Rumus Vlookup di Excel | Rumus Vlookup Yang Ampuh Untuk Laporan Kinerja

Rumus vlookup adalah rumus yang digunakan untuk mencari data pada suatu tabel atau array dengan memanfaatkan adanya data lain yang sama. Rumus vlookup merupakan salah satu formula yang sangat ampuh dan powerful yang selalu terdapat di excel setiap versi office seperti microsoft office, open office, king soft dan libre office. Tahukah anda rumus vlookup ini mampu menghandle berbagai keperluan report data. Baik itu report data keuangan atau report data lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan kantor. Saya sendiri sudah membuktikannya, yaitu dengan pengembangan yang tepat semua pekerjaan yang pada awalnya perlu banyak tenaga dan waktu untuk menyelesaikannya, bisa anda selesaikan dengan cepat dan akurat menggunakan formula yang satu ini.

Format sysntax rumus vlookup : 
= vlookup(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])
Ket :
lookup_value : nilai acuan yang akan anda adu
table_array : yaitu table/array tempat data yang akan diambil. Syarat utamanya yaitu kolom pertama dari tabel ini adalah sama dengan kondisi value yang akan anda adu tadi.
col_index_num : kolom data yang akan diambil pada tabel tersebut terdapat pada kolom yang keberapa, jika terdapat pada kolom ketiga, maka isikan angka 3. 
range_lookup : biasanya disikan angka 0.

Untuk penulisan format rumus vlookup selalu sama pada setiap jenis excel office yang ada, hanya saja mungkin berbeda tanda pemisah seperti 'koma', atau 'titik koma'.

A. Contoh 1 : Penerapan Sederhana Rumus Vlookup dan Penjelasan Lengkap

Rumus vlookup secara sederhana digunakan untuk mencari data yang ada pada suatu tabel ke tabel yang lain dengan memanfaatkan persamaan nilai anta kedua tabel tersebut. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan kedua gambar tabel di bawah : 

contoh 1 dari penerapan rumus vlookup
Keterangan :

  • Terdapat dua tabel pada gambar yaitu tabel1 dan tabel2.
  • Pada tabel2 anda akan mencari nilai dari 3 kolom yakni kolom jumlah, harga dan total. Nilai tersebut akan diambil dari tabel1 dengan kolom jenis barang sebagai acuan.
  • Untuk kolom 'Jumlah' maka rumusnya adalah = Vlookup(F3,A3:D10,2,0)
  • Untuk kolom 'Harga' maka rumusnya adalah = Vlookup(F3,A3:D10,3,0)
  • Untuk kolom 'Total' maka rumusnya adalah = Vlookup(F3,A3:D10,4,0)
  • Dari rumus vlookup di atas dapat kita saya jelaskan bahwa :
  • Lookup_value = F3, 
  • Untuk file latihan 1 di atas anda bisa donwload disini

B. Contoh 2 : Penerapan Tingkat Lanjut Rumus Vlookup untuk Laporan Series / Berlanjut

Tahukah anda bahwa sesungguhnya rumus vlookup ini berguna tidak hanya sebatas mengambil nilai pada suatu tabel dan menampilkannya kembali di tabel lain seperti contoh sederhana di atas, tetapi vlookup ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk report yang lebih rumit dan komplek.

Salah satu contoh penerapan rumus vlookup untuk kasus yang lebih komplek yaitu penerapan pada laporan series (berlanjut) seperti laporan harian, bulanan atau tahunan. Dengan menambahkan satu tabel parameter sebagai kontrol maka anda akan bisa mendapatkan laporan yang bisa disebut semi-otomasi. Jenis laporan seperti ini biasanya akan anda temui jika anda bekerja sebagai petugas laporan keuangan / kinerja pada suatu perusahaan baik seperti bank ataupun perusahaan lainnya. Untuk lebih jelasnya mari kita perhatian gambar tabel contoh di bawah :

contoh laporan kinerja bank - Halaman Hasil
Gambar 1. Contoh Laporan Kinerja Bank (Halaman Hasil)
 
contoh laporan kinerja bank-tabel data
Gambar 2. Halaman Tabel Data

halaman parameter-contoh laporan kinerja bank
Gambar 3. Halaman Paramter

C. Penjelasan Rumus Vlookup pada contoh 2 (Contoh Laporan Kinerja Bank) sbb:
1. Penjelasan Umum.
  • Gambar 1 merupakan halaman hasil yang kita sesuaikan dengan format laporan yang kita butuhkan, dalam hal ini sebagai contoh sederhana laporan kinerja bank. Pada halaman ini kita tidak melakukan input data sama sekali. Halaman hasil ini akan terisi otomatis sesuai input bulan yang kita pilih pada halaman paramater. Sebagai contoh pada gambar 3 di atas bulan laporan adalah bulan 6 (Juni) tahun 2015, maka data yang tampil pada halaman hasil adalah data untuk bulan Juni 2015.
  • Gambar 2 merupakan halaman yang berisikan tabel data secara series. Tabel data ini merupakan tabel array yang menjadi tujuan pencarian (rumus vlookup) dari halaman hasil yang akan kita tampilkan. Jadi setiap kita melakukan update data setiap bulan, maka kita cukup melakukan entry pada tabel data ini.
  • Gambar 3 merupakan halaman parameter yang berfungsi untuk mengendalikan hasil yang akan kita tampilkan di halaman hasil dengan cara mengisi field bulan dan tahun. Seperti contoh di atas kita mengisi field bulan dengan : 6 dan tahun : 2015, maka data yang ditampilkan pada halaman hasil adalah data untuk bulan Juni 2015.
2. Penjelasan teknis atas penerapan rumus vlookup
  • Mungkin saya akan menjelaskan beberapa hal saja dari contoh laporan di atas yang saya anggap cukup penting untuk diketahui, karena jika saya jelaskan secara keseluruhan mungkin akan sangat panjang sekali dan menguras waktu. Anda bisa mempelajari sendiri secara terperinci dikarenakan contoh file saya lampirkan.
  • data adalah name array untuk range tabel data. Maksudnya range untuk tabel data yakni A5:O17, kita beri nama dengan nama 'data'. Ini berguna untuk memudahkan kita pada saat penulisan rumus vlookup, karena kita tidak perlu melakukan blok pada tabel data untuk array tujuan pencarian, melainkan kita cukup mengetikkan 'data' pada rumus vlookup dan range tabel data sudah terwakili. Penggunaan range name ini sangat berguna pada saat kita membuat rumus secara berulang kali.
  • Field teratas dari kolom tahun lalu pada halaman hasil didapat dengan menggunakan rumus : =VLOOKUP($C8,data,2,0). Maksudnya nilai 'Produk Simpanan 1' pada kolom data tahun lalu pada tabel data akan ditampilkan, ini dikarenakan kriteria yang ditunjukkan oleh C8 = Produk Simpanan 1, dan index = 2 adalah mewakili kolom data tahun lalu merupakan kolom ke-2 pada tabel data. Untuk baris selanjutnya anda cukup copy rumus yang sama dan hasilnya akan menyesuaikan.
  • Field teratas dari kolom target didapat dengan rumus: =VLOOKUP($C8,data,15,0). Ini karena kolom target terdapat pada kolom ke-15 pada tabel data.
  • Field teratas dari kolom Realisasi Bulan Lalu didapat dengan rumus: = VLOOKUP($C8,data,Parameter!$C$20+1,0). Pada rumus inilah kita manfaatkan rumus vlookup yang handal dengan melakukan pengembangan pada bagian index rumus vlookup. Jika sebelumnya index pada rumsu vlookup ditunjuk langsung tetapi kali ini index ditunjuk oleh nilai yang kita inputkan pada halaman paramater. Seperti contoh di atas kita inputkan angka 6 pada halaman parameter field bulan (Parameter!$C$20) maka index yang dibaca oleh rumus vlookup tersebut adalah 6 dan rumus akan menunjuk pada kolom ke 6 dari tabel data. Dan jika kondisinya (Parameter!$C$20+1) artinya 6+1=7 dan rumus vlookup akan menunjuk kolom ke 7 dari tabel data. Jika kita lihat kolom ke-7 pada tabel data, maka kolom tersebut adalah kolom untuk bulan Mei 2015 yang merupakan data bulan lalu dari data laporan berjalan yang kita tentukan yakni Bulan Juni 2015.
  • Field teratas dari kolom Realisasi Bulan Laporan didapat dengan rumus: = VLOOKUP($C8,data,Parameter!$C$20+2,0). Penjelasan sama persis dengan rumus sebelumnya pada realisasi bulan lalu. Hanya saja pada realisasi bulan berjalan ini index pada rumus vlookup adalah (Parameter!$C$20+2), yakni 6+2=8. Dan kolom ke-8 dari tabel data adalah kolom Juni 2015 (sesuai bulan laporan yang kita inputkan pada halaman paramater).
Saya rasa cukup sekian penjelasan saya tentang salah satu rumus yang sangat ampuh di excel yaitu rumus 'Vlookup'. Untuk lebih memahami anda harus melakukan analisa langsung pada file contoh yang saya lampirkan. Pada file yang saya contohkan tersebut tidak mewakili Laporan Kinerja Bank sesungguhnya, itu hanya contoh sederhana yang tentunya pada kenyataannya laporan kinerja pada suatu bank itu akan lebih rumit dan komplek. Tapi dengan memahami sepenuhnya rumus vlookup ini saya yakin anda akan bisa menyesuaikan dengan format laporan sesuai kebutuhan anda.

Lain kali jika berkesempatan saya akan sharing juga tentang rumus di excel yang tidak kalah ampuh yaitu rumus SUMPRODUCT, dimana anda bisa melakukan penambahan data dengan kondisi yang bertingkat-tingkat. Bahkan pada kasus tertentu rumus sumproduct ini bisa mewakili fungsi dari rumus vlookup.

Anda bisa donwload file excel untuk contoh sederhana laporan kinerja bank yang menggunakan rumus vlookup di Excel baik itu microsoft excel, open office, king offeice ataupun libre office. Untuk file yang saya contohkan adalah pada microsoft excel 2007. Download disini

Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Rumus Vlookup di Excel | Rumus Vlookup Yang Ampuh Untuk Laporan Kinerja ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Komentar Menggunakan Akun Facebook :