Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Kali ini saya akan menjelaskan sekilas tentang cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan dapat memberikan kesan positif untuk anda kepada perusahaan yang anda tuju. Walaupun sebenarnya yang paling penting dalam melamar pekerjaan itu adalah kemampuan wawancara dan menjawab soal psikotes, tetapi jangan sampai anda menganggap remeh dalam hal membuat surat lamaran kerja. Karena semua tahapan dalam proses penerimaan karyawan oleh perusahaan harus anda ikuti dengan baik dan dengan cara yang benar. Sehingga peluang keberhasilan untuk diterima menjadi sangat besar. Berusahalah semaksimal mungkin pada setiap tahapan tes supaya tidak menyesal ketika anda ditolak padahal hal itu masih bisa anda lakukan dengan lebih baik.

Dibawah ini contoh surat lamaran kerja dalam bahasa inggris yang bisa anda jadikan acuan dalam membuat surat yang ditujukan kepada perusahaan asing. Kata orang bahwa perusahaan asing seperti perusahaan minyak memberikan nilai gaji yang cukup tinggi dan menggiurkan. Apalagi kalau anda bisa menempati posisi atau jabatan penting dalam perusahaan, maka saya yakin anda tidak akan menjadi orang yang melarat. 

cara membuat surat lamaran kerja
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Adapun hal-hal yang harus anda perhatikan dalam membuat surat lamaran pekerjaan adalah sebagai berikut :

  1. Gunakan format surat yang benar. Jangan sampai format surat anda tidak sesuai standar contoh yang sudah berlaku. Atau anda hanya membuat surat tersebut sesuai keinginan anda seperti halnya surat cinta.
  2. Kelengkapan dan validitas dentitas. Bagian ini mencakup nama, umur, agama, alamat dan status perkawinan. Usahakan data pribadi anda sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dan tidak ada rekayasa. Buatlah dengan jelas dan benar, karena informasi terkait identitas itu sangat penting.
  3. Alamat dan kontak yang jelas. Anda harus menuliskan dengan benar alamat anda sebagai pengirim dengan alamat perusahaan yang dituju. Hal ini supaya menghindari pengiriman surat yang 'nyasar' atau tidak sampai ke alamat tujuan. Contohnya jika anda tidak mencantumkan alamat rumah dengan benar, maka bisa saja surat balasan dari perusahaan tidak akan sampai ke rumah anda. Kalau sudah begini, artinya hilang sudah kesempatan anda untuk dapat mengikuti tes selanjutnya. Kalau bisa tambahkan nomor handphone, telepon rumah dan email sebagai alternatif kontak sehingga jangan sampai anda tidak bisa dihubungi oleh perusahaan.
  4. Gunakan bahasa yang menarik. Usahakan kata-kata yang anda tulis pada surat lamaran menggambarkan bahwa anda orang semangat, pekerja keras, positif thinking dan cerdas. Ini berguna supaya surat anda lebih membuat mereka tertarik dibanding surat lain. 
  5. Berikan informasi tentang keahlian anda. Jika lowongan pekerjaan yang sedang anda lamar tersebut sesuai dengan keahlian anda, maka hal ini akan sangat menentukan sekali. Berikan informasi dengan jelas dan meyakinkan bahwa anda bisa bekerja pada bidang tersebut dengan baik dan memuaskan.
  6. Informasi tentang pendidikan formal. Cantumkan informasi pendidikan anda dari SD sampai kuliah, jelaskan juga tahun mulai masuk dan selesainya. Untuk pendidikan universitas anda wajib mencatumkan jurusan atau fakultas.
  7. Informasi tentang pendidikan non formal. Cantumkan juga semua pendidikan non formal yang pernah anda ikuti seperti kursus bahasa inggris, bahasa mandarin, kursus komputer dan kursus-kursus atau pelatihan lainnya. Anda harus melampirkan fotocopy sertifikat kursus sebagai bukti bahwa benar anda mengikutinya.
  8. Berikan informasi pengalaman kerja. Jika anda pernah bekerja sebelumnya, maka anda wajib memberitahukan hal itu kepada perusahaan. Karena itu akan menjadi nilai tambah tersendiri untuk anda. Biasanya perusahaan lebih menyukai tenaga kerja yang siap pakai, sehingga tidak perlu dana yang banyak untuk melakukan training atau pelatihan di awal bekerja.
Sebenarnya untuk poin nomor 6 sd 8 bisa anda masukkan ke dalam daftar riwayat hidup yang wajib anda lampirkan setiap kali membuat surat lamaran kerja.

Mugkin masih ada poin penting lainnya selain ke 8 poin di atas, tetapi saya hanya bisa membantu berbagi tentang cara membuat surat lamaran kerja yang baik sebatas penjelasan di atas. Terus terang saja pemikiran saya belum tentu sama dengan pemikiran orang lain, mungkin orang lain yang lebih pintar bisa memberikan informasi tambahan yang berguna sebagai komponen yang wajib dalam surat lamaran kerja.

Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Komentar Menggunakan Akun Facebook :