obat batuk, keputihan, bau badan, mengobati mimisan, diare, alergi, bronkhitis, keputihan, mencuci mata merah dan gatal, sariawan, gusi bengkak serta banyak lagi khasiat lainnya.
  9. Tumbuhan Kumis Kucing. Tumbuhan yang dikenal sejak zaman nenek moyang ini berkhasiat untuk mengobati gangguan saluran kencing, mencegah batu ginjal, mencegah darah tinggi, menurunkan demam, mengobati keputihan, encok, infeksi ginjal dan peluruh air seni.
  10. Lidah Buaya. Berkhasiat untuk menyuburkan rambut, mengobati luka bakar, bisul, kencing manis, sesak nafas, wasir, sembelit, kencing darah, meredakan kulit yang melepuh, mengobati gatal karena gigitan serangga, luka kecil akibat irisan pisau, kutu air, body lotion, krim anti penuaan atau keriput, mengurangi jerawat dan banyak lagi khasiat lidah buaya lainnya.
Jadi kesimpulanya, disekitar kita ternyata banyak tersedia tumbuhan-tumbuhan tradisional yang bisa dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Di lingkungan rumah anda sebaiknya terdapat aneka ragam tumbuhan sebagai persiapan untuk pertolongan pertama pada penyakit. Untuk menanam semua jenis tumbuhan di atas tidak usaha karena tidak memerlukan perawatan tertentu. Apalagi tanah kita ini terkenal subur sejak dulu kala.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Tumbuhan Tradisional dan Khasiatnya ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :