Kumpulan Ucapan Selamat Nikah | Kata-Kata Ucapan Pernikahan

Biasanya kita akan memberikan kata-kata ucapan selamat menempuh hidup baru kepada teman atau saudara kita yang sedang melangsungkan pernikahan. Isi dari ucapan bermacam-macam mulai dari harapan, doa sampai nasehat-nasehat pernikahan yang tentunya dapat berguna bagi kedua mempelai yang baru akan mengayuh biduk rumah tangga. Yang berperan besar dalam berhasilnya suatu biduk rumah tangga adalah terletak pada tangan si pemimpin (mempelai pria), itu karena dialah yang memegang kemudi kemana biduk hendak diarahkan. Dia harus bisa bertindak tegas kepada istri ketika tindakan itu harus dilakukan dan harus bisa menjadi sosok pengasih dan penyayang kepada anak dan istri agar terjalin hubungan yang harmonis.
  
Jika anda ingin memberikan sms ucapan pernikahan bahasa inggris maka pada postingan sebelumnya saya sudah bagi beberapa contoh. Hanya saja saya belum sempat membuat kata ucapan selamat nikah dalam bahasa daerah seperti jawa, sunda, minang, batak dan bahasa daerah lainnya. Maklum saya lebih mengerti bahasa inggris dibandingkan bahasa daerah selain daerah saya berasal (jiiiiaaaahhh....). Kalau bahasa ingris tahunya cuma sedikit, kalau bahasa daerah ga ada yang tahu sama sekali.

Ucapan selamat menikah paling sering kita temui tertera pada kartu ucapan pernikahan yang setahu saya tinggal kita beli di toko-toko percetakan. Kartu bisa juga disertakan pada kado yang hendak diberikan kepada pengantin. Pada halaman kartu biasanya sudah tertulis kata-kata mutiara sebagai ucapan selamat kepada kedua mempelai. Bahkan terkadang ada juga kartu yang berisikan puisi-puisi dan pantun pernikahan. Puisi juga sering dicantumkan pada halaman undangan pernikahan.

Kita bisa juga memberikan ucapan yang berisikan nasehat tentang hikmah pernikahan walaupun biasanya telah disampaikan oleh penghulu atau ustadz yang menjadi saksi pernikahan. Di dalam islam, yang terpenting dalam memberikan kata-kata selamat kepada mempelai adalah berupa nasehat atau hikmah pernikahan. Dimana kedua pengantin suami isteri diberi pengetahuan tentang hak dan kewajiban masing-masing yang sesuai tuntunan Al-quran dan Hadits Nabi Muhammad SAW.

Kumpulan Ucapan Selamat Pernikahan 

Selamat menempuh hidup baru
Semoga menjadi keluarga yang saqinah, mawaddah dan warrohmah
Mendapatkan keturunan yang sholeh dan sholeha
Diberikan rejeki yang berkah
Senantiasa dalam lindungan dan kasih sayang Allah SWT

Sahabatku ...
Hari ini kalian berdua telah menjadi satu
Hiduplah rukun dan berkasih-kasihan
Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmatnya kepada keluarga kalian

Dua hati telah berpadu
Dalam ikatan yang kukuh
Janganlah saling menyakiti
Hiduplah dengan tenang dan penuh kebahagiaan

Ya Allah sempurnakanlah kebahagiaan kedua saudaraku ini
Dengan menjadikan pernikahan mereka sebagai ibadah kepada-Mu
Dan bukti pengikat cinta kepada Rasulullah


Teman
Selamat mengarungi biduk rumah tangga
Semoga kalian bisa saling mencintai dikala dekat
Saling menjaga kehormatan dikala jauh
Saling menghibur dikala duka
Saling mengingatkan dikala suka
Saling mendoakan dalam kebaikan dan ketaqwaan
Dan saling menyempurnakan dalam beribadah kepada Allah SWT


Ya Allah anugerahkanlah kepada mereka pasangan hidup dan keturunan yang menyejukkan hati mereka, dan jadikanlah mereka sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa.


Doa Rasulullah Saw pada pernikahan Ali Bin Ali Thalib dan Fatimah
"Semoga Allah SWT menghimpun yang terserak dari keduanya, memberkati mereka berdua, kiranya Allah meningkatkan kualitas keturunan mereka. Menjadikan sebagai pembuka pintu rahmat, sumber ilmu
dan hikmah serta pemberi rasa aman bagi umat." 

Pantun pernikahan
Pilih pilih tempat mandi
Pertama teluk kedua pantai
Pilih pilih tempat menjadi
Pertama elok kedua pandai

Nasehat untuk suami
Dalam gelap durian gugur
Dikumpul dapat berpikul-pikul
Kalau tersilap boleh ditegur
Tapi jangan dipukul-pukul


Cukup sekian ucapan selamat perkawinan yang bisa saya sharing dengan teman-teman, jika ada kata-kata yang tidak pas maka anda bisa meggantinya dengan bahasa sendiri. Siapa tahu kata-kata ucapan pernikahan yang anda buat lebih bagus dan indah didengar. Yang pasti jangan lupa memasukkan pesan nasehat kebaikan, agar kedua mempelai bisa menyadari betapa pentingnya membina kelarga yang baik dan dirahmati.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Kumpulan Ucapan Selamat Nikah | Kata-Kata Ucapan Pernikahan ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :