Cara Mengatasi Komputer Lambat

Cara Mengatasi Komputer Lambat - Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi komputer yang lambat supaya menjadi cepat kembali. Tips atau cara yang sederhana untuk dapat dilakukan oleh kita orang umum (bukan ahli komputer). Walaupun kita bukan sarjana komputer, tapi masalah tentang komputer kita harus selalu update agar tidak dibilang "gaptek". Contohnya kita bisa melakukan install program, mengetik dokumen dan memperbaiki beberapa error pada program ataupun pada system windows. Atau bila perlu bisa membuat dan memanipulasi program dengan algoritma pemograman yang kita ciptakan sendiri.

Komputer yang lambat setelah lama dipakai adalah hal yang biasa terjadi. Kinerja komputer yang melambat setelah kita gunakan beberapa tahun memang biasa terjadi pada setiap komputer. Jadi anda jangan terlalu takut jika komputer anda sekarang menjadi lambat tidak seperti dulu. Tentunya dulu sewaktu pertama kali dibeli komputer kita masih fit dan kecepatannya maksimal. 

Ada beberapa penyebab komputer menjadi lambat (lelet) yang umum kita temui. Menurut saya pribadi yang juga sudah gonta ganti komputer dan laptop untuk beberapa kali, menyimpulkan bahwa yang meyebabkan komputer menjadi lambat (lelet) dan cara mengatasinya adalah sebagai berikut :

Mengatasi Komputer Lambat

Tips Mengatasi Komputer Lambat, Lelet dan Lemot

Komputer lambat disebabkan oleh infeksi virus, worm, trojan, malware, spy dan program sejenis. Jika komputer kita sudah terinfeksi oleh virus, worm, trojan, malware, spy dan program yang sejenis maka kinerja komputer kita akan turun drastis. Maklum, kebanyakan program virus dirancang untuk merusak sehingga tidak memikirkan pengaruh yang akan timbul pada system operasi. Banyak alasan orang menciptakan virus yaitu dari alasan hanya belajar dan mengasah kemampuan dalam bidang pemograman, tapi ada juga yang memang untuk melakukan kegiatan ilegal. Soalnya saya juga pernah sih membuat virus dengan visual basic sekedar untuk memperdalam ilmu pemograman yang berhubungan dengan sistem operasi.

Cara mengatasi komputer lambat karena infeksi virus, worm, trojan, malware, spy dan program sejenis. Kalau virus jaman dulu terus terang ada yang bisa kita removed secara manual dengan memasuki registry, windows configurasi dan melacak prosess yang sedang berlansung menggunakan software khusus. Tapi virus jaman sekarang sudah sangat canggih-canggih sehingga kita akan sangat kesulitan menghapusnya tanpa bantuan antivirus. Tapi jika anda memang ahlinya mungkin saja anda bisa melakukan penghapusan secara manual. Tapi jika anda orang awam tentang komputer, maka sebaiknya anda install antivirus. Gunakan antivirus yang terpercaya dan bisa diupdate secara berkala. Jika anda ingin antivirus gratisan yang sangat bagus saya merekomendasikan antivirus security essentials buatan microsoft langsung.

Berikut gambar tampilan antivirus security essentials | cara mempercepat komputer.
security essentials
Gambar tampilan antivirus security essentials

Komputer lambat disebabkan banyaknya progam yang terinstall pada komputer (laptop). Sebelum melakukan instalasi banyak program anda harus memperhatikan terlebih dahulu spesifikasi kinerja komputer anda. Spesifikasi tersebut mencakup kecepatan prosessor, besarnya kapasitas memori (RAM), dan sistem operasi yang digunakan. Jika anda melakukan instalasi program yang berat untuk dioperasikan oleh komputer anda maka secara logika akan menurunkan kinerja komputer anda. Yang dimaksud dengan berat yaitu program yang menyita memori sistem dan memori pada harddisk yang besar. 

Cara mengatasi komputer lambat karena banyak program yang terinstall. Anda harus mengenali kekuatan dari system komputer anda seperti yang saya sebutkan tadi yaitu kecepatan prosessor, RAM, harddisk dan jenis system operasi yang dipakai (biasanya system opeasi windows). Jika anda sudah mengenal spesifikasi komputer anda, maka intall program-program yang bisa dioperasikan oleh sistem anda dalam posisi tidak memberatkan. Atau dengan kata lain hindari menginstall program-program dengan kapasitas besar dalam jumlah banyak. Program berkapasitas besar biasaya program antivirus, game dan program picture editor (seperti phooshop). Jika anda ingin sekali menginstall program yang berat, maka usahakan untuk uninstall terlebih dahulu program berat lainnya. Nanti anda bisa install program tersebut pada saat dibutuhkan (dengan catatan anda memilki file installernya atau file masternya).

Komputer lambat disebabkan banyak service yang berjalan pada memori. Yang saya tahu mengenai sistem operasi windows yaitu pada saat kita startup komputer maka sistem komputer akan menjalankan service-service yang kebanyakan adalah berhubungan dengan keperluan operasional system windows. Tapi banyak juga service yang aktif untuk mendukung jalannya suatu program. Jadi pada saat kita menginstall suatu program, maka program tersebut menanamkan pada system suatu perintah service yang akan selalu aktif pada saat komputer dinyalakan. Program yang paling sering menggunakan perintah service ini adalah program antivirus. Memang sih kebanyakan program itu memiliki file service sendiri yang berjalan di system apalagi progra-program kelas berat. 

Cara mengatasi komputer lambat karena banyak service yang berjalan pada memori. Anda bisa melihat dan mengubah semua service-service yang aktif pada system operasi anda. Caranya yaitu dengan mengetikkan kata-kata "services.msc' pada jendela run. Pada windows 7 anda tinggal mengetikkan kata-kata berikut di kotak pencarian. Kotak pencarian tersebut tampil jika kita mengklik tombol start pada sudut kiri bawah. Enabled-kan service-service yang memang diperlukan. Disabled service-service yang tidak perlu untuk anda. Catatan : jika anda tidak mengerti keterangan dari setiap service, maka jangan melakukan perubahan. Takutnya service yang anda ubah tersebut adalah service windows yang sangat vital.

Berikut tampilan service-service yang ada pada sistem komputer kita | cara mempercepat komputer
jendela service windows
Gambar tampilan service windows

Komputer lambat disebabkan banyak program yang aktif otomatis pada saat komputer menyala (program di startup). Program yang disetting otomatis untuk running sendiri pada saat komputer menyala, juga dapat menyebabkan komputer anda lambat (lelet). Saya dulu senang sekali mempelajari perintah-perintah windows supaya bisa mengaktifkan program secara otomatis. Tentunya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat program start up salah satunya dengan mamanipulasi registry. 

Cara mengatasi komputer lambat disebabkan oleh program yang berjalan (running) otomatis pada saat komputer dinyalakan (dihidupkan). Pilihlah program-program yang akan dijalankan otomatis sesuai kebutuhan. Jika tidak perlu diaktifkan secara otomatis, maka aktifkan saja program pada saat mau digunakan. Banyak program-program yang membuat dirinya aktif otomatis (maklum mau menunjukkan eksistensinya di sistem kita). Non-aktifkan saja yang tidak membutuhkan pengaktifan otomatis. Karena jika terlalu banyak program yang start up otomatis maka pada saat anda menghidupkan komputer, loading windowsnya akan lama sekali.

Cara mengatasi komputer lambat karena banyak program startup (running otomatis). Untuk mengetahui program-program yang akan otomatis aktif pada saat sistem windows anda aktif yaitu dengan cara membuka jendela system configurasi (msconfig). Cara membuka jendela system configurasi yaitu dengan mengetikkan kata-kata "msconfig" dijendela run. Pilihlah tab startup, kemudian hilangkan centang checkbox pada list program yang ktia tidak inginkan aktif otomatis. 

Berikut ini tampilan windows system configuration (msconfig) | cara mempercepat kinerja komputer

system configuration (msconfig)
system configuration (msconfig)

Penyebab Komputer Lambat dan Cara Mengatasinya.

Komputer menjadi lambat disebabkan oleh antivirus yang tidak sesuai. Anda jangan heran jika setelah anda menginstall antivirus maka komputer anda menjadi sangat lambat (lelet). Kalau kasus yang satu ini saya juga sering mengalami sendiri. Karena kita ingin aman dari virus, maka kita install antivirus yang memerlukan spesifikasi komputer yang besar. Contohnya komputer pentium 3 anda install antivirus berat sekelas norton dan mcafee. Maka wajar jika komputer anda langsung lelet setelah anda install antivirus. 

Tips, cara mengatasi komputer yang lambat karena disebabkan anvirus yang tidak sesuai. Install atau pasanglah antivirus yang sesuai spesifikasi komputer anda. Gunakan antivirus yang bisa di update, gunanya untuk menghadapai jenis virus-virus yang baru. Bila boleh memberi saran, saya menyarankan anda supaya menggunakan antivirus gratisan dari microsoft yaitu security essentials. Saya yakin anda akan sangat puas dengan kinerja antivirus ini (maklum buatan microsoft langsung). Tetapi untuk bisa menginstall antivirus keren ini, windows anda harus genuine alias asli. Kelebihan dari antivirus satu ini yaitu sangat ringan untuk system dan bisa mengatasi hampir semua virus yang ditemukan.

Penyebab Komputer Lambat dan Cara Mengatasinya

Komputer menjadi lembat disebabkan oleh semerautnya file-file data pada komputer. Yang harus anda ketahui adalah bahwa setiap kali kita melakukan install dan uninstall program, maka akan menyisakan file-file (temp file) atau meninggalkan perubahan pada hubungan antar file pada system. Apalagi kalau proses uninstall program tidak sampai membersihkan sisa-sisa file secara keseluruhan. Lama-lama file yang tersisa tersbut akan menumpuk. Utau instalasi program yang ada sangkut pautnya dengan program lain, jadi pada saat install dan uninstall program seperti ini akan membuat perubahan setting pada program lain.
Cara mengatasi komputer lambat karena file-file yang tidak teratur. Untuk mengatasi masalah yang satu ini anda bisa melakukan dua cara sekaligus yaitu tahap cleaning files (pembersihan) dan tahap defragmentasi (penyusunan kembali). Lakukan pembersihan terhadap file-file temp yang merupakan file sampah dengan menggunakan software registry cleaner yang ada. Jika anda tidak punya sofwarenya anda bisa melakukan proses cleaning dari windows. Caranya klik kanan pada disk drive yang akan anda bersihkan (misalnya : drive c, drive d dan selanjutnya) lalu pilih properties. Setelah jendela properties keluar pilihlah tab "general", lalu klik "disk cleanup" pada bagian kanan bawah. Pilih more options untuk melakukan cleaning tingkat lanjut. Untuk cara mengatasi komputer lambat dengan defragmentasi anda juga bisa menggunakan software khusus atau menggunakan perintah defragmentasi bawaan windows. Caranya sama dengan langkah cleanup, yaitu klik kanan pada drive yang akan didefrag, kemudian pilih tab "Tool" dan lakukan deframentasi.

Berikut tampilan windows defragment yang merupakan salah satu cara untuk mempercepat kinerja komputer anda.
Defragment windows | cara mempercepat komputer

Komputer menjadi lambat disebabkan karena file system windows sudah rusak (corrupt). Dalam kondisi yang parah anda tidak bisa masuk ke sistem windows jika file system windows yang vital menjadi corrupt. Rusaknya file-file system windows bisa disebabkan oleh kesalahan pakai oleh kita atau bisa juga corrupt karena infeksi virus. Yang banyak kita temukan yaitu file rusak karena file tersebut sudah terinfeksi virus. Sehingga file yang semula masih bersih, akan ditambahkan oleh virus perintah-perintah programnya. Ciri-ciri file yang corrupt adalah berubahnya ukuran file. Menurut saya, file system yang paling sering corrupt adalah file "explorer" yang fungsinya untuk membuka jendela windows explorer.

Cara mengatasi dan memperbaiki komputer lambat yang disebabkan file sistem corrupt. Lakukan repair sistem dengan menggunakan disk master instalasi windows. Jika anda tidak bisa melakukannya anda bisa meminta bantuan tenaga service komputer. Untuk mengatasi atau menghindari supaya file sistem anda tidak rusak yaitu pasanglah antivirus pada komputer anda, dan gunakan komputer dengan bijak.

Komputer lambat disebabkan koneksi jaringan / network (LAN). Peyebab komputer lambat satu ini yaitu biasanya terjadi pada komputer yang terhubung dalam jaringan intranet dengan koneksi LAN. Contohnya seperti komputer yang ada di kantor-kantor termasuk juga di kantor tempat kita bekerja.

Cara atau Tips mengatasi komputer lambat akibat koneksi jaringan (LAN). Jika terdapat suatu komputer yang sedang mempengaruhi jalannya komputer lain, maka komputer yang terpengaruh tersebut akan menjadi lambat. Contohnya pada saat kita mengcopy file yang ada pada suatu komputer yang di sharing, maka komputer tempat kita mengcopy itu juga akan melakukan proses. Dan bayangkan jika aktivitas tersebut dilakukan oleh suatu virus, worm, trojan, malware, spy dan program sejenis secara terus menerus. Jelas saja komputer yang terpengaruh tersebut akan menjadi sangat lambat. 

Komputer yang lambat disebabkan harddisk yang sudah tua. Perlu anda ketahui bahwa harddisk komputer bekerja secara mekanis. Sehingga pengaruh aus akan sangat menurunkan kinerja harddisk. Harddisk yang sudah sangat tua dan aus biasanya akan mengeluarkan bunyi yang cukup kuat pada saat komputer dinyalakan. Dengan kinerja harddisk yang menurun maka kinerja komputer juga akan menurun (menjadi lambat).

Solusi, tips atau cara mengatasi komputer lambat karena harddisk yang sudah tua(aus). Usahakan untuk mengganti harddisk yang lama dengan harddisk yang baru. Jika anda belum punya uang, maka tungu sampai punya uang (wkwkkkk.kk). Jika anda bisa buat harddisk sendiri baru anda tidak perlu untuk membeli harddisk yang baru.

Tambah memori komputer jika anda suka memakai program-program yang memerlukan memori yang besar seperti program game. Agar komputer anda tidak menjadi lambat akibat banyaknya program yang berjalan, salah satu cara mengatasinya yaitu menambah keping RAM yang dipasang pada mother board. Dahulu RAM dijual dengan kapasitas 128 MB, 256, MB dan terbesar 512 MB, tetapi sekarang kapasitas RAM sudah sangat besar-besar. Bahkan bisa mencapai beberapa GB (gyga byte).

Gunakan software khusus untuk mengatasi komputer yang lambat. Salah satu cara yang cukup simpel untuk mengatasi dan memperbaiki kinerja komputer yang lambat yaitu dengan memasang program khusus yang fungsinya untuk melakukan maintenance atau setting bagian-bagian system tertentu sehingga kinerja komputer akan cepat dan maksimal. Jadi semua langkah-langkah atau cara-cara terangkum dalam satu software khusus. Setau saya banyak software yang berfungsi untuk mempercepat kinerja komputer, anda tinggal mencarinya di internet. Salah satu sofware yang saya tahu yaitu "anvaced system cared", anda bisa mencoba software tersebut. Bagi saya pribadi software tersebut cukup memuaskan, jadi komputer saya jarang terkena penyakit lelet (lambat).

Cukup sekian cara-cara mengatasi komputer lambat dari saya, semoga bisa anda terapkan pada komputer anda yang sudah mulai melambat. Terus terang siapa saja akan menjadi terganggu oleh kinerja kompuer yang lambat. Contoh : kita seharusnya bisa menyelesaikan tugas yang banyak pada hitungan jam, tetapi karena komputernya lambat maka kita hanya bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Cara Mengatasi Komputer Lambat ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :