ilokasi

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Para pelamar pekerjaan yang baru tamat kuliah biasanya belum bisa membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Padahal pada waktu kuliah, mereka biasanya diajarkan cara membuat contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Salah satu cara kita mengenalkan diri dengan internal perusahaan yang kita tuju adalah melalui surat lamaran. Semakin bagus dan menarik isi surat anda, maka semakin besar peluang anda untuk dipanggil mengikuti tes wawancara atau psikotest. Tapi banyak juga yang memang lebih mengutamakan data diri pribadi kita seperti curiculum vitae, karena data tersebut mengandung informasi tingkat pendidikan, pengalaman ataupun skill kita. Yang pasti jangan sampai anda ditertawakan karena mengirimkan format dan isi surat yang sembarangan seperti surat cinta untuk pacar.

Jika anda ingin melamar pekerjaan pada perusahaan bonafit berkelas internasional, sebaiknya anda menggunakan surat lamaran kerja yang berbahasa inggris. Hal ini agar anda kelihatan seperti orang yang profesional dan layak untuk bekerja di perusahaan yang professional tersebut. Setahu saya perusahaan asing biasanya bergerak di bidang perminyakan seperti caltex, conoco phillips, petronas, dan banyak lagi lainnya. Gaji untuk sarjana S1 berkisar 7jt sd 8jt, itu untuk pegawai yang baru masuk bekerja. Semakin lama masa kerja tentunya gajinya akan semakin naik.


Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh surat lamaran kerja dengan format lurus samping kiri.  Jadi semunya ditulis pada sisi kiri dengan poisisi lurus ke bawah. Saya sendiri lebih sering menggunakan format surat lamaran yang seperti ini dibanding format-format surat lainnya. Karena saya pikir lebih mudah dan simpel.

Contoh Surat Lamaran Kerja


Kepada Yth,
Bapak Pemimpin Cabang
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
Kantor Cabang Palembang
Jl. Kapt. A Rivai No.100 
Palembang


Dengan hormat,

Melalui surat ini saya sampaikan keinginan saya untuk melamar pekerjaan sebagai petugas marketting sebagaimana dimaksud dalam iklan lowongan pekerjaan di harian Sriwijaya Post tanggal 17 Juli 2012.

Pendidikan terkahir saya adalah S1 jurusan akuntansi di Universitas Sriwijaya Palembang yang telah selesai pada tahun 2011. Saya memiliki kendaraan sendiri (sepeda motor) dan telah mempunyai SIM C dan A.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak, saya lampirkan beberapa dokemuen berikut :
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy ijazah terakhir (legalisir)
  • Surat Keterangan Berkelakukan Baik dari Kepolisian
  • Fotocopy Sertifikat Kursus/Pelatihan Komputer dan Bahasa Inggris
Besar harapan saya agar dapat diberi kesempatan untuk wawancara, dan dapat menjelaskan lebih terperinci tentang diri saya.

Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatian bapak saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Abdullah

Surat lamaran yang benar tentunya dapat memberikan nilai tambah untuk anda sebagai pelamar. Biasanya petugas seleksi penerimaan (HRD/Rutang) akan memberikan respect yang positif pada calon pekerja yang dianggap pintar dan teliti. Oleh karena itu selain memulai dengan niat yang benar, anda harus melakukan atau menyelesaikan setiap tahap penerimaan dengan benar agar peluang anda diterima semakin besar.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar


Perihal : Lamaran Pekerjaan


Kepada Yth,
Manager HRD
PT. Makmur Selalu
Jl. Burung Dara No.54
Jakarta Selatan


Dengan hormat,


Sehubungan dengan informasi lowongan kerja pada harian Post Kota tanggal 17 Juli 2012, bahwa perusahaan Bapak membutuhkan tenaga teknisi instalasi listrik pabrik, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :


Nama                         : Budi Utomo
Tempat Tanggal Lahir  : Gunung Tinggi, 20 Januari 1987
Jenis Kelamin              : Laki-laki
Agama                        : Islam
Pendidikan                  : S1 Elektro Universitas Sriwijaya
Alamat                        : Jl. Burung Elang No.101 Palembang, Sumatera Selatan
Email                           : budi_utomo@jagoo.com
HP                              : 08123456789


dengan ini mengajukan permohonan untuk bisa mengisi lowongan pada bidang pekerjaan tersebut di perusahaan yang Bapak pimpin. Sebagai bahan pertimbangan Bapak, saya lampirkan masing-masing 1 (satu) lembar :
  • Curiculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup)
  • Fotocopy Ijazah terakhir (legalisir)
  • Fotocopy sertifikat kursus komputer
  • Surat Berkelakuan Baik Dari Kepolisian

Demikian surat lamaran ini saya ajukan. Besar harapan saya untuk dapat diberi kesempatan untuk mengikuti tes wawancara bersama Bapak.


Atas perkenan Bapak, saya ucapkan terima kasih.


Hormat Saya.



Budi Utomo

Surat lamaran kerja yang baik ikut menentukan kesempatan anda agar bisa dipangil pada tahap tes wawancara. Anda harus bisa membuat surat lamaran yang jelas dan berisikan informasi-informasi penting. Jangan asal membuat surat lamaran sehingga yang membaca mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi anda. Usakan ada informasi kontak yang bisa dihubungi seperti alamat rumah, nomor telpon (hp) dan alamat email. Jadi anda tidak sulit untuk dihubungi ketika akan diikutkan tes seleksi.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik


Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Bpk/Ibu Pempinpin

PT......(nama perusahaan).......
Jl....(nama jalan) (nomor)........
..(nama kota)..........................

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja pada .............. tanggal ..............., bahwa perusahaan Bapak sedang membutuhkan ..............., maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                         : ................................
Tempat Tanggal Lahir  : ............, ..................
Jenis Kelamin              :.................................
Agama                        :.................................
Pendidikan                  :.................................
Alamat                        : Jl...(nama jalan)......, ...(nama kota), ....(provinsi), Kode Pos : .........
Email                           : ..............@........com
HP                              : 08..................

dengan ini mengajukan permohonan untuk bisa mengisi lowongan pada bidang pekerjaan tersebut di perusahaan yang Bapak pimpin. Sebagai bahan pertimbangan Bapak, saya lampirkan masing-masing 1 (satu) lembar :
  • ..........................................
  • ..........................................
  • ..........................................
  • ..........................................
Demikian surat lamaran ini saya ajukan. Atas perkenan Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya.

      ttd

(nama anda)

Itulah sekilas contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar yang bisa saya hadirkan untuk anda. Tetaplah terus semangat untuk mencari pekerjaan sebagai sumber pemenuhan nafkah anda dan keluarga di masa akan datang. Berusahalan untuk mensyukuri apa-apa yang telah digariskan oleh Allah SWT pada anda. Salam sukses dari saya, SEMANGAT.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :