RUMUS BANGUN DATAR LENGKAP

Beberapa contoh bangun datar yang ada disini terdapat rumus lengkap seperti rumus luas, rumus keliling, rumus panjang, rumus lebar, rumus tinggi, rumus jari-jari dan rumus diameter. Walaupun mungkin penjelasannya pada postingan tersendiri. Karena di halaman ini saya buatkan secara ringkas.

Mengapa suatu bangun disebut sebagai bangun datar ?

Pengertian bangun datar yaitu suatu bangun yang hanya memiliki bentuk 2 (dua) dimensi atau dengan kata lain bangun tersebut hanya berbentuk bidang rata dan tidak memilki isi. Untuk lebih mudahnya anda bisa mengamati suatu helai kertas, dimana pada kertas tersebut hanya memilki dimensi panjang dan lebar tetapi tidak memiliki tinggi layaknya sebuah buku. Untuk suatu bangun yang juga memilki bentuk 3 (tiga) dimensi seperti halnya sebuah buku maka bangun tersebut disebut bangun ruang. 

Atau dengan kata lain jika kita mengamati sebuah benda contohnya sebuah piramid, yang disebut dengan bangun datar pada piramid tersebut adalah sisi permukaan yang berbentuk segitiga. Sedangkan piramid itu sendiri disebut sebagai bangun ruang. Pada bangun datar tidak harus selalu bebentuk segi empat atau segitiga. Apapun bentuk atau pola bangun tersebut yang pasti jika tidak memilki isi atau ruang maka bangun tersebut adalah bangun datar. Untuk mudahnya bangun datar pada suatu benda adalah permukaannya saja. 

Yang termasuk dalam kelompok bangun datar

Sebenarnya yang termasuk kedalam bangun datar itu banyak sekali mulai dari yang segi empat sampai yang tidak beraturan. Kali ini saya hanya memberi beberapa contoh. Tugas anda untuk mencari contoh-contoh bangun lain yang termasuk kategori bangun datar secara lengkap. Tetapi di dalam matematika contoh-contoh bangun datar yang umum adalah sebagai berikut :
1. Persegi
2. Empat Persegi Panjang
3. Segitiga
4. Lingkaran
5. Trapesium
6. Jajaran Genjang
7. Segi Lima
8. Layang-Layang
9. Dll

Apakah rumus dari semua bangun datar di bawah adalah lengkap ?

Jawabnya : Lengkap, tapi itu jika acuannya yaitu rumus-rumus yang umum digunakan dalam matematika. Untuk semua variasi rumus mungkin tidak muat jika harus dituliskan semua. Pada setiap bangun datar memilki rumus untuk luas dan keliling yang berbeda-beda tergantung bentuk dari bangun datar itu sendiri. Tetapi yang pasti menurut saya pribadi rumus-rumus untuk bangun datar tidak terlalu sulit seperti halnya pada bangun ruang.

1. Rumus luas persegi = sisi x sisi
2. Rumus keliling persegi = Sisi x 4
3. Rumus luas empat persegi panjang = panjang x lebar
4. Rumus luas keliling empat persegi panjang = 2 x (panjang + lebar)
5. Rumus luas segitiga = 1/2 x alas x tinggi
6. Rumus keliling segitiga = jumlah panjang ketiga sisi segitiga
7. Rumus luas trapesium = 1/2 x jumlah sisi sejajar x tinggi
8. Rumus luas lingkaran = pi x jari-jari x jari-jari
9 dsb

Sebenarnya untuk bahasan saya mengenai bangun datar ini sangatlah sederhana sekali. Saya mencoba untuk menjelaskan mengenai bangun datar tersebut dari sisi pemikiran sederhana saja. Setidaknya untuk para murid SD dan SMP penjelasan ini tidak sulit untuk dipahami. Tetapi untuk penjelasan tingkat lanjut mungkin para pembaca bisa menambahkan di kotak komentar.

Artikel yang berhubungan dengan rumus bangun.
 



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel RUMUS BANGUN DATAR LENGKAP ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :