Belajar Fisika Tentang Gaya Pada Bidang Miring

Gaya pada bidang miring adalah gaya pada suatu benda yang bergerak pada bidang yang tidak datar alias bidang miring. Pada kejadian ini berlaku "Hukum Newton" yang biasa diterapkan untuk memecahkan permasalahan mekanika. Jika anda menarik suatu benda pada bidang miring dengan sudut kemiringan tertentu maka untuk dapat menarik benda tersebut ke atas anda memerlukan gaya dengan besaran tertentu. Nah besarnya gaya ini dapat dihitung dengan rumus gaya pada bidang miring.

Gaya Pada Bidang Miring Licin
Walaupun sebenarnya sangatlah jarang kita temui adanya bisang yang licin hingga tidak ada gaya gesekan sama sekali (Fg= 0). Tetapi ini adalah kondisi ideal yang tentuya suatu kondisi yang juga perlu di buat perhitungan rumusnya. 
Gambar Gerak Benda Pada Bidang Miring
Gambar Gerak Benda Pada Bidang Miring

Dari gambar benda yang begerak pada bidang miring di atas di dapat rumus percepatan yaitu :
Rumus Percepatan Berdasarkan Hukum II Newton
Rumus Percepatan Berdasarkan Hukum II Newton
Keterangan :
F = Gaya
m = massa benda
a = percepatan

Gaya Pada Bidang Miring Kasar
Yaitu pada bidang kasar timbul gaya gesekan yang akan mempengaruhi gerak benda pada bidang miring. Gaya gesekan ada 2 (dua) yaitu gaya gesekan statis dan gaya gesekan kinetis. Gaya gesekan statis adalah gaya gesekan yang dibutuhkan pada saat benda akan bergerak dari posisi diam, sedangkan gaya gesek kinetis adalah gaya yang dibutuhkan pada saat benda sudah bergerak (biasanya gaya yang dibutuhkan akan lebih kecil pada saat benda dalam posisi bergerak).

Rumus Gaya Gesekan Statis dan Kinetis :
Rumus Gaya Gesekan Statis dan Kinetis
Rumus Gaya Gesekan Statis dan Kinetis


Baca juga artikel fisika lainnya yaitu :
Fisika Gerak Melingkar
Fisika Gerak Lurus Beraturan (GLB)
Fisika Gerak Jatuh Bebas

Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Belajar Fisika Tentang Gaya Pada Bidang Miring ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Komentar Menggunakan Akun Facebook :