Mayonaise | Apa Itu Mayonaise

mayonaise
Mayonaise adalah salah satu masakan (saos) yang terbuat dari hasil emulsi minyak, kuning telur dan air jeruk lemon (cuka). Mayonaise ini diduga kuat berasal dari daerah yang bernama Mahon di negara Spanyol. Walaupun sebenarnya banyak negara yang sudah lama mengkonsumsi mayonaise ini sudah sejak lama seperti negara Prancis, Italia, Russia, Belanda dan hampir semua negara-negara Eropa. Mayonaise juga banyak dikonsumsi oleh penduduk Amerika Utara dan Jepang.

Mayonaise awalnya berasal dari kata 'salsa mahonesa' yaitu bahasa spanyol, kemudian populer dengan bahasa francis yaitu 'mayonnaise'.  Mayones bisa saja mempunyai rasa yang berbeda-beda tergantung pada kreatifitas yang membuatnya. Selain bumbu dasar seperti garam dan asam, anda bisa juga menambahkan rempah-rempah lainnya agar bisa mendapatkan rasa yang sesuai dengan selera.

Setiap negara mempunyai ciri mayonaise yang berbeda-beda yaitu ada yang berwarna putih dan cream. Semua itu tergantung dari selera masing-masing, pada setiap negara ada yang membuat mayonaise ini dari bahan-bahan yang sedikit berbeda. Contohnya pada negara Francis, mayonaise biasanya dibuat dengan menyertakan mustard, sedangkan pada negara Spanyol dan Italia lebih sering menggunakan minyak zaitun.

Dalam dunia produksi secara komersial, mayonaise biasanya dibuat dengan menggunakan telur yang utuh yaitu tetap mengikutkan putih telur. Bahkan ada yang bisa dibuat hanya dengan menggunakan putih telur yang dikocok dengan putaran mesin yang telah disesuaikan, kemudian ditambah dengan air jeruk atau bumbu-bumbu lainnya. Maka hasilnya mayonaise yang terbuat dari putih telur tersebut bisa mempunyai rasa yang mirip dengan yang terbuat dari kuning telur.

Mayonaise sering disajikan dengan kentang goreng atau keripik yaitu seperti pada negara Belanda, Jerman, Denmark dan Belgia. Atau bisa juga disajikan dengan ayam atau telur rebus seperti pada negara Prancis, Inggris dan Eropa Timur.

Saya rasa cukup sekian sekilas penjelasan saya tentang mayonaise dan dari mana asal mulanya. Mudah-mudahan anda tidak kagok ketika dihidangkan makanan dengan saos mayonaise, sampai-sampai anda takut untuk memakannya. Padahal mayonaise itu hanya terbuat dari bahan-bahan yang sangat sederhana.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Mayonaise | Apa Itu Mayonaise ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :