Hendaknya Kita Semua Pernah Mengetahui Maksud Isi Alquran Dari Awal Hingga Akhir

Al-Quran itu jelas dan mudah dimengerti tidak perlu diartikan terlalu terperinci hingga melebar ke kanan dan ke kiri. Yang mempersulit itu kebanyakan para ulama (Quraish Shihab). Dan saya juga merasakan begitu. Membaca dan mengetahui maksud dari isi Alquran itu bukanlah ranah atau wilayah para ulama saja, tetapi kita segenap manusia. Karena di dalam Alquran terdapat ayat-ayat Allah SWT yang menyerukan kepada segenap manusia. Alquran itu diturunkan bukan untuk dibaca oleh sebagian golongan melainkan untuk kita semua khususnya umat manusia.

Mungkin sejak kita SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi dan sampai sekarang, sudah sering membaca buku-buku pelajaran, majalah, buku cerita dan buku-buku lainnya yang jika diakumulasikan isinya juga tidak kalah banyak dari Alquran. Tapi barangkali kita sendiri belum pernah membaca Alquran itu dan maknanya dari awal hingga akhir. Padahal Alquran itu adalah Firman Tuhan Penguasa Segenap Alam ini, Allah SWT. Tidak inginkah kita mengetahui apa-apa saja yang diserukan oleh Allah itu kepada kita walaupun hanya sebatas pernah mendengarkan. Tetapi setidaknya kita pernah mendengar semua seruan Allah itu secara keseluruhan. Apakah mungkin Allah SWT menurunkan seruan-seruan Nya itu dan manusia boleh tidak untuk mengetahui. Dan tidak mungkin isi Alquran itu tidak penting untuk kita ketahui walaupun hanya satu ayat

Apakah mungkin isi Alquran itu sangat sulit dicerna oleh otak manusia pada umumnya. Apakah mungkin Allah ingin sia-sia menurunkan firman-Nya hanya karena kebanyakan akal manusia tidak bisa untuk memahaminya. Apakah mungkin kita untuk mengetahui isi Alquran itu harus dengan mengungkap sandi2 seperti halnya mencari petunjuk mencari harta karun di film-film.

Ya Allah, mudah-mudahan aku bisa menyelesaikan membaca dan mengetahui semua isi Alquran dari awal hingga akhir. Dan jadikanlah selalu tertanam dan berbekas dalam ingatanku apa2 saja yang sangat berguna untukku dari Alquran dalam menjalani kehidupan ini. Dan jadikanlah tulisanku ini sebagai pengingat bagiku akan niatku itu.(23 Juli 2013).

Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Hendaknya Kita Semua Pernah Mengetahui Maksud Isi Alquran Dari Awal Hingga Akhir ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :