BELAH KETUPAT | LUAS BELAH KETUPAT | KELILING BELAH KETUPAT

Belah ketupat adalah suatu bangun datar yang terbentuk oleh empat buah sisi yang sama panjang dan bila ditarik garis diagonal akan terbentuk 4 (empat) buah segitiga siku-siku yang identik. Perbedaannya dengan bangun datar layang-layang adalah terletak pada panjang rusuk. Pada belah ketupat memiliki panjang sayang sama pada semua sisi sedangkan pada layang-layang tidak (hanya sama panjang dengan rusuk pasangannya).

Berbicara tentang belah ketupat jadi ingat lebaran nih. Makan ketupat sayur dengan opor ayam, waduh maknyuss sekali. Tetapi pada pembahasan kali ini saya tidak akan membahas mengenai ketupat sayur yang biasa dimakan sewaktu lebaran, melainkan belah ketupat pada pelajaran matematika.

Rumus luas belah ketupat yang biasanya anda temui dalam pelajaran matematika adalah sebagai berikut :

Rumus yang sudah dibakukan yaitu : L = 1/2 x diagonal 1 x diagonal 2
Adapun rumus luas ini di dapat dari penerapan rumus luas segitiga yaitu:
Pertama-tam kita coba menghitung luas salah satu segitiga (yg berbentuk siku2).
Luas segitiga = 1/2 x alas x tinggi
karena alas segitiga sama dengan panjang 1/2 diagonal 1 dan tinggi segitiga sama dengan 1/2 diagonal 2 maka, rumusnya menjadi :
Luas segitiga (pada belah ketupat) = 1/2 x (1/2 diagonal 1) x (1/2 diagonal 2) 
                                                     = 1/8 x diagonal 1 x diagonal 2
karena terdapat 4 buah segitiga yang sama maka,
Luas belah ketupat = 4 x 1/8 x diagonal 1 x diagonal 2
                             = 1/2 x diagonal 1 x diagonal 2
maka terbukti bahwa rumus luas pada belah ketupat adalah :

L = 1/2 x d1 x d2

Keterangan :
L = luas belah ketupat
d1 = diagonal 1
d2 = diagonal 2

Perlu diingat bahwa walaupun belah ketupat mempunyai 4 sisi yang sama panjang, tetapi diagonal yang  terbentuk bisa saja memilki panjang yang berbeda.

Untuk rumus keliling belah ketupat adalah sebagai berikut :

K = 4 x sisi belah ketupat 

atau,

Keliling = penjumlahan dari ke-4 buah sisi 

Yang pasti yang dimaksud dengan keliling itu adalah panjangnya bagian sisi-sisi terluar, mau bangun datarnya berbentuk apa juga kententuannya sama.

Di bawah ini adalah salah satu contoh gambar belah ketupat.

belah ketupat
Gambar Belah Ketupat
 
Bagaimana cara kita menghitung panjang diagonal belah ketupat ?
Coba perhatikan gambar belah ketupat yang ada di atas. a adalah panjang sisi dari belah ketupat (keempatnya sama panjang). Jika anda perhatikan maka terdapat garis cross (berbentuk tanda tambah), itu adalah pertemuan kedua garis diagonal, yaitu garis diagonal yang horizontal dan diagonal yang vertikal. Panjang diagonal dihitung dari titik sudut ke titik sudut selanjutnya, jadi bukan dihitung dari titik tengah.

Dari keterangan di atas dapat kita pahami bahwa bentuk dari belah ketupat itu terbentuk dari empat buah segitiga siku-siku yang persis sama atau dua buah segitiga sama kaki. Makanya kita dapat mencari atau menentukan rumus-rumusnya melalui pengembangan rumus segitiga.

Sekian dulu penjelasan saya tentang belah ketupat pada pelajaran matematika. Walaupun sekarang anda masih bingung, tetapi dengan memperbanyak latihan, anda akan dapat memahami dengan sendirinya.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel BELAH KETUPAT | LUAS BELAH KETUPAT | KELILING BELAH KETUPAT ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :