RUMUS KUBUS | RUMUS VOLUME KUBUS

Jika anda memiliki suatu kotak kardus dirumah yang merupakan sisa kemasan barang elektronik dan pada kardus tersebut memilki panjang pada setiap sisi adalah sama maka kardus tersebut bisa disebut sebagai kubus. Kubus dalam matematika disebut juga sebagai sebuah bangun ruang. Itu karena kebus memilki bentuk 3 (tiga) dimesi sehingga kubus memilki volume atau isi. Jika anda coba mengamati kotak kardus yang berbentuk kubus tersebut maka sebenarnya pada kubus tersebut adalah terbentuk dari 6 (enam) buah bangun datar persegi.

Gambar Kubus

Untuk menentukan rumus volume pada kubus sebenarnya tidak terlalu sulit jika anda memahami perhitungan luas pada persegi. Dengan hanya mengetahui panjang satu buah rusuk pada kubus maka anda sudah bisa mendapatkan volume dari kubus tersebut. Mengapa demikian karena pada kubus memilki 12 rusuk dengan panjang yang sama. Rumus volume kubus adalah rusuk pangkat tiga (rusuk x rusuk x rusuk). Atau bisa juga luas salah satu sisi dikali rusuk.

Coba anda perhatikan gambar kubus di atas :

Rusuk = AE = AB = AD = BC = BF = CD = CG = DH = EF = EH = FG = HG
Sisi Kubus = ABEF = BCFG = EFGH = ADEH = ABCD = CDGH

Ke enam sisi pada kubus tersebut semuanya berbentuk persegi sehingga semuanya memilki luas yang sama. 

Sore-sore sambil merokok dan bernyanyi lagu dangdut dengan teman sekantor membuat kepala sedikit pusing untuk berpikir mengenai matematika. Tapi apa boleh buat saya ingin sekali menambah artikel saya sebanyak-banyaknya tentang matematika. Anda juga mungkin lebih paham dibanding saya mengenai materi bangun ruang ini. Jadi jika anda punya trik-trik cepat dalam menentukan rumus anda bisa menambahkan di kotak komentar.

Pernahkah anda waktu masih kecil dulu bermain kubus rubik. Kubus rubuk ini memilki sisi dengan warda yang berbeda-beda. Kita harus menyusun kubus tersebut supaya keenam sisi memilki warna yang sama. Saya juga pernah mencoba dan ternyata sangat sulit. Jujur saja jika anda bisa menyusun kubus rubuk tersebut tanpa bantuan rumus kubus rubik yang sudah ditemukan maka saya sebut anda sangat jenius.

Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel RUMUS KUBUS | RUMUS VOLUME KUBUS ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Komentar Menggunakan Akun Facebook :