ilokasi

RUMUS TRAPESIUM

Secara pribadi saya mengamati bahwa trapesium adalah suatu bangun datar yang merupakan perpaduan antara empat persegi panjang dengan segitiga. Sehingga untuk menentukan rumus trapesium tidaklah begitu susah. Karena rumus luas dari trapesium bisa didapat dengan menghitung masing-masing luas empat persegi panjang dan luas segitiga. Ada beberapa jenis bentuk dari bangun datar yang satu ini yaitu trapesium siku-siku, trapesium sama kaki dan trapesium biasa. Pada dasarnya semua adalah sama, hanya saja ada perbedaan pada bentuk sisi.

Rumus Trapesium

I. TRAPESIUM SEMBARANG

Dari gambar trapesium di atas dapat kita bagi menjadi tiga buah bangun datar yang membentuknya. Yaitu satu buah persegi panjang dan dua buah segitiga. Empat persegi panjang DCEF, segitiga AED dan segitiga BCF. Sesuai perhitungan rumus luas empat persegi panjang maka anda harus mengetahui panjang EF dan tinggi ED / CF. Begitupun pada kedua segitiga tersebut anda harus mengetahui panjang AE dan ED serta panjang FB dan FC.

Luas empat persegi panjang DCEF = EF x ED atau DC x FC
Luas segitiga AED = 1/2 x AE x ED
Luas segitiga BCF = 1/2 x FB x FC

Setelah luas dari ketiga bangun datar tersebut anda dapatkan maka anda tinggal menjumlahkan luas ketiganya untuk mendapatkan luas dari trapesium tersebut. Perhitungan ini tentunya adalah merupakan perhitungan yang mendasar dan bisa kita sederhanakan lagi dengan melakukan subtitusi pada persamaan rumus ketiganya

Dari subtitusi yang dilakukan maka anda akan mendapatkan rumus trapesiumnya adalah 1/2 dikali jumlah sisi sejajar dikali tinggi. Yang dimaksud dengan jumlah sisi sejajar adalah jumlah panjang antara sisi AB dan DC. Disebut sisi sejajar karena memang keduanya pada posisi sejajar.

II. TRAPESIUM SIKU-SIKU
Trapesium Siku-siku

Pada contoh trapesium siku-siku diatas yang membedakannya dengan trapesium lainnya adalah salah satu sisinya berbentuk sisi siku-siku. Sehingga jika kita perhatikan maka pada jenis ini trapesium hanya terdiri dari dua buah bangun datar yakni satu bangun empat persegi panjang dan satu bangun segitiga. Untuk menentukan rumus trapesium siku-siku ini tentunya lebih mudah. 

III. TRAPESIUM SAMA KAKI

Trapesium Sama Kaki

Sebenarnya untuk semua jenis trapesium mempunyai rumus umum yang sama yakni seperti yang saya sebutkan tadi 1/2 x jumlah sisi sejajar x tinggi. Tapi pada beberapa contoh yang berbeda anda bisa menentukan rumus sesuai analisa anda pada bentuk bangun datar tersebut. Walaupun memang rumus bakunya sudah ditentukan oleh para ahli. Tapi siapa tahu anda akan lebih mudah jika menggunakan rumus versi anda sendiri.

Pada trapesium sama kaki tentunya satu hal yang mungkin langsung anda tangkap pada saat pertama kali mengamatinya adalah bahwa kedua segitiga pada sisi-sisi trapesium mempunyai luas yang sama. Sehingga anda hanya perlu menghitung salah satu luas segitiganya maka luas keduanya langsung bisa anda ketahui.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel RUMUS TRAPESIUM ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :