RUMUS UNTUK SEGITIGA SAMA KAKI

Gambar Segitiga Siku-siku

Rumus-rumus untuk segitiga siku-siku pada dasarnya adalah sama dengan menentukan rumus pada segitiga jenis lain seperti siku-siku dan sama sisi. Jika pada segitiga sama sisi terdapat tiga sisi dengan panjang sama, maka pada segitiga jenis ini untuk sisi yang sama hanya ada dua. Oleh karena itu kedua sisi itu disebut sebagai sama kaki. Rumus yang digunakan untuk mencari luas juga berlaku rumus umum segitiga yakni setengah alas dikali tinggi.

Untuk rumus cepat pada segitiga sama kaki ini, jujur saja saya belum sempat mencari dan menyajikannya untuk anda. Maklum sibuk kerja dan minimnya waktu. Tetapi sebeenarnya anda bisa mencari dan mendapatkan rumus anda sendiri untuk jenis segitiga ini dengan melakukan pengembangan dari rumus dasar yang berlaku pada segitiga umumnya. Hanya yang anda harus perhatikan adalah statemen atau logika rumus anda harus dimulai dari rumus dasar yang sudah dibakukan dan diakui, sehingga haslinya tidak akan menyimpang dan akan tetap akurat.

Untuk mencari keliling segitiga sama kaki anda tinggal menambahkan panjang ketiga sisi, atau dua kali sisi kaki ditambah sisi yang lain. Walaupun sebenarnya pertanyaan keliling sangat jarang muncul di soal karena dianggap sangat sederhana dan tidak membutuhkan rumus untuk mencarinya. Tetapi hal yang harus anda perhatikan adalah pemahaman anda sendiri mengenai keliling itu sendiri. Apa yang dimaksud dengan keliling pada suatu bangun datar. Dengan memahaminya maka walaupun tanpa rumus yang sudah dibaukan anda masih bisa menghitung nilainya.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel RUMUS UNTUK SEGITIGA SAMA KAKI ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :