ilokasi

RUMUS VOLUME BOLA | RUMUS LUAS BOLA

Rumus Volume Bola - Mungkin anda sudah mengenal dengan pasti apa itu bola dan bagaimana bentuknya. Sekarang ini salah satu olah raga yang sangat disukai oleh semua penduduk dunia tidak lain adalah permainan yang menyakut dengan si kulit bundar ini. Permainan itu mencakup sepak bola, bola basket, bola tenis, bola voli dan permainan yang menggunakan bola lainnya. Pernahkah anda coba untuk menghitung kira-kira berapa volume bola dari masing-masing bola permainan itu. Volume atau isi bola bisa anda hitung dengan menggunakan rumus volume bola sesuai perhitungan matematika. Semakin besar bola logikanya akan mempunyai volume yang lebih besar pula. 

Seperti halnya pada lingkaran, pada bola terdapat yang namanya jari-jari. Dengan hanya mengetahui panjang jari-jari bola anda sudah bisa untuk mendapatkan volume dan luas bola. Jika anda coba pahami sebenarnya lingkaran itu bisa dibuat hanya memutar garis dengan jarak tertentu (jari-jari) dari titik pusat dengan acuan bidang datar. Sedangkan pada bola jika anda mengacu kesegala arah. Hahaha..anda mungkin bingung dengan pernyataan saya tersebut, maklum itu merupakan bahasa sendiri.

Rumus Volume Bola | Rumus Luas Bola

Diketahui :

r = jari-jari
D = garis tengah
Phi = 3,14 atau 22/7

Volume Bola = 4/3 x phi x jari-jari x jari-jari x jari-jari
Luas Bola = 4 x phi x jar-jari x jari-jari

Jika anda perhartikan ternyata rumus luas bola adalah turunan dari rumus volume bola, mengapa ini bisa terjadi saya juga tidak mengerti.

Banyak sekali benda-benda yang berbentuk bola yang ada di muka bumi ini. Bumi dan planet-planetpun jika kita perhatikan sekilas dari jauh juga berbentuk bola. Di dalam matematika bola adalah salah satu dari jenis bangun ruang. 



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel RUMUS VOLUME BOLA | RUMUS LUAS BOLA ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :