RUMUS LIMAS | RUMUS VOLUME LIMAS

Mungkin anda sudah mengenal salah satu bangun ruang yang juga menjadi salah satu rumah adat suatu daerah yaitu adalah limas. Limas sendiri terdiri dari dari beberapa jenis yakni limas segitiga, limas segi empat, limas segi lima dan limas lainnya. Yang membedakan diantara limas-limas tersebut adalah bentuk alasnya. Dimana untuk limas segitiga artinya limas tersebut mempunyai bentuk alas segitiga dan begitu juga seterusnya. Secara garis besar kesemua limas tersebut adalah mempunyai rumus volume yang sama. Rumus volume limas secara umum yaitu 1/3 x luas alas x tinggi. Untuk menghitung luas alas tentunya menyesuaikan dari bentuk alas limas itu masing-masing.

Rumus Volume Limas


I. Limas Segitiga

Pada limas segitiga mempunyai alas yang berbentuk segitiga, baik itu segitiga sembarang, siku-siku, sama kaki ataupun sama sisi. Yang pasti untuk mencari volume pada limas segitiga ini anda harus menghitung terlebih dahulu luas alasnya. Pada segitiga juga secara umum mempunyai rumus luas yang sama yakni 1/2 alas dikali tinggi. Namun pada jenis segitiga yang berbeda maka yang disebut alas ataupun tinggi juga berbeda-beda.

Limas Segitiga
Volume Limas Segitiga = 1/3 x luas alas x tinggi

Coba anda perhatikan gambar limas segitiga di atas. Yang disebut dengan alas yaitu segitiga ABC dan yang disebut dengan tinggi limas yaitu jarak titik T ke bidang alas. Tapi untuk segitiga alas sendiri yang dimaksud dengan tinggi segitiga adalah belum bisa anda tentukan. Karena pada segitiga tersebut kita tidak tahu apakah termasuk segitiga siku-siku, sama kaki atau sama sisi.

Tapi jika misal sudut pada titik B adalah siku-siku maka yang disebut tinggi pada segitiga alas tersebut yakni sisi BC dan AB sebagai alas atau sebaliknya. Sehingga rumus luas segitiga tersebut adalah 1/2 x AB x BC. Tapi berbeda lagi hasilnya jika segitiga itu bukan segitiga siku-siku.

II. Limas Segi Empat

Limas Segi Empat
Volume Limas Segi Empat = 1/3 x luas alas x tinggi

Pada limas segi empat maka alas dari limas tersebut berbentuk segi empat. Untuk rumus volume limas segi empat sama saja dengan yang limas segitiga yaitu 1/3 dikali luas alas dikali tinggi. Untuk mencari luas segi empat tersebut tentunya anda sudah bisa. Karena anda tinggal mengalikan panjang dan lebar segi empat maka didapatlah luasnya.

Jika anda bertanya-tanya mengapa pada rumus volume limas ditentukan perkalian 1/3 maka jawabnya saya juga sama seperti anda. Saya tidak tahu pasti mengapa harus sepertiga. mengapa tidak seperempat atau seperlima. Mungkin ketentuan ini sudah melalui uji pembuktian akan kebenarannya oleh para ahli matematika.

Tapi yang saya heran mengapa pada limas yang mempunyai bentuk alas lingkaran disebut kerucut. Padahal dari ketentuan umum rumus volume antara keduanya sama yakni 1/3 dikali luas alas dikali tinggi. 




Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel RUMUS LIMAS | RUMUS VOLUME LIMAS ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :