ilokasi

RUMUS BALOK | RUMUS VOLUME BALOK

Jika pada kubus terbentuk oleh 6 (enam) buah sisi datar yang berbentuk persegi, maka lain halnya pada balok. Balok juga termasuk salah satu dari bangun ruang. Balok memilki sisi-sisi yang berbentuk empat persegi panjang. Beda antara persegi dengan empat persegi panjang adalah bahwa pada persegi sisi-sisinya semuanya sama panjang sedangkan pada empat persegi panjang memilki panjang dan lebar yang tidak sama panjang. Tetapi bentuk keduanya memiliki bentuk segi empat. Menentukan rumus balok sebenarnya sangat mudah yaitu luas salah satu sisi persegi panjang dikalikan dengan panjang rusuk yang tegak lurus terhadap sisi tersebut.

Banyak sekali benda-benda yang berbentuk balok. Baik itu balok kayu, balok beton, balok besi dan banyak lagi lainnya. Yang pasti benda tersebut memilki permukaan sisi berbentuk empat persegi panjang. 

Gambar Balok
Coba anda perhatikan gambar balok di atas. Pada balok tersebut terdapat empat buah sisi dengan luas yang sama dan dua buah sisi dengan luas yang sama.

Persegi panjang ABCD = ABEF = EFGH = CDGH
Persegi panjang BCFG = ADEH

Untuk menghitung rumus volume pada balok tersebut adalah :

Volume balok 1 = p x l x t
          atau
Volume balok 2 = Luas ABCD x t
          atau
Volume balok 3 = Luas BCFG x p

Pada ilmu matematika yang paling saya sukai adalah karena jawabannya adalah kepastian. Sehingga jawabannya tidak perlu menimbulkan perdebatan panjang lebar yang tidak berujung seperti halnya yang ada pada dunia politik kita saat ini. Haha..ha... makanya saya tidak tertarik pada duia politik ( maaf ya jika anda salah satu kader partai politik), mungkin saya yang mendefinisikan terlalu sempit. 

Kalau saya tidak salah ingat untuk materi bangun ruang ini dibangku SD juga sudah diajarkan dalam penjelasan sederhana. Kemudian dibangku SLTP dibahas lagi dengan penjabaran yang lebih mendalam. Saya termasuk salah satu yang sangat senang maju ke depan kelas untuk menjawab soal-soal dari guru matematika. Tidak perlu takut jawaban anda didebat oleh orang lain karena jawabannya adalah pasti.

Rumus luas permukaan balok adalah jumlah luas dari ke enam sisi balok. Tentunya ada cara cepat untuk menghitungnya dibanding anda harus meencari luas masing-masing sisi balok terlebih dahulu.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel RUMUS BALOK | RUMUS VOLUME BALOK ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :