Kulit Manggis Obat Alami Untuk Mengobati Insomnia

Obat Untuk Mengobati Insomnia - Apakah anda tahu bahwa sesungguhnya kulit manggis adalah merupakan salah satu obat alami yang cukup ampuh untuk mengobati penyakit insomnia atau susah tidur. Betapa menderita kita yang mengalami suatu keadaan yang sangat susah untuk tidur sehingga badan terasa sangat lemas karena kurangnya istirahat. Bahkan untuk penderita insomnia yang sudah parah bisa mengalami kondisi tidak tidur dalam beberapa minggu hingga beberapa bulan. Tapi mudah-mudahan informasi yang akan saya sharing mengenai buah manggis ini dapat memberikan manfaat untuk anda penderita insomnia.

Saya sendiri pernah mengalami penyakit insomnia. Dulu ketika insomnia saya kambuh, saya bahkan sampai menangis karena tidak mampu untuk tidur hingga pagi. Betapa menderitanya saya jika saya ingat waktu itu, apalagi seharian harus kerja dengan kondisi yang sangat tidak mendukung. Untuk saya pribadi, timbulnya penyakit susah tidur ini merupakan kesalahan saya sendiri. Yakni karena seringnya dulu saya bergadang (tidur hingga larut malam) sambil minum kopi dan merokok dalam jumlah banyak. Dan kebiasaan itu hampir saya jalani tiap malam pada masa-masa kuliah. Maklum dulu ada mata kuliah yang harus dibuat laporannya setelah praktikum. Celakanya saya dulu malas untuk mengerjakan pada waktu sore atau sebelum menjelang tengah malam. Kebiasaan berkelakar dan bergitar di rumah kost-an teman menjadi penyebab mengapa saya sering mengerjakan tugas laporan pada saat tengah malam.

Jangan sampai anda merencanakan dengan sengaja untuk tidur pada jam tertentu ketika terjadi insomnia. Ini merupakan sesuai pengalaman pribadi tetapi saya tidak menjamin akan sama jika terjadi pada orang lain, tapi menurut saya hasilnya tidak akan jauh berbeda. Misalnya sudah beberapa hari anda mengalami susah untuk tidur dan selalu harus menunggu berjam-jam lamanya hingga tertidur. Kemudian anda dengan sengaja merencanakan nanti malam akan tidur lebih awal (misalnya jam 08.00 malam), maka yang terjadi malah sangat susah untuk menghilangkan kesadaran dalam tidur. Hal ini karena sebelum tidur kita sudah dihantui ketakutan akan sulitnya tidur, sehingga efek psikologis akan membuat kita benar-benar dalam kondisi yang sangat sulit. Pada saat sedang melalui hari-hari dengan insomnia, maka saya dulu berusaha untuk tertidur pada kondisi yang tidak disengaja (seperti nonton televisi). Tetapi saya tidah tahu penjelasan secara ilmiah apakah tindakan saya itu benar atau salah, yang pasti dengan begitu saya dapat tertidur.

Apa saja yang menyebabkan susah tidur atau insomnia. Kali ini saya akan menjelaskan sesuai pendapat dan pengalaman pribadi saya, jadi anda bisa mempertimbangkan dengan referensi dari sumber lain yang mungkin penjelasannya lebih ilmiah. Disamping saya sendiri, ibu saya juga pernah mengalami insomnia hingga tidak bisa tertidur berminggu-minggu. Makanya bagi anda yang membaca mudah-mudahan bisa terbantu oleh artikel ini. Menurut saya penyebab susah tidur itu antara lain :
  • Terbiasa tidur hingga larut malam ditambah dengan komsumsi kopi dan rokok berlebihan. Jika anda senang bergadang hingga jam 2 atau jam 3 pagi setiap malam, maka siap-siaplah anda akan terkena penyakit yang namanya insomnia. Usahakan beristirahat secara rutin sesuai jam istrirahat yang benar, sebagai seorang muslim maka setelah sholat isya adalah pertanda bahwa kita harus istirahat tidur malam. Dengan jadwal tidur yang benar akan membuat kita terbangun pada jam-jam yang benar pula. Tidur sebelum jam 9 malam akan membantu kita untuk terbangun pada jam 5 subuh dan melakukan sholat shubuh. Disamping itu kita akan merasa segar dan siap untuk melakukan pekerjaan dengan semangat yang tinggi.
  • Terbiasa mengkonsumsi obat-obatan yang dapat memberikan efek tidur seperti obat anti mabok kendaraan. Saya dan ibu saya termasuk orang yang mudah muntah pada saat melakukan perjalanan jauh, oleh karena itu saya sering meminum obat anti mabok supaya tidak mual dan dapat tertidur pulas dalam perjalanan. Hasilnya memang saya dapat tidur pulas sepanjang perjalanan dan terbangun pada posisi sudah sampai tujuan. Tapi ternyata ibu saya yang dari muda rajin mengkonsumsi obat seperti ini terkena dampaknya setelah pada usia lanjut.
  • Sering berpikir keras sebelum tidur. Jangan sekali-kali anda membiasakan untuk berpikir keras pada saat anda akan tidur. Ini juga salah satu pengalaman pribadi saya. Dulu saya sering memikirkan dengan keras suatu masalah baik yang berhubungan dengan pekerjaan atau pelajaran. Atau bahkan memanfaatkan waktu sebelum tidur sebagai waktu mencari solusi atas pertanyaan-pertanyaan yang belum sempat terjawab. Akibatnya dulu saya mengalami kondisi dimana mata saya sangat mengantuk berat tetapi pikiran saya melayang-layang tak tentu arah dan tidak dapat mencapai kondisi lupa diri (tidur). Kalau anda tidak percaya anda bisa mencoba sendiri.
Mungkin selain 3 penyebab di atas, masih banyak penyebab lainnya yang bisa dibuktikan dengan penelitian ilmiah. Tetapi sekali lagi, saya sengaja membuat artikel ini khusus sesuai pengalaman pribadi saya. Sehingga jika ada yang mengalami kondisi yang sama, maka anda boleh mencoba pesan-pesan dari saya yang sudah mengalami.

Sekilas mengenai khasiat buah dan kulit manggis untuk kesehatan tubuh. Manggis merupakan tumbuhan yang banyak tumbuh di Indonesia dan dapat kita temui dengan mudah sejak jaman nenek moyang dulu. Manggis mengandung senyawa aktif yang sangat luar biasa yaitu Xanthone. Adapun khasiat dari kulit manggis selain dari obat insomnia adalah :
  • Sebagai obat alami anti peradangan
  • Sebagai obat alami penghambat pertumbuhan sel kanker
  • Sebagai obat alami anti jamur
  • Sebagai obat alami penangkal terhadap radikal bebas
  • Sebagai obat alami penghambat penuaan
  • Masih banyak lagi khasiat dan manfaat dari kulit manggis lainnya

Cara membuat ramuan dari kulit manggis sebagai obat alami untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk sebagai obat penyakit susah tidur :
  • Ambil beberapa kulit manggis yang sudah matang dan cuci sampai bersih
  • Potong-potong menjadi bagian-bagian kecil kemudian rebus dengan air kira-kira takaran tiga gelas
  • Setelah air menjadi takaran 1 gelas, saring dan dinginkan air rebusan
  • Tambahkan madu jika ada, kemudian minum 2 kali sehari.
  • Mudah-mudahan dapat membantu
Anda bisa membeli produk yang sudah jadi jika anda malas dan ragu untuk membuat sendiri ramuan atau jus kulit manggis. Setahu saya sekarang mungkin anda sudah sering mendengar atau mendapat tawaran untuk membeli produk yang terbuat dari kulit manggis. 

Kalau ibu saya sendiri mengkonsumsi jus kulit manggis yang sudah dijual dalam bentuk produk. Hasilnya cukup memuaskan dan dapat berangsur-angsur bisa tidur dengan normal. Padahal sebelumnya ibu saya sudah mencoba obat dari dokter untuk beberapa kali tetapi hasilnya nihil. Ibu bisa tidur jika pada saat minum pil tidur, tetapi jika tidak minum maka tidak akan bisa tidur. Sudah mencoba ke rumah sakit yang lebih canggih dengan dokter yang lebih memadai, tetapi tetap juga masih ketergantungan pada obat tidur. Yang celakanya bahkan lama-kelamaan obat tidur tersebut harus dinaikkan dosisnya karena tidak lagi berpengaruh. Tapi syukur Alhandulillah, setelah ibu saya meminum jus kulit manggis yang dibelikan oleh kakak perempuan saya, ibu saya mulai bisa tidur dengan normal. Bukannya saya mau promosi produk tertentu, tetapi ini merupakan murni pengalaman pribadi yang siapa tahu dapat membantu orang lain yang mengalami hal sama.

Itulah sekilas cerita pribadi saya mengenai khasiat kulit manggis sebagai obat alami untuk mengobati insomnia. Jika anda memilki cara lain untuk mengobati susah tidur, maka saya harap anda bisa sharing di kotak komentar. Karena siapa tahu akan dapat membantu banyak orang yang sama-sama mengalami penderitaan akibat tidak bisa tidur selama berhari-hari, berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Kulit Manggis Obat Alami Untuk Mengobati Insomnia ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Komentar Menggunakan Akun Facebook :