RUMUS PITAGORAS

Jika anda seorang yang hobbi dengan pelajaran matematika maka saya bisa pastikan bawah anda sudah mengenal rumus pitagoras sewaktu anda duduk disekolah dasar. Rumus ini ditemukan oleh seorang matematikawan dan filsuf yunani yang terkenan yaitu pythagoras (582 - 496 SM). Rumus pitagoras ini adalah rumus yang digunakan untuk mencari panjang sisi segitiga siku-siku. Dimana dengan dua sisi segitiga siku-siku yang diketahui panjangnya maka sisi yang satunya lagi dapat dicari dengan menggunakan rumus ini.

Segitiga siku-siku

Dari gambar segitiga di atas maka dapat disimpulkan bahwa segitiga tersebut adalah segitiga siku-siku, ini karena ada tanda pada salah satu sudut yaitu sudut yang dibentuk oleh sisi a dan b. Untuk contoh segitiga yang seperti ini biasanya sisi a akan disebut tinggi segitiga, sisi b adalah alas segitiga dan sisi c adalah sisi miring segitiga. Dengan menggunakan rumus pitagoras kita bisa mencari panjang dari sisi a,b dan c jika kedua sisi diketahui panjangnya.

Dari rumus itu bisa disimpulkan pemahaman bahwa panjang sisi miring pada segitiga siku-siku adalah sama dengan akar dari penjumlahan kuadrat alas dan tinggi.

Berikut ini adalah rumus pitagoras matematika yang terkenal itu :

Rumus Pitagoras





Dengan bantuan rumus pitagoras ini anda bisa mencari luas pada segitiga sama kaki dan segitiga sama sisi. Bagi saya pribadi rumus ini sangat mudah untuk dipahami tetapi besar manfaatnya dalam penyelesaian beberapa kasus persoalan perhitungan matematika.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel RUMUS PITAGORAS ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :