RUMUS JARI-JARI LINGKARAN

Gambar jari-jari lingkaran sederhana
Yang dimaksud dengan jari-jari adalah jarak antara tepi ke titik pusat lingkaran. Jadi rumus untuk menghitung jari-jari lingkaran ini sangat mudah dan sederhana. Jika anda sudah mendapatkan nilai dari luas ataupun keliling lingkaran, maka anda sudah bisa memperoleh panjang dari jari-jari lingkaran. Adapun untuk dua kali panjang jari-jari adalah sama dengan panjang garis tengah (diameter) lingkaran. Karena diameter itu sendiri dihitung dari panjang antar garis tepi lingkaran.

Rumus jari-jari lingkaran = Akar dari (Luas lingkaran / pi)

Jika anda mengetahui nilai dari variable lingkaran yang lain yang tentunya berhubungan dengan jari-jari, maka anda tinggal membolak-balik rumus tersebut untuk mendapatkan nilai dari jari-jarinya. 

Jika dalam menyelesaikan soal matematika mengenai lingkaran, ada hal sederhana yang perlu anda ingat. Yaitu jika pada angka-angka untuk perhitungan rumusnya ada yang bisa dibagi dengan angka 7 (tujuh) maka anda sebaiknya menggunakan pi yang 22/7, sebaliknya jika tidak ada pada bagian pembilang yang bisa dibagi 7 (tujuh), maka anda bisa menggunakan pi-nya 3,14. Ini berguna untuk memperoleh nilai yang lebih tepat. Apalagi jika soal tersebut adalah pilihan ganda. Antara koma dan pembulatan tidak ada toleransi, masalahnya pilihannya pasti. Jika anda salah pilih ya pasti akan salah.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel RUMUS JARI-JARI LINGKARAN ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :